Jika foto Anda digunakan untuk iklan sembarangan, maka cepat cari cara melaporkan penggunaan foto untuk promosi sembarangan tersebut. Jelas-jelas itu sudah melanggar hak cipta maupun privasi. Tetapi, bagaimana dan kepada siapa melaporkan tindakan itu?

Jaman sekarang ini, sangat marak menemukan orang yang menggunakan data pribadi kita secara sembarang. Memang benar kata banyak orang, bahwa semakin mudah melakukan sesuatu, kita menjadi lebih abai dan kurang memperhatikan adanya indikasi bahaya.

Termasuk dengan foto-foto yang pernah kita ambil. Mungkin bagi sebagian besar orang, foto bukan sesuatu yang perlu dijaga dengan ketat. Tetapi Anda akan terkejut jika menemukan foto Anda ternyata digunakan orang lain untuk kebutuhan contoh hukum promosi brand.

Peristiwa ini juga semakin marak seiring Anda yang sering mengizinkan aplikasi untuk dapatkan akses ke kamera, galeri, hingga kontak. Jika sudah demikian, data Anda akan dicuri. Jika foto Anda dicuri dan digunakan sembarangan, maka bisa segera melapor hal itu.

Cara Melaporkan Penggunaan Foto untuk Promosi

Memang jaman sekarang itu semua sudah serba praktis. Tetapi ini tidak boleh membuat kita abai juga tentang keamanan data pribadi termasuk foto. Karena jika kejadiannya seperti itu, maka Anda akan merasa sangat dirugikan dan bahkan putus asa mencari keamanan.

Padahal, semua ini dimulai dari Anda yang kurang teliti. Tetapi jika sudah terjadi, maka solusi pencurian foto milik Anda oleh brand tertentu bisa diselesaikan dengan melapor. Untuk cara melapor dan brand terkena pasal menggunakan foto orang lain untuk promosi, seperti:

1. Hubungi ke Pihak Brand Langsung

Jika Anda merasa dirugikan oleh brand tertentu karena foto yang Anda ambil itu digunakan oleh brand tersebut, maka bisa langsung hubungi ke brand tersebut. Langkah penyelesaian seperti ini mungkin yang paling efektif dan paling benar.

Jika Anda menghubungi ke pihak brand yang mengambil foto Anda langsung, Anda bisa menjelaskan bahwa pengambilan foto itu adalah hal yang salah. Bisa saja mereka akan membayarkan uang ganti rugi dan berjanji tidak akan mengulangi hal yang sama.

2. Melapor ke Pihak yang Berwajib

Jika tidak ada langkah penyelesaian dengan brand tersebut, cara untuk melaporkan penggunaan foto sebagai media promosi bisa ditujukan kepada pihak yang berwajib atau ke polisi langsung. Dan ini memang merupakan salah satu tugas dari kepolisian.

Terdapat UU Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. UU ITE ini akan ditangani oleh pihak yang berwajib dan mencoba menyelesaikannya dengan langkah hukum. Jadi, akan ada solusi terhadap pencurian foto Anda.

3. Melapor ke Lembaga Bantuan Hukum

Jika ada indikasi kecurangan juga, Anda memiliki hak untuk melaporkan kejahatan tersebut. Termasuk sebagai kejahatan karena ini merupakan kejahatan siber dengan adanya tindakan mencuri data tanpa meminta izin kepada pemiliknya.
Dan karena Anda masih belum mengetahui cara menyelesaikan masalah kejahatan ini, maka melapor ke lembaga bantuan menjadi cara melaporkan penggunaan foto untuk promosi yang paling masuk akal. Mereka akan membantu hingga proses sidang.

Cara Menghindari Foto Diambil untuk Keperluan Promosi

Setelah mengetahui dimana dan bagaimana untuk melaporkan foto Anda dicuri dan pencuri foto itu terkena hukum menggunakan foto orang lain tanpa izin untuk promosi, selanjutnya akan lebih bagus jika mengetahui cara agar foto Anda tidak diambil sembarang.

Ini akan menjadi lebih baik daripada menyelesaikannya di ranah hukum. Menghindari foto yang diambil secara sembarang itu dapat diselesaikan dengan beberapa cara. Jadi, beberapa cara untuk bisa hindari foto Anda dicuri oleh orang lain untuk promosi antara lain:

  1. Jangan menyimpan username dan password akun secara otomatis
  2. Hindari klik pop up atau link secara sembarangan
  3. Jangan pernah memberikan informasi pribadi seperti password kepada orang lain
  4. Sebisa mungkin meletakkan watermark di foto yang ingin di posting
  5. Waspadai wifi umum untuk mengedit foto
  6. Jangan izinkan akses ke galeri untuk aplikasi yang tidak dikenal
  7. ID dan Password Google Photos jangan disebar
  8. Hapus data di HP lama

Dari semua data pribadi yang penting, foto merupakan salah satu yang harus dijaga juga. Jangan sampai penggunaan foto secara sembarang itu memancing kontroversi termasuk jika ada yang memakai cara melaporkan penggunaan foto untuk promosi melapor Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.