Cara izin cover lagu di youtube merupakan aspek penting yang perlu untuk dipahami setiap orang yang hendak untuk melakukan cover. Hal ini berhubungan langsung dengan norma yang berlaku sebab ada hak cipta dan hak kekayaan intelektual orang lain dalam suatu lagu.

Inilah yang juga menjadi alasan penting mengapa keputusan untuk meminta izin dalam mengcover lagu di youtube harus sesuai dengan izin resmi. Dalam tatanan aturan undang-undang di Indonesia juga telah diatur secara rinci bagaimana suatu karya telah dilindungi oleh peraturan.

Apalagi kepentingan cover tersebut akan dilakukan di media sosial seperti youtube. Sehingga kualitas perizinan juga penting dilakukan lebih maksimal, karena selain menyangkut hak cipta untuk urusan upload di media sosial. 

Seperti youtube maka secara otomatis akan ada pihak yang merasa dirugikan. Sebab secara umum tujuan untuk mengunggah video tersebut dalam kanal youtube adalah untuk mendapatkan respon balik yang besar. 

Apabila respon penonton cukup besar maka secara tidak langsung keuntungan yang besar juga akan didapatkan oleh orang yang telah mengupload video tersebut. Dan pada hakikatnya jika proses lagu yang di upload di kanal youtbe tersebut menghasilkan banyak keuntungan. 

Maka secara otomatis pihak pencipta dan pemilik sah lagu juga berhak mendapatkan royalti. Jika sampai terjadi klaim hak cipta maka secara umum ada dua kerugian sekaligus yang akan terjadi. 

Pertama kualitas video di youtube tidak akan mendapatkan penghasilan lebih, kedua pihak yang melanggar hak cipta tentunya juga penting disadari akan mendapatkan ancaman hukum berat. Berikut ini merupakan tata cara untuk mendapatkan izin yang baik.

Cara Mendapatkan Izin Cover Lagu

1. Menghubungi Pemilik Asli dari Konten

Hal yang pertama harus dilakukan oleh orang yang hendak mengcover lagu di youtube ialah dengan menghubungi pihak pemilik asli dari konten tersebut. Hal ini merupakan cara membuat cover lagu dengan aturan yang baik dan tentunya tidak melanggar hukum.

Sebagai aspek pendukung maka aturan untuk meminta izin kepada pemilik asli dari konten tersebut bisa melihat dari kontak person yang tersedia. Sehingga lebih memudahkan kepada pengguna untuk menghubungi pemilik lagu asli tersebut.

Akan tetapi tidak hanya sampai disitu saja, proses untuk mendapatkan izin tersebut juga tidak bisa terlepas dari adanya pihak kedua yakni label rekaman. Sebab label rekaman ini mempunyai hak juga dalam suatu lagu yang akan di unggah dalam kanal youtube.

Mengapa cara izin cover lagu di youtube ini juga berhak untuk melibatkan pihak dari label musik rekaman di produksi? Sebab jika pemilik asli telah meninggal maka selain keluarga korban maka pihak management label bisa menjadi opsi untuk mendapatkan izin secara resmi dan tentunya sesuai dengan aturan.

2. Menuliskan Email yang Baik dan Sopan

Selanjutnya untuk mendapatkan cara upload video youtube bebas klaim hak cipta selain meminta izin juga penting adanya aspek berupa pengiriman email. Penulisan email ini secara tidak langsung penting untuk memperhatikan aspek kesopanan sehingga ada timbal balik yang baik.

Sebagai salah satu opsi untuk mendapatkan izin yang baik maka penulisan email juga harus baik dan sopan. Misalnya melalui pembukaan, isi utama surat untuk meminta izin, hingga menutup surat dengan permohonan yang baik.

Penting untuk diperhatikan bahwa isi surat izin ini juga penting untuk diperhatikan. Sebagai salah satu tujuan utama dalam mendapatkan kualitas izin yang baik bahwa akan ada keuntungan yang didapatkan jika pemilik akun tersebut mengunggah video dalam kanal youtube.

Baca juga: Cara Upload Video Youtube Bebas Klaim Hak Cipta

Meskipun keuntungan tidak datang dari youtube maka pihak peminta izin juga perlu menerangkan ada keuntungan lain yang akan tersedia. Hal ini berkaitan dengan royalti jika kualitas unggahan bisa mendapatkan atensi yang cukup besar.

Setelah itu penting untuk diperhatikan bahwa kapasitas untuk meraih hasil maksimal dalam meminta izin maka penting juga untuk diperhatikan bahwa hasil email perlu disimpan dengan baik. Apalagi jika ada respon baik maka penting sekali untuk menyimpan dokumen tersebut jika suatu saat dibutuhkan.

Kualitas untuk mendapatkan izin yang baik secara tidak langsung memang penting untuk diperhatikan. Cara izin cover lagu di youtube melalui prosedur diatas tentunya bisa memberikan hasil yang lebih maksimal.

Konsultasikan Dengan Justika Masalah Izin Cover Lagu

Ketika Anda memutuskan untuk mengcover lagu milik orang lain di Youtube, maka juga memerlukan izin dari pemilik lagu tersebut. Mitra advokat Justika yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun siap untuk membantu Anda mengenai masalah izin cover lagu. Anda bisa memanfaatkan beberapa layanan konsultasi berbayar berikut:

Konsultasi via Chat

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda. 

Konsultasi via Telepon

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit. 

Konsultasi via Tatap Muka

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.