Cara membuat cover lagu dengan aturan memang penting untuk diketahui oleh semua pihak agar tidak terjerat dengan permasalahan hukum. Sebab setiap lagu atau music tersebut memiliki hak cipta baik dari pembuat lagu, composer, hingga management lagu tersebut dibuat.

Saat ini industri hiburan memang cukup berkembang dengan baik dan tentunya semakin pesat. Kebutuhan setiap orang untuk bisa memberikan apresiasi juga sangat terbuka lebar dan luas.

Akan tetapi hal tersebut nyatanya tidak sesuai dengan kaidah yang berlaku khususnya untuk aturan perizinan kepada orang yang lebih berhak. Apalagi kualitas penyediaan media untuk melakukan share setiap karya menjadi semakin banyak dan tentunya juga sangat cepat daya jangkaunya.

Misalnya seperti youtube yang bahkan bisa ditonton oleh ribuan bahkan jutaan orang, inilah yang menjadi alasan penting mengapa kebutuhan industri juga penting diperhatikan. Akan tetapi dengan pola perkembangan yang cukup besar dan luas ini.

Maka secara tidak langsung pemahaman mengenai hak cipta belum sepenuhnya banyak diketahui. Inilah alasan mengapa kapasitas untuk meraih layanan tersebut semakin penting untuk diketahui orang yang ingin mengcover lagu.

Mengapa untuk mengcover lagu perlu ada izin dari pemilik? Sebab seperti yang telah dijelaskan bahwa ada hak paten dari lagu tersebut. Sehingga dengan keberadaan hal tersebut maka penting bagi orang yang ingin mengcover untuk bisa mendapatkan izin terlebih dahulu.

Untuk mendapatkan izin dari pemilik lagu maka secara tidak langsung penting bagi orang yang ingin mengcover untuk meminta izin dari management atau lembaga rekaman yang menaungi. Setelah itu proses cover lagu baru bisa dikatakan boleh dilakukan.

Cara Share Karya Cover Pada Media Youtube

Setelah mendapatkan izin untuk bisa mendapatkan rekomendasi mengcover lagu maka tentunya ada berbagai hal yang penting untuk diketahui terlebih dahulu terkait cara membuat cover lagu dengan aturan di youtube. Sehingga karya yang akan di share nantinya tidak melanggar aturan.

Kapasitas untuk mendapatkan izin di youtube juga penting untuk dilakukan sebab jika telah masuk pada media sosial seperti youtube maka ada kemungkinan video tersebut akan ditonton oleh banyak orang. inilah mengapa harus ada dan tercantum dengan jelas siapa sebenarnya pemilik lagu dan penyanyi aslinya.

Sama seperti izin untuk mengcover lagu, pada tahapan untuk meminta izin hak cipta dalam karya yang akan di upload di youtube juga penting dilakukan. Panduan untuk meminta izin ini tentunya bisa dilakukan dengan berbagai tahapan yang cukup krusial dan tentunya penting untuk dilakukan.

Cara izin cover lagu di youtube yang pertama bisa dilakukan dengan cara mencari tahu siapa orang yang mempunyai hak paten dari lagu tersebut. umumnya pemilik lagu ini merupakan orang yang mempunyai hak kekayaan intelektual, sehingga penting untuk mendapatkan izin dari pemilik asli lagu.

Langkah selanjutnya juga bisa dilakukan melalui jalur izin terhadap label rekaman tempat lagu tersebut diproduksi, sebab label ini juga memiliki hak cipta dari karya tersebut. Setelah mendapatkan izin dari dua aspek tersebut maka langkah selanjutnya adalah dengan membuat email dengan baik dan sopan.

Hal yang penting juga untuk diketahui bahwa email yang nantinya mendapat respon yang baik juga penting untuk disimpan sebagai tanda bukti bahwa semua izin telah didapatkan. Sehingga Secara otomatis tidak ada indikasi melanggar aturan hak cipta jika telah di upload di youtube.

Tips Agar Bebas Klaim Hak Cipta

Indikasi untuk mendapatkan kualitas video yang baik nyatanya tidak segampang meminta izin. Ada berbagai macam aspek yang setidaknya membuat pemilik lagu asli dan hak paten enggan untuk memberikan izin terhadap seseorang untuk melakukan cover lagu di media youtube.

Lantas bagaimana cara upload video youtube bebas klaim hak cipta? Secara umum ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yang pertama tentunya membuat video cover lagu yang original baik dari gambar maupun durasi.

Jika ada perbedaan mengenai gambar dan kombinasi lagu yang tidak sama sesuai aturan panjang dan pendeknya maka secara tidak langsung proses klaim hak cipta akan lebih sulit terlacak. Dan cara membuat cover lagu dengan aturan dengan aturan ini merupakan rekomendasi langsung dari pihak youtube langsung.

Layanan Justika Untuk Membantu Permasalahan Hak Cipta

Banyak yang tidak tahu bahwa melakukan cover dengan aturan yang salah bisa melanggar hak cipta dari penyanyi atau lagu aslinya. Justika bisa membantu untuk mengatasi permasalahan seputar HKI tersebut melalui 3 layanan ini:

Layanan Konsultasi Chat

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan konsultasi chat dari Justika. Kunjungi laman ini, kemudian ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Langkah selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Kemudian  sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Layanan Konsultasi via Telepon

Apabila fitur chat tidak mengakomodir kebutuhan, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi via telepon dari Justika. Dengan layanan ini, Anda bisa mengobrol dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Selain telepon dan chat, Anda juga dapat berdiskusi dan berkonsultasi secara langsung dengan para Mitra Advokat Justika secara lebih leluasa lewat layanan konsultasi tatap muka. Lama diskusi sekitar 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.