Surat Kematian adalah salah satu dokumen penting yang wajib di urus guna melegalitaskan kematian seseorang. Surat kematian merupakan dokumen yang memang berfungsi untuk menyatakan jika seseorang telah meninggal dunia. Biasa Syarat mengurus surat kematian ini telah ditetapkan berdasarkan hukum di dukcapil setempat.

Setiap kematian yang terjadi di lingkungan masyarakat, tentunya wajib di laporkan ke pejabat setempat dalam hal ini adalah pihak RT. Pelaporan tersebut wajib dilakukan selambat lambatnya 30 hari sejak hari dimana kematian tersebut terjadi. Hal ini guna mempermudah dalam cara membuat surat kematian yang nantinya akan dilanjutkan di Dukcapil setempat.

Syarat mengurus surat kematian sendiri wajib dilengkapi sebelum penyerahan berkas ke Dukcapil dilakukan. Pasalnya, dengan syarat mengurus surat kematian yang tidak lengkap, proses pembuatan surat kematian dan juga akta kematian akan memerlukan proses yang panjang kedepannya.

Berikut beberapa syarat mengurus surat kematian yang Wajib Dipenuhi:

  • Surat Keterangan Kematian (Visum) dari Dokter/paramedis apabila meninggal di Rumah Sakit/Puskesmas/Poliklinik
  • Surat Pernyataan meninggal di Rumah oleh Pemohon diketahui dua orang saksi dan Ketua RT/RW
  • Surat Nikah/Akte Perkawinan yang bersangkutan
  • KTP dan KK yang meninggal Sebagai Syarat mengurus surat kematian mutlak
  • Fotokopi KTP Pelapor Yang Dalam Artian Orang Yang Melaporkan Kematian Tersebut
  • Fotokopi KTP dua orang saksi
  • Surat kuasa dari suami/istri/anak kandung apabila pelapor dikuasakan
  • Surat pengantar kematian dari RT dan RW 
  • Bagi pelaporan pencatatan kematian yang sudah lama/lebih dari 10 tahun dan tidak dapat menunjukkan bukti keterangan kematian dari instansi yang berwenang, serta tidak dapat menunjukkan bukti kependudukan dari Kelurahan setempat (azaz domisili), maka pencatatannya dilaksanakan berdasarkan penetapan pengadilan

Apakah Wajib Membuat Akta Kematian?

Syarat membuat akta kematian sendiri sangat penting untuk di lengkap guna membuat akta kematian tersebut menjadi lebih mudah. Fungsi surat keterangan kematian sendiri sangat penting dalam kehidupan dan mengurus berbagai macam hal terkait pencatatan negara. Akta kematian menjadi persyaratan penting dalam pengurusan dokumen mulai dari ahli waris, pengurusan uang duka, tunjangan kecelakaan, asuransi, dan kegunaan administrasi lainnya.

Bahkan pembuatan dan juga syarat mengurus surat kematian ini juga telah diatur dalam Peraturan Presiden Indonesia Nomor 25 Tahun 2008. Jika Anda masih belum mengetahui bagaimana cara membuat surat kematian, simak contoh surat kematian pada artikel lainnya!

Konsultasikan Permasalah Dalam Syarat Mengurus Surat Kematian Bersama Justika!

Saat Anda ingin mengurus surat kematian, maka diperlukan beberapa syarat mengurus surat kematian tersebut guna mempermudah pembuatannya. Untuk itu, Justika menyediakan layanan bagi Anda untuk mendapatkan nasihat hukum yang spesifik dengan para Mitra Advokat profesional, di antaranya:

Layanan Konsultasi Chat

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan konsultasi chat dari Justika. Kunjungi laman ini dan ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi. Tunggu sesaat dan sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Layanan Konsultasi via Telepon

Apabila fitur chat tidak mengakomodir kebutuhan, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi via telepon dari Justika. Dengan layanan ini, Anda bisa mengobrol dengan Mitra Konsultan Hukum dengan lebih mudah dan efektif melalui telepon selama 30 atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Ingin berdiskusi lebih lanjut? Tenang, Anda juga dapat berkonsultasi secara langsung dengan para Mitra Advokat Justika secara lebih leluasa lewat layanan Konsultasi Tatap Muka. Adapun lama diskusi sekitar 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.