Sudah paham banyak soal surat keterangan belum menikah, mulai dari untuk apa surat ini dibuat, bagaimana cara pembuatan, hingga siapa yang mengeluarkan adalah sedikit dari banyaknya informasi yang perlu diketahui. Karena surat ini cukup penting untuk karir.

Mengurus surat resmi mungkin sering dianggap sebagai sebuah pekerjaan yang sangat memakan waktu, dan susah diurus. Tetapi terlepas dari sulit dan ribetnya semua proses itu, pasti lebih sering Anda mengalah karena sifat surat keterangan resmi itu sangat penting.

Setelah dibuat, surat keterangan akan membantu Anda selesaikan isu yang tidak sedap. Ketika melihat contoh surat keterangan belum menikah juga, isi yang ada di dalamnya itu cukup meyakinkan. Pembuatan surat itu juga bukan tanpa tujuan, melainkan telah jelas.

Membahas soal pembuat surat keterangan untuk mereka yang belum menikah, pikiran kita pasti akan mengarah kepada birokrasi yang lebih ribet, terutama ketika mencari tahu apa saja isi yang harus ditulis. Namun, ada banyak hal yang perlu Anda ketahui soal surat tersebut.

Yang Harus Anda Ketahui Seputar Surat Keterangan Belum Menikah

Ketika Anda ingin membuat surat tersebut, maka yang kita pikirkan juga adalah soal proses. Memang, hambatan orang ketika mau mengurus surat resmi ini ada di prosesnya. Tetapi selain proses yang dianggap masih perlu perbaikan, masih banyak yang perlu Anda tahu.

Sebuah surat seperti itu saja, memiliki beragam informasi dan fakta yang perlu diketahui. Mungkin ada yang sudah tahu, tetapi pasti ada juga yang baru sadar kalau fakta ini berlaku untuk surat keterangan belum menikah. Lantas, apa saja yang harus diketahui tersebut?

  1. Dikeluarkan oleh Disdukcapil

Untuk bisa mendapatkan surat keterangan bahwa Anda belum pernah menikah sebelumnya, maka yang verifikasi adalah dinas kependudukan dan pencatatan sipil. Sebetulnya, hampir semua dokumen sipil dikeluarkan oleh badan tersebut.

Cara membuat surat keterangan belum menikah ini tentu saja harus melewati proses di kantor disdukcapil dengan menyerahkan dokumen yang sekiranya dibutuhkan. Jadi, mulai sekarang tidak ada lagi untuk bilang tidak tahu mau proses surat itu di mana.

  1. Memiliki berbagai macam syarat

Selanjutnya, ada syarat yang harus Anda penuhi terlebih dahulu sebelum surat keterangan belum menikah Anda dapat dikeluarkan. Yang pertama harus dimiliki adalah surat pengantar dari RT ata RW setempat serta fotokopi KTP pemohon.

Surat pernyataan dari orang tua atau wali, dan juga 2 orang saksi juga diperlukan. Mereka akan tanda tangan di atas materai 10 ribu. Jika semua berkas telah lengkap, maka tidak ada lagi masa berlaku surat keterangan belum menikah yang dimiliki.

  1. Penulisan dan Dokumen Harus Lengkap

Surat keterangan yang sifatnya resmi ini juga penting untuk diperhatikan seperti apa cara menulisnya. Jangan sembarangan karena ini adalah dokumen resmi dan akan dilegalisir. Surat keterangan belum menikah di tulis dengan kop surat kelurahan.

Dibawahnya, lengkapi dengan nomor surat resmi dari kelurahan dan isi identitas Anda dengan lengkap dan jelas. Tulis apa saja permohonan agar nantinya setelah lurah mengesahkan surat keterangan itu, bisa diproses oleh disdukcapil dalam 15 menit.

  1. Bisa Diwakilkan

Sering juga ada yang bertanya bagaimana caranya bisa memproses surat keterangan belum menikah jika tidak berada di kelurahan yang dicantumkan di KTP pemohon. Kini, semua sudah dipermudah dengan memberikan untuk diproses oleh wali.

Caranya adalah, Anda tulis keterangan bahwa apa yang Anda minta itu benar adanya beserta dengan tanda tangan. Nantinya, wali Anda akan menulis surat keterangan juga bahwa akan mewakilkan Anda. Tetapi, prosesnya harus diakui sedikit lebih ribet.

  1. Fungsinya Bermacam-macam

Sejak tadi, kami selalu membahas soal penulisan, dan hal-hal teknis surat keterangan belum menikah. Tetapi di sisi lain, surat itu memiliki fungsinya tersendiri. Dan ini yang akan menjadi alasan orang mau membuat surat keterangan meskipun tau ribet.

Fungsi surat keterangan belum menikah ini bisa digunakan untuk menjadi bukti di KUA, dan bisa digunakan untuk melamar pekerjaan yang masih memasang syarat karyawan harus yang belum menikah. Jadi, cukup beragam juga fungsinya.Informasi yang penting adalah yang Anda butuhkan, dan yang tidak penting perlahan-lahan sudah ditinggalkan orang banyak. Tetapi ketika membahas soal surat keterangan belum menikah, ada banyak hal yang perlu Anda tahu dan semua itu adalah yang penting.

Konsultasikan Dengan Justika

Anda bisa mengkonsultasikan beberapa mengenai surat keterangan belum menikah dengan mitra advokat andal dan profesional Justika. Anda bisa memanfaatkan layanan hukum Justika lainnya, seperti Layanan Konsultasi Chat, Konsultasi via Telepon dan Konsultasi Tatap Muka.

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan Konsultasi Chat dari Justika. Anda hanya perlu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Langkah selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Kemudian  sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Dengan Konsultasi via Telepon, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 menit atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Sementara melalui Konsultasi Tatap Muka, Anda akan mendapatkan layanan untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan Mitra Advokat Justika selama 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.