Belum menikah dan membutuhkan bukti sehingga mencari cara membuat surat keterangan belum menikah? Satu-satunya tempat yang akan memprosesnya adalah di Disdukcapil. Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan sebelum pergi, dan bagaimana jalannya proses itu?

Kita mungkin sudah terbiasa dengan birokrasi yang ribet dan membutuhkan waktu lama untuk satu surat keterangan resmi bisa dikeluarkan. Bahkan, ada yang karena terlalu malas, sampai tidak lagi mau berurusan dengan surat resmi dan mencari cara dan solusi lain.

Tetapi mengurus surat keterangan belum menikah atau surat pernyataan belum menikah tidak seribet yang Anda bayangkan. Keseluruhan proses dari pengumpulan dokumen hingga surat keterangan resmi tidak lebih dari 15 menit, demikian yang diklaim oleh petugas sana. Tetapi, tidak ada yang tahu pasti.

Kadang, ada saja alasan hingga prosesnya semakin lama. Namun bagi yang benar butuh surat tersebut, maka menunggu hingga selesai adalah yang tepat. Tetapi, terkadang prosesnya lama karena kesalahan pemohon sendiri yang lupakan syarat pembuatan surat tersebut.

Untuk Anda yang sebelumnya tidak pernah mengurus terkait surat keterangan belum menikah, Anda dapat melihat contoh surat pernyataan belum menikah terlebih dahulu.

Syarat untuk Cara Membuat Surat Keterangan Belum Menikah

Seperti yang kami telah katakan sebelumnya, proses akan lebih cepat selesai jika Anda dan pemohon surat keterangan lainnya bisa mempersiapkan semua syarat yang dibutuhkan. Jadi, itu gunanya duluan research untuk siapkan semua dokumen yang perlu di disdukcapil.

Karena jika tidak lengkap, Anda diwajibkan untuk mengulang prosesnya dari awal lagi. Jika Anda tidak ingin terkena seperti itu, tidak ada salahnya pastikan kelengkapan sebelum pergi. Jadi, apa saja syarat yang wajib terpenuhi agar surat keterangan bisa segera diproses?

Mengisi Formulir

Syarat pertama yang wajib dipenuhi adalah mengisi formulir. Formulir untuk cara membuat surat keterangan belum menikah ini bisa didapat dari kantor kelurahan. Jangan lupa juga, tanda tangan dan gunakan materai agar lebih formal dan rapi.

Fotokopi KK dan KTP

Untuk melihat data yang Anda miliki, maka saat melihat contoh surat keterangan belum menikah, pasti ada KK dan KTP yang dilampirkan. Jangan lupakan dua identitas utama tersebut agar nantinya disdukcapil juga dapat melakukan proses segera.

Surat Pengantar dari Kelurahan

Untuk mempercepat semua prosesnya, maka dibutuhkan surat pengantar dari kelurahan. Biasanya, setelah form Anda disahkan oleh kantor kelurahan, mereka akan memberi surat pengantar untuk Anda bisa membawanya ke kantor dukcapil.

Cara Membuat Surat Keterangan Belum Menikah

Karena Anda sudah tahu sekiranya apa yang perlu dibawa nantinya di kantor disdukcapil, kini sudah saatnya Anda untuk mengetahui bagaimana cara untuk memprosesnya. Apalagi jika kebutuhan Anda mendadak dan tidak ingin terlibat masalah, pahami caranya dulu saja!

Selain itu, kami perlu ingatkan Anda bahwa tidak ada masa berlaku surat keterangan belum menikah. Surat ini akan bertahan selamanya hingga Anda menikah, jadi tidak perlu berulang kali memprosesnya. Jadi, karena cuma sekali, bagaimana cara membuat surat tersebut?

Siapkan Semua Dokumennya

Siapkan semua persyaratan itu terlebih dahulu sebelum berangkat, dan ini tidak boleh dilupakan jika ingin tahu cara membuat surat keterangan belum menikah dengan cepat. Soal identitas juga lebih baik membawa 5 lembar untuk jaga-jaga.

Mendatangi ketua RT atau RW

Cara selanjutnya untuk bisa tahu fungsi surat keterangan belum menikah itu penting adalah dengan datangi RT dan RW setempat untuk mendapat surat pengantar RT dan dibubuhi tanda tangan. Dari situ, baru Anda berangkat ke kantor disdukcapil. Sebelumnya Anda dapat mencari tahu terlebih dahulu untuk contoh surat pengantar RT.

Datangi kantor Disdukcapil dan Ikuti Semua prosesnya

Saat mendatangi kantor disdukcapil nanti, mungkin Anda akan disuruh untuk mengiri dan menulis surat keterangan. Cara membuat surat keterangan belum menikah ini harus dilewati karena menjadi bahan pertimbangan untuk sah atau tidak sah.

Serahkan dokumen dan Surat

Jika sudah selesai menulisnya, serahkan dokumen yang disiapkan dan surat semacam form itu kepada petugas disdukcapil. Tunggu saja sekitar 15 menit dan surat yang Anda butuhkan itu bisa didapatkan. Tetapi, kadang bisa lewat dari 15 menit juga.Bagaimana jika Anda membutuhkan surat keterangan untuk melamar pekerjaan, atau ingin buktikan bahwa Anda belum pernah menikah? Satu tempat yang harus dituju adalah kantor disdukcapil. Disana, Anda gunakan cara membuat surat keterangan belum menikah ini.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.