Pengetahuan mengenai tips menghindari makelar tanah nakal tergolong wajib dipahami. Terutama karena masih terdapat banyak makelar bertebaran. Mereka sebenarnya memiliki tugas membantu kita menemukan properti yang ingin dibeli.

Tapi sayangnya karena harus memiliki keuntungan, mereka melakukan segalanya. Termasuk usaha untuk membuat kita membayar lebih mahal. Begitu juga dengan risiko menawarkan dokumen palsu sampai beragam sengketa.

Pastinya masalah seperti ini perlu dicegah karena mendatangkan celaka di masa depan. Misalnya mengalami sengketa dan keributan dengan pihak lain. Begitu juga dengan potensi tidak dapat terjual karena masalah terkait.

Sekarang kebutuhan untuk menghindari modus penipuan jual beli tanah juga perlu dilakukan. Terutama karena kebutuhan aset semacam ini tergolong tinggi. Tidak heran mampu menciptakan rasa khawatir yang cukup tinggi.

Bila Anda ingin berusaha mencegah usaha makelar, bisa dimulai dengan memilih cara bertemu. Termasuk mengenai jumlah transaksi beserta harganya. Begitu juga dengan bagaimana dokumen yang dimiliki oleh penjualnya.

Selain itu penting bagi setiap pembeli mengetahui seberapa banyak nilai jual pasar. Begitu juga riwayat beserta legalitas saat dipakai untuk jual beli. Termasuk kalau terdapat perjanjian khusus yang harus dibuat.

Tips Menghindari Makelar Tanah Nakal Mengenai Transaksi

Transaksi bisa dibilang memegang peran yang sangat besar sehingga harus dipahami. Misalnya berkaitan dengan pertemuan, pembayaran dan harga pasar. Perlu melihat lebih jelas supaya tidak terkena penipuan dari makelar.

Khusus untuk tips menghindari makelar tanah nakal berupa pertemuan, disarankan bertemu langsung. Sekarang banyak platform dipakai untuk jual beli aset properti. Misalnya bertemu dan berdiskusi lewat internet.

Cara seperti ini tidak salah tapi disarankan untuk lebih detailnya bertemu langsung. Misalnya pada tempat di mana properti tersebut berada. Bisa juga tempat resmi makelar tersebut bekerja atau kantornya sekalian.

Tips menghindari makelar tanah nakal lainnya adalah mengenai pembayaran. Sekarang banyak makelar menawarkan down payment atau pembayaran pada muka. Tentu perlu dihindari karena hanya bisa dibayarkan pada pemilik properti.

Begitu juga jika pembelian dilakukan dengan cara mencicil atau membayar beberapa persen dulu. Semua pembayaran utama harus dilakukan pada pemiliknya. Kalau pihak makelar menginginkan pembayaran, harus ditolak.

Sementara itu khusus tips menghindari makelar tanah nakal dengan melihat pasaran, berkaitan dengan biaya keseluruhan. Banyak tanah yang dilabeli dengan harga murah. Jangan langsung percaya melainkan lihat keresmiannya.

Terlebih tidak menutup kemungkinan kalau tanah tersebut ternyata bersengketa. Ditambah lagi berada dalam kawasan yang kurang bersahabat. Pastikan juga tidak membeli atau berdiskusi dengan harga terlalu tinggi.

Trik lainnya yang wajib Anda ketahui yaitu mengenai pertanyaan bolehkah tanah sengketa perjual belikan. Tentu jawabannya merupakan tidak boleh. Jadi, kalau sudah memeriksa dan ada sengketa perlu selalu dihindari.

Riwayat, Dokumen dan Perjanjian Makelar

Tips menghindari makelar tanah nakal kali ini adalah berkaitan dengan riwayat. Kita harus melihat kesaksian dari pihak yang sudah lama tinggal disekitar tanah tersebut. Terutama menghindari masalah di masa depan.

Misalnya dulu merupakan bekas rawa sehingga kualitasnya cukup buruk. Ditambah lagi kalau pernah dipakai untuk kuburan atau tempat kurang bagus lainnya. Pasti perlu dihindari karena kualitas dan riwayat kurang baik.

Tapi Anda harus menambah dengan menggunakan cara berupa pengecekan dokumen. Kalau berkualitas sekalipun tapi dokumen kurang, perlu dihindari. Terutama karena dokumen menjadi prioritas kita.

Nantinya Anda harus meminta makelar menunjukkan bukti dokumen selengkap mungkin. Terutama berupa Akta Tanah yang sudah terdaftar secara resmi. Tentu dapat kita cek pada Kantor Pertanahan serta detail informasinya.

Untuk tips menghindari makelar tanah nakal lainnya adalah perjanjian yang dibuat. Biasanya Anda dan makelar akan membuat suatu janji mengenai harga dan transaksi. Wajib membuat perjanjian resmi agar tidak ditipu.

Tentu isinya paling penting mengenai jumlah komisi yang mereka dapatkan. Harus sesuai dengan perjanjian awal dan tidak boleh bertambah lagi. Lebih baik membuat perjanjian semacam ini dibandingkan hanya lisan.

Jangan lupa sebelumnya untuk mengetahui tentang langkah hukum jika ditipu broker tanah. Terutama kalau tidak sengaja mengalami penipuan terburuk. Hasilnya bisa mengatasi dengan mudah tanpa ada kesulitan lebih buruk.

Setelah melihat beragam trik tersebut, bisa dikatakan dapat diaplikasikan semua orang. Terutama jika akan sering berhubungan dengan jual beli tanah. Hasilnya tips menghindari makelar tanah nakal membantu menghindari masalah.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.