Beberapa tips menggunakan jasa kontraktor wajib Anda ketahui, diantaranya adalah pastikan memiliki izin usaha, memiliki hasil kinerja baik, serta menyediakan jasa konsultasi untuk customernya. 

Penyedia jasa kontraktor untuk membangun atau merenovasi bangunan sudah banyak tersebar di Indonesia. Anda juga dapat menemukannya dengan mudah melalui jaringan internet di website atau akun resmi lainnya.

Kontraktor atau perusahaan pemborong merupakan perusahaan yang disewa untuk mengerjakan proyek berupa pembangunan atau renovasi bangunan. Seperti rumah, gedung perkantoran, rumah sakit, sekolah, dan lain sebagainya. 

Beberapa customer yang memanfaatkan jasa pelayanan ini berasal dari badan hukum, instansi pemerintah, badan usaha atau perorangan. Diawal kerjasama dengan perusahaan pemborong ini, tentunya Anda harus membuat kesepakatan perjanjian terlebih dahulu.

Didalamnya berisi mengenai penunjukan resmi, target proyek, aturan, serta pekerjaan atau orderan yang akan dilakukan. Kontrak disepakati oleh kedua pihak dengan tanda tangan bermaterai. Pastikan isi kesepakatan tersebut sebelum menandatanganinya. 

Selain itu, Anda harus mengetahui beberapa aturan mendirikan perusahaan pemborong sehingga ketika memilih kontraktor Anda mendapatkan perusahaan yang sesuai dengan standar. Pastikan penyedia jasa telah legal dan sesuai dengan spesifikasinya.

Jika vendor menyalahi kesepakatan atau pekerjaan yang dihasilkan tidak sesuai dengan keinginan anda, customer dapat mengajukan komplain atau meminta ganti rugi terkait kerugian yang didapatkan. Namun, jika pihak vendor tidak bertanggungjawab customer dapat memilih tindak pidana. 

Penting untuk mengetahui Cara Menggugat Kontraktor Gagal Bangun, sehingga customer dapat langsung bertindak saat terjadi kendala dalam proyek konstruksi. Beberapa cara yang bisa ditempuh adalah secara kekeluargaan dengan meminta ganti rugi atau secara jalur hukum.

Jenis Pekerjaan Jasa Kontraktor Sesuai Spesifikasi

Penyedia jasa kontraktor memiliki berbagai jenis pekerjaan sesuai spesifikasinya. Diantaranya adalah arsitektur, mekanikal, elektrikal, sipil, pekerjaan terintegrasi, serta tata lingkungan. Pastikan Anda memilih jasa pemborong sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan. 

Kontraktor dengan spesifikasi arsitektur melayani permintaan proyek yang meliputi pembangunan atau renovasi perumahan tunggal atau multi hunian, petanaman, bangunan komersial, pekerjaan pemasangan instalasi asesoris bangunan, pekerjaan dinding serta berbagai interior lainnya. 

Sedangkan spesifikasi mekanikal melayani instalasi pemanasan, perpipaan, instalasi lift dan escalator, konstruksi alat angkut, penyimpanan minyak atau gas, hingga jasa penyedia peralatan kerja konstruksi. 

Spesifikasi lain adalah di bidang elektrikal yang melayani pembangkit dan jaringan tenaga transmisi tenaga listrik, jaringan distribusi tenaga listrik, instalasi kontrol dan instrumen serta listrik gedung atau pabrik.

Selain spesifikasi arsitektur, mekanikal dan elektrikal, spesifikasi lainnya adalah sipil dan tata lingkungan. Kontraktor dengan spesifikasi sipil melayani pembangunan dan perawatan seputar jalan raya atau kereta api, lapangan terbang, konstruksi baja, irigasi, dan proyek fasilitas umum lainnya.

Sedangkan spesifikasi tata lingkungan melayani serta memberikan perawatan seputar perpipaan minyak, gas, air bersih, pengolahan limbah, pengeboran air tanah, reboisasi, dan berbagai jenis perawatan lingkungan lainnya. 

Dengan adanya spesifikasi ini akan mempermudah Anda memilih jenis jasa pemborong sesuai dengan kebutuhan. Jika pihak vendor tidak melayani sesuai spesifikasinya, Anda dapat mengajukan ganti rugi. 

Cara melaporkan kontraktor tak sesuai spesifikasi tidak terlalu sulit, customer dapat melakukannya melalui jalur hukum atau secara kekeluargaan. Segera laporkan jika vendor mulai bekerja tidak sesuai dengan kesepakatan. 

Tips Menggunakan Jasa Kontraktor yang Tepat

Sebelum menggunakan jasa pemborong ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Diantaranya adalah memiliki surat izin usaha serta legalitas. Berikut ini tips menggunakan jasa kontraktor yang tepat dan berkualitas. 

  1. Pilih jasa kontraktor sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan
  2. Tentukan perusahaan pemborong terlebih dahulu kemudian rancang konsep bangunan bersama vendor 
  3. Memiliki legalitas dan memberikan kontrak resmi dan jelas
  4. Perhatikan jam terbang perusahaan tinggi sehingga Anda mudah mencari riwayat pekerjaan proyek sebelumnya.
  5. Teliti terlebih dahulu rincian biaya yang dibutuhkan, pilih perusahaan pemborong yang memberikan seluruh rincian biaya. Sesuaikan rincian biaya dengan dana yang Anda miliki. Biaya yang harus diperhatikan meliputi biaya pembangunan hingga tambahan lainnya.
  6. Cari riwayat hasil pekerjaan dari vendor tersebut, dari sini Anda dapat mengetahui bagaimana kinerja perusahaan tersebut.
  7. Memberikan garansi pada pelayanan yang diberikan.

Beberapa hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan, sehingga hasil dari pembangunan sesuai dengan keinginan anda.

Legalitas serta memiliki badan hukum merupakan hal utama yang harus diperhatikan oleh customer saat memilih perusahan penyedia jasa konstruksi. Untuk itu pahami terlebih dahulu tips menggunakan jasa kontraktor dengan baik dan benar.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.