Untuk mengetahui Contoh surat kematian, rasa nya sangat diperlukan saat ini. Apalagi Anda yang akan mengurus dokumen tersebut dengan pejabat daerah setempat atau RT/RW. Selain untuk mengetahui wujud dari bentuk surat kematian, Anda juga wajib memahami fungsi surat keterangan kematian yang berlaku saat ini.

Tak Hanya Akta kelahiran, Saat seseorang mencapai akhir hayatnya juga diperlukan surat kematian.Untuk itu, Anda sebagai keluarga ataupun kerabat yang di tinggalkan harus mengetahui cara mengurus surat kematian dan cara mengurus surat kematian hilang tersebut agar prosesnya menjadi lebih mudah dan terarah.

Karena pada dasarnya contoh surat kematian sendiri merupakan legalitas yang meyakinkan jika seseorang yang tertera dalam surat tersebut telah meninggal dunia. Selain menjadi pengakuan resmi, contoh surat kematian juga berguna sebagai pengakuan negara secara hukum yang nantinya juga berkaitan dengan dokumen kependudukan yang dimiliki oleh yang bersangkutan.

Syarat Mengurus Surat Kematian

Sebelum mengetahui contoh surat kematian, Ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu cara dan juga syarat yang diperlukan dalam mengurus surat kematian tersebut. Syarat tersebut Antara lain:

Berikut syarat mengurus surat Kematian :

  • Keterangan Kematian dari Rumah Sakit/ Dokter (Asli)
  • Surat Kematian dari Desa (Asli)
  • KTP dan Kartu Keluarga yang bersangkutan (Almarhum)
  • Fotocopy EKTP pelapor (Surat Kuasa bila dikuasakan)
  • Akta Kelahiran yang bersangkutan (Bila memilik)
  • Fotocopy Akta Kelahiran Ahli Waris (Bila memiliki)
  • Fotocopy Akta Perkawinan atau Surat Nikah ybs (Bila memiliki)
  • Fotocopy KTP 2 orang saksi

Selain itu dibutuhkan juga yang namanya Surat Pengantar RT/RW. Sama halnya dengan dokumen kependudukan lainnya, surat kematian juga memerlukan pengantar dari RT maupun RW guna mendapatkan validasi atas kematian orang tersebut. Pengurusan surat pengantar dalam contoh surat kematian ini harus dilaksanakan selambat lambatnya 30 hari setelah kematian yang bersangkutan.

Setelah menerima surat pengantar dan telah melengkapi semua persyaratan yang diminta, nantinya semua berkas tersebut akan diserahkan pada dukcapil setempat guna memproses contoh surat kematian tersebut lebih lanjut.

Contoh Surat Kematian PDF dan Doc

Contoh Surat Keterangan Kematian
Contoh Surat Keterangan Kematian
Download PDF Download DOC

Konsultasikan Masalah Surat Kematian Pada Justika

Surat kematian biasanya dibutuhkan untuk mengurus hal yang berhubungan dengan warisan atau yang lainnya sebagai salah satu persyaratannya. Untuk tahu lebih jauh, Anda bisa berkonsultasi dengan mengunakan beberapa layanan berbayar berikut:

Layanan Konsultasi Chat

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan konsultasi chat dari Justika dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Layanan Konsultasi via Telepon

Apabila fitur chat tidak mengakomodir kebutuhan, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi via telepon dari Justika hanya mulai dari Rp 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit.

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Ingin berdiskusi lebih lanjut? Tenang, Anda juga dapat berkonsultasi secara langsung dengan para Mitra Advokat Justika secara lebih leluasa lewat layanan Konsultasi Tatap Muka. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.