Ketika seseorang sudah dinyatakan meninggal, maka pihak keluarga atau ahli waris harus membuat surat keterangan kematian. Nantinya akan ada fungsi surat keterangan kematian dimana surat tersebut digunakan sebagai dokumen penunjang atau syarat untuk mengurus beberapa hal. Itulah mengapa contoh surat kematian ini sangat penting Anda ajukan pengurusannya.

Aturan mengenai pelaporan kematian pada RT atau instansi pelaksana setempat paling lama 30 hari sejak hari kematian yang ditentukan oleh Pasal 44 ayat 1 Undang-Undang 24 tahun 2013.

Fungsi Surat Keterangan Kematian

Surat kematian sendiri memiliki beberapa fungsi dimana bisa menjadi salah satu syarat atau dokumen pendukung ketika Anda ingin melakukan pengurusan tertentu. Untuk itu, berikut beberapa fungsi surat keterangan kematian yang bisa Anda ketahui.

1.      Surat keterangan kematian berfungsi sebagai dokumen untuk menetapkan status seseorang, apakah itu janda atau duda terutama bagi pegawai negeri sipil. Hal ini nantinya akan digunakan sebagai syarat jika ingin menikah kembali.

2.      Fungsi surat keterangan kematian yang selanjutnya adalah ketika Anda ingin melakukan pengurusan Hak Waris dalam hal ini Hak Atas Tanah untuk istri, suami atau anak yang ditinggalkan.

3.      Surat keterangan kematian juga berfungsi sebagai dokumen untuk mengurus pensiun bagi ahli waris.

4.      Terakhir, fungsi surat keterangan kematian adalah sebagai syarat untuk mengurus tunjangan kecelakaan, asuransi, pensiun, uang duka hingga perbankan.

Selain beberapa hal diatas, fungsi surat keterangan kematian juga sebagai bentuk legalitas atau bukti hukum bahwa seseorang sudah meninggal dan mendapatkan pengakuan negara dengan adanya surat keterangan kematian. Untuk itu Anda perlu mengetahui cara mengurus surat kematian sesegera mungkin tidak lebih dari 30 hari.

Ketika Anda ingin mengurus surat kematian maka harus melengkapi beberapa syarat mengurus surat kematian seperti salah satunya

  • FC KTP almarhum dan pemohon
  • FC kartu keluarga
  • FC surat kematian dari lurah atau rumah sakit
  • FC akta kelahiran almarhum
  • FC akta perkawinan almarhum jika ada
  • Surat permohonan pada Ketua Pengadilan setempat
  • FC surat kuasa dari ahli waris atau keluarga
  • FC surat pengantar dari kelurahan.

Namun cara mengurus surat kematian yang hilang tersebut perlu adanya dokumen tambahan seperti surat keterangan kehilangan dari polisi.

Jika Anda Bingung, Anda Dapat Berkonsultasi Terlebih Dahulu Dengan Justika

Anda bisa mengkonsultasikan perihal kebenaran terkait syarat nikah di KUA dengan mitra advokat andal dan profesional Justika. Anda bisa memanfaatkan layanan hukum Justika lainnya, seperti Layanan Konsultasi Chat, Konsultasi via Telepon dan Konsultasi Tatap Muka.

Konsultasi hukum kini lebih mudah dengan biaya terjangkau menggunakan layanan Konsultasi Chat dari Justika. Anda hanya perlu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Langkah selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Kemudian  sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Dengan Konsultasi via Telepon, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 menit atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Sementara melalui Konsultasi Tatap Muka, Anda akan mendapatkan layanan untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan Mitra Advokat Justika selama 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.