Pengetahuan mengenai apa saja modus penipuan jual beli tanah harus dipahami. Apalagi kebutuhan mengenai aset tanah belakangan ini terus menambah. Tidak heran jika agen dan makelar juga banyak bertambah.

Pastinya banyak dari mereka yang memiliki kualitas dan profesionalitas tinggi. Misalnya memberikan harga, biaya beserta jenis aset berharga yang bagus. Tapi tidak menutup kemungkinan terdapat agen kurang bagus.

Tentu saja mereka menawarkan biaya yang mungkin jauh lebih tinggi. Ditambah lagi bisa berbohong mengenai kondisi beserta riwayat aset tersebut. Begitu juga mengenai tambahan biaya setelah proses transaksinya sudah selesai.

Melihat kondisi semacam ini, perlu paham tips menghindari makelar tanah nakal. Terutama yang tidak memberikan layanan terbaiknya untuk Anda. Termasuk mencoba melakukan penipuan dengan berbagai macam jalur.

Harus diketahui juga kalau mafia dan agen sudah berkembang cukup besar. Pada daerah perkotaan maupun pinggiran terdapat pihak semacam ini. Tentu cukup buruk kalau Anda pakai sebagai pihak untuk mencarikan aset.

Ada beberapa modus khususnya di Indonesia yang sangat umum ditemui. Biasanya dalam bentuk cukup halus sehingga sulit untuk dilihat pertama kali. Jadi, perlu mengatasi dengan menengok beberapa jenis modus berbahaya.

Modus Penipuan Jual Beli Tanah Berupa Mafia dan Agen

Semakin berkembangnya zaman, penipuan properti diharapkan agar berkurang. Tapi nyatanya bukannya menghilang malah bertambah lebih parah. Terutama karena para penipu tersebut membuat cara lebih sulit dengan menjadi mafia.

Khusus para mafia dalam modus penipuan jual beli tanah terbilang sangat buruk. Terlebih karena terdiri dari beberapa jaringan besar. Tentu bukan hanya melibatkan makelar melainkan adanya pengaruh oknum pemerintah.

Biasanya beberapa properti yang mereka incar adalah properti tanpa adanya konversi. Ditambah lagi dengan tanah kosong yang sudah tidak dipakai pemiliknya. Begitu juga dengan properti yang sudah mengalami sengketa.

Disini modus penipuan jual beli tanah dengan menggunakan surat girik palsu. Tapi bisa dipercayai karena dibuatkan sertifikat asli lembaga BPN. Tentu bisa sampai diresmikan karena para oknum tersebut bekerja sama.

Sertifikat semacam ini ternyata sangat berbahaya karena dapat mengusir warga. Pastinya tidak bisa berbuat apapun lagi karena dikalahkan. Bahkan terpaksa pergi disebabkan mafia tersebut memiliki kekuatan besar

Selain itu modus penipuan jual beli tanah yang terjadi pada lahan kosong lebih parah. Kalaupun Anda melakukan gugatan, dijamin kalah. Terutama karena sertifikat palsu bida dimenangkan Pengadilan Tata Usaha Negara

Sementara itu untuk agen juga menipu tidak kalah buruk. Misalnya dengan menipu mengambil dokumen Anda untuk membeli, ternyata transaksinya palsu. Begitu juga jika menjual di mana ternyata memakai dokumen palsu.

Belum lagi dengan properti yang dijual sangat murah karena sengketa. Anda harus paham bolehkah tanah sengketa perjual belikan dulu. Tentu dengan tujuan tidak mengalami modus buruk dari mafia dan agen.

Penipuan Berkedok Syariah Paling Buruk

Modus penipuan jual beli tanah zaman sekarang sudah semakin memburuk karena memasuki syariah. Padahal pada awalnya syariah dijamin sangat positif bagi setiap orang. Terutama karena terlindungi dengan ketentuan agama.

Sayangnya karena sudah dipercayai masyarakat, kemudian mulailah dibuat dalam sisi menipu. Harus diketahui kalau syariah dilengkapi prosedur sangat ketat. Tentu dimaksudkan supaya menghentikan para penipu bekerja.

Jadi, kalau ada modus dengan menawarkan kavling atau perumahan murah perlu dihindari. Terutama karena persyaratan lebih mahal. Tentu sebelumnya tidak dipermasalahkan karena dijamin aman.

Nantinya jika Anda menemukan ada DP kecil, perlu dilihat lebih detail. Apalagi dengan nilai DP minim artinya ada kemungkinan cicilannya juga kecil. Kemudian menimbulkan masalah legalitas yang harus ditanyakan.

Berbagai modus penipuan jual beli tanah bersifat syariah tentu masih dilakukan oleh para oknum. Mereka ingin mencari untung sebanyak mungkin. Bahkan tidak berbelas kasihan sama sekali pada para korbannya.

Bila Anda ingin membeli properti syariah, biasanya DP cukup tinggi. Ditambah lagi ada syarat rumah inden dengan cicilan maksimal selama 10 tahun. Kalau ditanyakan legalitas juga bisa langsung diberikan.

Tidak boleh ketinggalan, Anda perlu membaca detail langkah hukum jika ditipu broker tanah. Terutama jika kurang teliti dan menghadapi penipuan. Jangan merasa terlalu panik karena harus mengatasinya dengan tenang.

Pastikan untuk mengetahui beragam macam modus terjahat yang baru juga. Kalau perlu demi menghindari masalah buruk sudah memilih pendamping hukum. Bisa menghindari modus penipuan jual beli tanah sekaligus mengatasinya.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.