Coba kamu tanyakan kepada Anda, apa fungsi surat keterangan belum menikah hingga Anda ingin membuatnya? Atau malah Anda tidak tahu dan mengurus surat keterangan ini hanya karena tempat kerja yang suruh. Akan tetapi, lebih baik jika Anda mengetahuinya dulu.

Sebelum Anda membuat surat pernyataan belum menikah, alangkah baiknya jika Anda tahu apa itu surat keterangan itu beserta juga dengan fungsinya. Ketika orang memutuskan untuk berurusan dengan soal administrasi seperti itu, akan ditanya juga maksud dan tujuannya.

Jangan karena tempat kerja Anda memasang keharusan untuk membuat surat keterangan belum menikah, Anda hanya ikuti meskipun tidak tahu apa sebenarnya itu. Satu hal lagi yang perlu Anda ketahui, pembuatan surat itu harus didasari oleh kepentingan diri sendiri.

Tidak ada yang berhak memaksa seorang individu untuk mengurus itu. Jadi, pahami dulu semua prosedurnya, dan Anda langsung buat ketika sudah tahu fungsinya. Dengan demikian, Anda dapat mengurus semuanya dengan lengkap dan fungsinya dapat tercapai baik.

Apa Saja Fungsi Surat Keterangan Belum Menikah?

Singkatnya, surat keterangan ini memiliki fungsi untuk membuktikan Anda masih berstatus lajang dan belum pernah menikah. Surat ini diperuntukkan untuk kasus tertentu dan hanya dapat dikeluarkan oleh dinas kependudukan dan catatan sipil (DISDUKCAPIL) saja.

Oleh karena itu, proses yang harus dilewati mungkin tidak banyak, tetapi nanti ketika sudah selesai, Anda akan merasakan sendiri bahwa surat ini sangat berguna, apalagi masa berlaku surat keterangan belum menikah ini sampai menikah. Jadi, apa saja fungsi dari surat itu?

  1. Pendaftaran Mahasiswa

Beberapa kampus ada yang memasang syarat bahwa calon mahasiswanya wajib memiliki dokumen penting. Salah satu fungsi surat keterangan belum menikah juga adalah mahasiswa bisa mendaftar, karena termasuk salah satu yang dibutuhkan.

Memang tidak semua kampus memasang ketentuan ini. Tetapi jika diperlukan, coba saja Anda lihat contoh surat keterangan belum menikah yang dibuat oleh mahasiswa saat ingin mendaftar. Tujuan kampus mengeluarkan regulasi ini adalah agar disiplin.

  1. Melamar Pekerjaan

Fungsi surat keterangan belum menikah yang lain adalah untuk melamar pekerjaan. Terkadang kantor dan industri yang bergerak di bidang jasa lebih mengutamakan pelamar kerjanya yang belum menikah agar tidak terpecah fokus pada yang lain.

Jadi, untuk memastikan bahwa benar pekerjanya itu tidak terikat pada status pernikahan, maka yang mereka perbuat adalah memasukkan ini sebagai syarat pada saat lamaran. Kembali lagi, tidak semua membutuhkan surat keterangan itu.

  1. Mendaftar Taruna TNI

Anda pasti tidak asing lagi dengan yang namanya taruna TNI. Karena tidak ada masa berlaku surat keterangan belum menikah, maka TNI dapat menggunakannya sebagai bentuk pengabdian mereka kepada negara tanpa membagi fokus ke hal yang lain.

Apalagi TNI yang sufatnya ini sebagai tentara nasional yang tidak boleh memikirkan hal lain di luar pekerjaan, maka ini akan menjadi salah satu prasyaratnya. Untuk itu, fungsi surat keterangan belum menikah juga bisa digunakan para taruna TNI.

  1. Mengurus Pernikahan

Karena ini sifatnya untuk pernikahan, maka mereka yang mau menikah juga memerlukan bukti. Bukti yang dimaksud itu adalah yang menandakan bahwa mereka itu masih belum terikat di pernikahan sebelum pernikahan yang ini berlangsung.

Jika nama mereka sudah terdaftar di KUA, itu berarti sudah terikat pada pernikahan. Pengantin dan keluarganya yang mungkin tidak yakin apakah pasangan telah menikah atau belum, dan di kasus itu juga fungsi surat keterangan belum menikah berlaku.

  1. Untuk Mendaftar CPNS

Apakah Anda tahu bahwa salah satu syarat untuk mendaftar CPNS adalah belum menikah? Karena syarat yang ditetapkan ini, Anda yang ingin berkarir sebagai pegawai negeri sipil harus tahu seperti cara membuat surat keterangan belum menikah.

Apalagi instansi yang membutuhkan tenaga kerja yang lebih semangat dan berjiwa muda, maka mereka akan memilih yang belum menikah daripada yang sudah. Maka dari itu, jangan lupakan surat keterangan itu dan mulai mengurusnya saat ini.Punya banyak impian dan ketika ingin memasukinya malah terpasang salah satu syarat yaitu belum menikah? Jika Anda belum menikah, maka tempat kerja itu adalah untuk Anda. Karena fungsi surat keterangan belum menikah itu untuk membuktikan status Anda tersebut.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.