Contoh surat keterangan belum menikah atau surat pernyataan belum menikah dapat Anda gunakan untuk melihat apa saja bagian atau format penulisan yang benar. Apalagi karena ini merupakan surat resmi, maka Anda wajib menulis dengan cara yang benar. Jika tidak, surat belum menikah itu tidak diproses.

Pernahkah Anda mencoba untuk menulis surat resmi atau semacamnya? Kami rasa, semau orang pernah terlibat dalam penulisan ini karena merupakan bagian dari urusan administrasi. Urusan administrasi di kantor, kelas, dan tempat lainnya membutuhkan surat keterangan.

Surat keterangan belum menikah ini juga memiliki sifat yang wajib ditulis dengan benar agar bisa digunakan untuk melamar kerja, mengajukan permohonan, dan masih banyak fungsi dari kertas ini. Jadi, penting sekali untuk Anda ingat bahwa tidak boleh asal saat menulis itu.

Untuk bisa menulis surat keterangan yang sifatnya formal, maka Anda membutuhkan contoh dan cara menulis yang benar. Jadi, biasanya dalam instansi akan diberikan berupa format dan bagian yang harus ditulis pemohon. Anda tidak boleh lewatkan satu pun bagian tersebut!

Format Penulisan Contoh Surat Keterangan Belum Menikah

Bagi Anda yang baru mau mulai mencoba menulis surat keterangan itu, perlu lagi Anda ingat bahwa ini adalah penulisan formal. Maka dari itu, pasti ada bagian yang harus ada di dalam satu surat tersebut. Jika tidak ada, jangan harap permohonan yang Anda kirim itu diproses.

Pada dasarnya, penulisan bagian itu mirip dengan surat resmi lainnya, dan yang berbeda hanya bagian isi dan keterangan saja. Tetapi jika Anda masih belum tahu isi dari surat resmi yang lain, maka ini adalah urutan dalam cara membuat surat keterangan belum menikah:

  1. Kepala atau Kop Surat

Sama seperti surat resmi lainnya, untuk contoh surat keterangan belum menikah juga ada kop surat yang dikeluarkan resmi oleh kelurahan setempat. Dalam kop surat, ini ibaratnya seperti kepala yang memuat judul surat dan desa yang mengeluarkannya.

Jadi, Anda harus kunjungi kantor kelurahan setempat dulu dan mengirimkan surat pernyataan dan pengantar dari RT dan RW dan serahkan kepada kantor kelurahan. Nantinya jika disetujui, mereka akan memberikan header untuk surat milik Anda.

  1. Nomor Surat Resmi dari Kelurahan

Contoh surat keterangan belum menikah juga akan memasukkan nomor surat yang resmi dikeluarkan oleh lurah dari wilayah kelurahan tempat pemberi pernyataan belum menikah. Mereka akan sesuaikan dengan nomor registrasi untuk Anda.

Nomor registrasi ini juga nanti akan dicek kembali sebagai legalitas. Lurah yang memeriksa dan kemudian memberikan pernyataan surat itu dibuat untuk fungsi surat keterangan belum menikah yang diinginkan, sehingga baru bisa digunakan bebas.

  1. Identitas Diri

Jangan Anda lupakan identitas yang juga harus menjadi salah satu bagian dalam contoh surat keterangan belum menikah. Setelah bagian dari lurah setempat tadi, dibawahnya adalah bagian menulis identitas diri mulai dari nama lengkap dan NIK.

Identitas ini tidak boleh sembarang diisi karena akan dilakukan validasi. Jika ada salah satu huruf atau angka saja, jangan harap surat keterangan bisa diproses. Apalagi tidak ada masa berlaku surat keterangan belum menikah, jadi tidak akan diurus lagi.

  1. Isi Surat

Setelah semua sudah ditulis, kini Anda sampaikan bahwa apa yang menjadi tujuan dalam meminta surat keterangan itu. Jelaskan dengan jelas dan benar. Gunakan bahasa yang sopan dan juga formal agar ketika diperiksa nanti, tersampaikan jelas.

Isi surat ini menjadi bagian paling esensial. Jika terbukti mengarang, maka akan ada sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku. Selain itu, jika ketahuan digunakan untuk sembarangan, maka hukuman yang lebih berat akan langsung diberikan.

  1. Penutup

Akhir dari semua penulisan itu pasti disampaikan dengan tulisan Terima Kasih. Tetapi pada contoh surat keterangan belum menikah, wajib menjelaskan bahwa semua tulisan itu tanpa paksaan dan berjanji bahwa tidak digunakan untuk sembarang.

Di bawahnya nanti, baru lampirkan tanda tangan serta bagian untuk orang yang sahkan surat keterangan itu. Tujuannya adalah surat tersebut terbukti telah dilegalisir dan sudah ada fungsinya. Terdapat juga NIP lurah yang mengesahkan surat itu.

Untuk bisa menghasilkan penulisan di surat resmi yang bagus, maka seseorang harus bisa mengerti apa saja bagian yang perlu dimasukkan atau terkait persyaratan lainnya. Lihat saja coba contoh surat keterangan belum menikah yang banyak beredar, pasti ada format penulisan yang lengkap dan jelas. Untuk persyaratan pendukung lainnya meliputi, surat pengantar RT RW.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.