Saat Anda memilih kontraktor untuk membangun rumah atau gedung impian anda, ketahui juga cara menggugat kontraktor gagal bangun. Hal ini penting diketahui sebagai tindakan antisipasi apabila terjadi kendala pada kemudian hari. 

Membangun rumah atau bangunan lain tidak mudah, diperlukan keahlian khusus dan perhitungan yang tepat dalam merancang serta mendirikan sebuah bangunan. Maka dari itu saat ini banyak orang yang kemudian memilih kontraktor untuk mendirikan bangunan.

Melalui jaringan internet banyak vendor atau penyedia pelayanan konstruksi bisa Anda temui dengan mudah. Berbagai tawaran serta potongan harga yang diberikan membuat orang tergiur tanpa memperhatikan hal mendetail.

Sebelum Anda memilih jasa vendor, sebaiknya ketahui beberapa tips menggunakan jasa kontraktor. Seperti memastikan izin operasional, memiliki legalitas hukum yang kuat, serta menyediakan konsultasi bagi calon customer. 

Bagi penyedia jasa konstruksi izin operasional atau legalitas perusahaan adalah utama, izin operasional atau legalitas ini penting untuk menjaga keamanan selama proses pembangunan. Selain itu, tips lain memilih jasa kontraktor adalah menyesuaikannya dengan kebutuhan.

jika kontraktor atau penyedia jasa pengembang bangunan tidak menyelesaikan bangunan seperti yang telah disepakati, Anda dapat menindak pengembang tersebut. 

Namun, beberapa hal perlu Anda perhatikan sebelum menyepakati persetujuan, diantaranya adalah perjanjian bermaterai.

Perjanjian tulis bermaterai memiliki dasar hukum kuat yang bisa diajukan ke badan hukum jika terjadi pelanggaran kesepakatan. Dengan begitu, jika terdapat masalah dikemudian hari Anda dapat mengajukan gugatan.

Kewajiban Kontraktor Bangunan Pada Customer

Penyedia jasa konstruksi merupakan pemberi layanan jasa konstruksi atau konsultasi bangunan. Usaha jasa ini dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah jasa konstruksi, pekerjaan konstruksi, dan pekerjaan konstruksi terintegrasi atau gabungan. 

Mendirikan sebuah perusahaan pemborong tidak mudah, ada beberapa aturan mendirikan perusahaan pemborong. Diantaranya adalah memiliki izin operasional atau legalitas perusahaan. Bagi sebuah perusahaan pemborong, legalitas merupakan hal utama.

Selain untuk meyakinkan calon customer, legalitas juga berfungsi sebagai pelindung hukum jika dikemudian hari terjadi masalah. Sebagai customer, Anda harus bisa memilih penyedia jasa kontraktor dengan tepat. 

Beberapa standar yang harus dipenuhi penyedia jasa pemborong adalah standar keamanan, keselamatan, kesehatan, serta keberlanjutan. Jika standar ini tidak dipenuhi oleh pihak jasa, maka vendor atau penyedia jasa yang akan bertanggungjawab jika terjadi kegagalan bangunan.

Penyedia jasa memiliki kewajiban untuk memperbaiki, atau mengganti bangunan sesuai dengan standard operating produce (SOP) yang berlaku. Jika penyedia jasa tidak dapat memenuhi kewajibannya maka akan dikenakan sanksi administratif sebagai berikut.

  1. Mendapatkan peringatan tertulis
  2. Terkena denda administratif sesuai ketentuan berlaku
  3. Penghentian kegiatan pelayanan jasa yang bersifat sementara
  4. Nama perusahaan jasa akan tercantum dalam daftar hitam
  5. Izin akan dibekukan
  6. Izin operasional perusahaan dicabut

Selain itu, Anda juga dapat menggugat pihak jasa penyedia pemborong ke badan hukum, sehingga Anda bisa mendapatkan ganti rugi atau kompensasi terhadap dampak yang diperoleh akibat dari kegiatan pembangunan tersebut.

Untuk mengantisipasi gagal bangun ini, customer harus menyepakati beberapa hal dengan vendor. Seperti dalam kontrak memuat pihak identitas para pihak, baik customer maupun vendor. 

Selain itu juga mencantumkan uraian jelas serta rinci mengenai pekerjaan yang akan dilakukan. 

Cara Menggugat Kontraktor Gagal Bangun

Gagal bangun atau keruntuhan bangunan merupakan keadaan bangunan yang runtuh atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya setelah penyerahan akhir hasil dari pekerjaan konstruksi. Setelah vendor telah menyelesaikan pembangunan, sebaiknya customer memeriksa bangunan tersebut.

Memilih jasa pemborong sesuai spesifikasi merupakan salah satu hal yang wajib Anda lakukan. Jika vendor tersebut tidak sesuai spesifikasi yang dicantumkan untuk menarik minat customer, Anda dapat mengajukan gugatan.

Untuk itu, Anda juga harus memahami cara melaporkan kontraktor tak sesuai spesifikasi. Karena hal tersebut merupakan salah satu tindak penipuan. Hingga saat ini kasus penipuan oleh pengembang masih sering terjadi, maka dari itu Anda harus berhati-hati.

Cara menggugat kontraktor gagal bangun dapat ditempuh melalui dua pilihan, yaitu perdata dan pidana. Jika Anda menginginkan uang kembali meskipun tidak 100%, customer dapat menempuh jalan perdata. Dengan memberikan somasi kemudian mengajukan ke Pengadilan Negeri setempat. 

Dengan adanya somasi ini, pengembang akan terancam dan memenuhi panggilan Pengadilan Negeri. Sedangkan jika Anda ingin segera menuntut vendor, maka dapat menempuh jalur pidana melalui kantor kepolisian dengan tuduhan penipuan.Secara hukum, pelanggaran vendor atau penyedia pengembang terhadap customer sudah diatur dalam perundang-undangan. Maka dari itu Anda harus mengetahui cara menggugat kontraktor gagal bangun dengan benar.

Tanyakan Kepada Justika dan Dapatkan Saran Hukum

Anda bisa mengkonsultasikan cara menggugat kontraktor gagal bangun kepada mitra advokat andal dan profesional Justika. Anda bisa memanfaatkan layanan hukum Justika lainnya, seperti Layanan Konsultasi Chat, Konsultasi via Telepon dan  Konsultasi Tatap Muka.

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan Konsultasi Chat dari Justika. Anda hanya perlu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Langkah selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Kemudian  sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Dengan Konsultasi via Telepon, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 menit atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Sementara melalui Konsultasi Tatap Muka, Anda akan mendapatkan layanan untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan Mitra Advokat Justika selama 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.