Pasti banyak yang bertanya bolehkah menjadi transgender di Indonesia? Permasalahan ini masih cukup tabu dan banyak orang tidak menyetujui adanya hal itu, bahkan sering kali didiskriminasikan dalam berbagai sisi.

Di Indonesia memang hanya ada gender laki-laki dan perempuan saja, sebenarnya ini berlaku di semua negara juga. Jika Anda ingin membuat kartu kependudukan, maka harus menyertakan jenis kelamin juga.

Bolehkah menjadi transgender di Indonesia? Sesuai aturan hukum, baik islam maupun negara memang diizinkan asalkan melewati beberapa hal. Seperti jika seseorang mengalami masalah kelamin ganda atau kelaminnya tidak sempurna.

Jika hal itu terjadi, maka orang bersangkutan tersebut boleh melakukan operasi perubahan dan halal atau sah dimata hukum dan agama. Namun banyak kasus dimana mereka ingin mengubah gender karena mau.

Mengenai transgender tanpa ada hal yang mendesak, pastinya orang tersebut tidak memenuhi ketentuan sesuai agama dan negara. Mereka hanya ingin memuaskan perasaannya sendiri dan mengikuti apa yang diinginkannya saja.

Dokter operasi plastik dan kelamin juga tidak semuanya menerima pasien mengganti gender-nya ini. Apalagi jika visi dokter dan pasien berbeda, maka dokter punya hal menolaknya serta pasian bebas memilih dokter.

Untuk seseorang yang mengganti gender sesuai dengan ketentuan dari agama seperti masalah kelamin ganda itu. Tentunya hukum pernikahan transgender menjadi sah dan halal, karena mereka mengubah bukan karena hanya ingin.

Begitu pula jika pernikahan dilakukan oleh pasangan sama-sama transgender beda kelamin. Karena itu berarti keduanya tidak menikah sesama jenis, dan ini dianggap sah serta boleh.

Bolehkah Menjadi Transgender di Indonesia?

Menjadi seorang transgender baik di Indonesia atau dinegara lain sebenarnya merupakan hal yang ditentang banyak orang. Bolehkah menjadi transgender di Indonesia jika tidak sesuai syarat hukum yang berlaku?

Umumnya mereka yang memutuskan menjadi transgender karena merasa jenis kelaminnya tidak sesuai dengan kepribadiannya. Menurut aturan hukum ganti jenis kelamin, diperbolehkan jika ada masalah atau ketidaksempurnaan pada alat vitalnya.

Faktanya hingga saat ini transgender sendiri masih dianggap hal menyimpang secara klinis. Ini disebabkan karena orang tersebut punya karakter yang tidak cocok dengan fisiknya sekarang.

Bolehkah menjadi transgender di Indonesia? Jika mau mengubah dengan dokumen legal, maka harus memenuhi semua syaratnya. Anda juga nantinya akan mengurusnya ke pengadilan negeri untuk mendapatkan legalitas dokumen.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang jadi transgeder, yakni genetik, lingkungan dan psikologis, serta tidak seimbangnya hormon. Genetik ini merupakan faktor bawaan yang bisa memberikan pengaruh pada perilaku karena kromosom.

Apabila seseorang mengganti gender dan menikah, maka hukumnya bisa sah atau tidak, jadi bolehkah menjadi transgender di Indonesia? Dianggap sah apabila operasi dilakukan karena adanya masalah atau ketidaksempurnaan alat vitalnya.

Selain itu dianggap sah, apabila mereka merupakan pasangan transgender berbeda jenis kelamin. Jadi sama saja pasangan tersebut menikah bukan dengan sesama jenis karena dari lahirnya sudah berbeda.

Bagaimana, bolehkah menjadi transgender di Indonesia? Jika mengganti gender bukan karena bermasalah menurut medis, melainkan karena ingin. Pernikahannya jadi tidak sesuai hukum dan agama, maka dianggap tidak sah atau haram.

Transgender Menurut Hukum yang Berlaku

Topik seputar gender memang selalu berhasil menarik perhatian masyarakat luas. Bukan hanya mengenai perempuan dan laki-laki saja, melainkan juga transgender yang banyak ditolak masyarakat, tapi ada pula yang menerimanya.

Pasti dari Anda semua banyak yang penasaran bolehkah menjadi transgender di Indonesia. Di Indonesia mengenai hukum ini masih belum ada jelasnya, namun ada pasal menjelaskan mengenai mengganti jenis kelamin.

Jika dilihat dari pengertian dasarnya, transgender merupakan individu yang merasa jika gendernya tidak sesuai dengan kepribadian. Jadi bagaimana hukum transgender di Indonesia? Apalagi ini cukup tabu dan dianggap tidak wajar.

Berdasarkan hukumnya, apabila Anda mau mengganti gender, maka harus memenuhi syarat pergantian jenis kelamin. Siapkan beberapa dokumen penting untuk diserahkan dan didata agar pergantiannya legal dimata hukum.

Apabila Anda mengirimkan semua data dan dokumen yang dibutuhkan, maka pengadilan akan mengurus pergantian identitas. Nantinya setelah dari pengadilan, Anda harus menyerahkannya ke dukcapil untuk diproses.

Ketika Anda mengubah gender tanpa mengurus dokumennya, maka jenis kelamin akan tetap dituliskan laki-laki atau perempuan dan sesuai akta lahir. Jadi bolehkah menjadi transgender di Indonesia? Jawabannya boleh.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.