Mungkin Anda sudah tahu bahwa alasan tidak boleh spoiler film, tapi bukan berarti semua orang telah memahaminya dengan baik. Tindakan ilegal dengan menyebarkan cuplikan video film bisa diproses dengan hukum.

Pelanggaran marak terjadi hingga sekarang dikhawatirkan menghancurkan dunia perfilman di Indonesia. Di luar kesadaran, pelaku yang melakukan pembajakan berhasil memperkaya diri sendiri tapi merugikan banyak pihak khususnya pencipta film sendiri.

Akibat pandemi covid-19, kasus pembajakan sinema semakin meningkat dan harus dilibas secara maksimal. Dikarenakan membajak film sekarang lebih mudah, sejak bioskop ditutup oknum tertentu melakukan pembajakan memakai platform resmi.

Seperti halnya Netflix yang telah diakui sebagai platform resmi penyedia series atau film paling lengkap bisa dinikmati dengan berlangganan. Oknum tertentu lebih mudah melakukan tindakan ilegal karena tidak perlu merekam.

Adanya dampak negatif dari pembajakan film membuat semua orang harus tahu bahwa sekarang tidak ada yang bisa diampuni. Inilah alasan lengkap mengapa tidak boleh membajak film di bioskop atau netflix.

Alasan Tidak Boleh Spoiler Film Langgar Hak Cipta

Alasan pertama mengapa semua orang tidak boleh melakukan pembajakan sinema karena akan melanggar hak cipta. Perlu diketahui bahwa setiap pelanggar hak cipta akan dikenakan sanksi karena telah melanggar aturan hukum.

Dalam aturan hukum spoiler film terdapat hak cipta untuk melindungi karya tertentu yang sudah didaftarkan pencipta. Adanya hak cipta, tentu akan melindungi karya dari segala bentuk pelanggaran yang dilakukan pelaku.

Oleh karena itu dilarang melakukan spoiler, daripada Anda terkena dampak negatif berupa sanksi berlaku setelah melanggar kegiatan ilegal tersebut. Apalagi sekarang spoiler dapat memiliki durasi panjang, tergantung dari pelanggarnya.

Kemudian, tidak boleh melakukan spoiler film akan membuat penonton kurang nyaman karena sudah tahu alur cerita. Perkembangan media sosial sangat pesat khususnya di Indonesia sehingga membuat kasus spoiler tersebar luas.

Tanpa disadari, memberikan spoiler di media sosial akan mengurangi minat penonton dalam masyarakat luas. Padahal sejatinya setiap pembuat cerita sinema akan merahasiakan sebisa mungkin pada setiap bagian alur.

Namun pelaku seenaknya melanggar dengan menyebarkan cuplikan film walaupun sebentar bisa mengganggu kenyamanan calon penonton. Terlebih jika seorang penonton belum menyaksikan film secara langsung, pasti tidak akan penasaran lagi.

Rasa penasaran yang seharusnya dimiliki oleh setiap penonton jadi akan berkurang karena telah melihat spoiler. Jangan sampai tindakan spoiler Anda lakukan meskipun hanya bersifat berbagi ke media sosial milik sendiri.

Membagikan spoiler film yang telah ditonton membuat banyak pihak mengetahui teka-teki sebelum menonton. Sehingga alur cerita sinema jadi semakin mudah ditebak, adapun alasan lain harus diketahui untuk tidak melanggar pembajakan.

Pencipta Karya Dirugikan Secara Langsung

Alasan tidak boleh spoiler film selanjutnya bisa membuat pencipta karya akan merasakan kerugian secara langsung. Bahkan kerugian yang diterima para pencipta jauh lebih besar daripada perolehan keuntungan hasil menjual karya.

Mungkin sudah banyak yang orang tahu bahwa setiap film dibuat pasti akan menelan banyak biaya. Besarnya biaya untuk membayar kru bertugas, pemain, hingga hal lain membuat kerugian tercipta secara langsung.

Banyak kerugian di atas 1 miliar rupiah diterima pembuat sinema yang bisa memberikan efek jangka panjang. Misalkan satu produksi film rugi, mungkin bisa membuat pihak lain akan berhenti memproduksi.

Sehingga membuat para penonton harus menyadari bahwa setiap pembajakan memberikan kerugian banyak pihak. Dampak berkepanjangan sehingga harus dihindari oleh semua pihak di Indonesia agar menghindari kasus pembajakan video film.

Tidak menghargai karya adalah salah satu alasan terbesar dilarang melakukan sebuah tindakan ilegal yaitu menyebar spoiler film. Jika Anda melakukan hal ini, secara langsung otomatis menjelekkan karya dan merugikan pembuat.

Akibat hukum menyebarkan cuplikan film harus diperhatikan bagi penonton film bajakan tidak nyaman menonton. Mau berupa spoiler atau bajakan full, jika Anda menonton pasti kurang nyaman karena resolusi gambar rendah.

Jika menonton melalui bioskop terdekat, sudah pasti resolusi gambar yang ditonton jauh lebih baik. Ini membuat kenyamanan para penonton terjamin, selagi tidak menikmati karya bajakan di situs ilegal melalui internet.

Dengan penjelasan berbagai alasan tersebut, kami sarankan Anda menghindari kegiatan membajak karya orang lain dalam bentuk apapun terutama sinema. Mengingat alasan tidak boleh spoiler film yang dihindari memberikan dampak positif.