Ketika memulai usaha, seringkali wirausaha belum memiliki modal untuk memiliki aset. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk tetap dapat menjalankan ide usaha tanpa modal bagi Anda.

1. Sewa atau Pinjam Bisa Menjadi Solusi Usaha Tanpa Modal

Saat ini banyak yang menjalankan usaha penyewaan dan atau peminjaman kan? Nah jasa ini bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu peluang bisnis dan usaha tanpa modal, sepanjang, kamu membuat perjanjian tertulis dengan pihak manapun yang memberikan pinjaman dan atau sewaan tersebut. Mengapa harus membuat perjanjian tertulis? Supaya jelas hak dan kewajiban termasuk penguasaan atas asset yang kamu pinjam atau sewa tersebut. Hal ini penting untuk melindungi agar aset tidak bisa tiba-tiba diambil kembali sebelum masa waktu peminjaman berakhir dan mempengaruhi kelancaran kegiatan usaha.

2. Identifikasi HKI

Kamu yakin ide usahamu belum ada dimanapun, nah jangan-jangan ada hak kekayaan intelektual juga dari idemu yang harus kamu lindungi. Apabila ada jenis-jenis HKI yang harus segera dilindungi, seperti merek, segeralah mengurus pendaftarannya. Jadikan pendaftaran HKI ini sebagai bentuk investasi jangka panjang, bukan sebagai biaya. Wirausaha juga harus hati-hati jangan sampai dalam memproduksi barang atau jasa ternyata melanggar karya atau HKI pihak lain, termasuk dalam pembuatan brosur atau materi promosi usaha. Prinsipnya, apabila menggunakan karya pihak lain apalagi untuk tujuan komersil, harus mendapat izin terlebih dahulu dari pihak yang memilikinya.

Beberapa Usaha Tanpa Modal Yang Bisa Di Jalankan Dengan Mudah

1. Jual Foto

Usaha tanpa modal pertama kali yang direferensikan adalah menjadi penjual photo di internet. Sudah pasti, usaha tanpa modal ini cocoknya untuk kamu yang mempunyai hoby photografi. Bila sejauh ini photografi cuman kamu untuk jadikan selingan semata-mata, karena itu mulai saat ini kamu langsung bisa berusaha untuk menjadikan sebagai salah satunya sumber pendapatanmu.

Pasti untuk mengawali usaha semacam ini, kamu tidak memerlukan modal yang besar! Untuk ambil gambar, kamu dapat memakai camera digital atau bahkan juga camera handphone kamu, dengan catatan hasilnya bagus dan berkualitas tinggi. Disamping itu, kamu dapat mengandalkan Wi-Fi untuk mengirimi gambarnya.

2. Dropshipper Online Shop

Bertambahnya rutinitas untuk berbelanja online bisa juga kamu gunakan untuk menambahkan pendapatan Anda dari usaha tanpa modal yang satu ini. Triknya adalah dengan menjadi seorang dropshipper, yakni Anda dapat menjual barang dari orang atau toko lain dengan mengatasdirikan dirimu. Usaha ini bisa Anda kerjakan Hanya dengan modal handphone dan akses internet!

Langkah kerjanya juga gampang, yakni Anda Hanya perlu memilih barang yang umumnya dipasarkan oleh online shop, dan mempromokannya kembali ke seseorang. Untuk mempromokan berjualan itu, kamu bisa manfaatkan account sosial media, atau langsung tawarkannya ke orang yang kamu kenali.

3. Jual Jasa Design Grafis

Punyai ketrampilan dalam design grafis? Mengapa tidak digunakan untuk menambahkan pendapatan saja menggunakan usaha tanpa modal yang satu ini? Anda dapat tergabung dengan marketplace penyuplai jasa untuk jual hasil desainmu. Atau bila memungkinkannya, Anda juga bisa membuka jasa untuk pelatihan design grafis. Untuk usaha tanpa modal yang ini, Anda hanya memerlukan ketrampilan dan usaha keras.

4. Jadi Penulis Terlepas

Usaha tanpa modal yang lain yang dapat Anda kerjakan dengan jadi penulis terlepas atau penulis content. Ada beberapa website yang memerlukan artikel dengan jumlah yang lumayan banyak, hingga kamu juga mempunyai peluang yang lumayan besar.

Walau kadang ada web yang mengaryakan seorang penulis secara full time, tetapi cukup banyak yang memberikan lowongan freelance konten writer. Usaha ini bisa kamu kerjakan di mana saja kamu ada, dan cuman dengan modal netbook dan akses internet