Sebelum memilih penyedia jasa layanan konstruksi, sebaiknya customer juga memahami cara melaporkan kontraktor tak sesuai spesifikasi dan kesepakatan. Dengan begitu, Anda tidak perlu bingung dan panik saat pekerjaan vendor tidak sesuai dengan kesepakatan.

Vendor atau jasa penyedia konstruksi merupakan penyedia jasa layanan dibidang pembangunan gedung atau infrastruktur lainnya. Dengan menyewa atau mempercayakan kepada vendor, rancangan bangunan yang diinginkan akan sesuai dengan keinginan customer.

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, mencari vendor bangunan sangat mudah dan bisa diakses melalui jaringan internet. Namun, saat memilih vendor ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. 

Diantaranya adalah legalitas serta hasil kerja yang dihasilkan oleh vendor tersebut. Selain menari vendor melalui media sosial atau jaringan internet, sebaiknya Anda mencari perusahaan pemborong melalui orang terpercaya. 

Beberapa ciri perusahaan kontraktor yang aman dan tentunya legal adalah memiliki surat izin usaha, memberikan kesempatan untuk berkonsultasi, biaya sesuai dengan proyek, serta memberikan garansi bagi customernya. 

Sebelum menentukan vendor, ada baiknya customer memahami terlebih dahulu apa saja aturan mendirikan perusahaan pemborong. Sehingga Anda dapat memastikan apakah perusahaan tersebut sudah sesuai dengan aturan pembangunannya.

Selai  itu pastikan kontraktor yang Anda pilih sudah sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan. Jika customer mendapati perusahaan ini tidak sesuai dengan spesifikasi atau aturannya, maka segera lakukan pelaporan ke pihak berwajib. 

Cara menggugat kontraktor gagal bangun cukup mudah, yaitu dengan menentukan pilihan terlebih dahulu. Apakah Anda akan menempuh proses hukum atau kekeluargaan. Jika melalui kekeluargaan besar kemungkinan Anda akan mendapatkan ganti rugi.

Jika Anda ingin melapor tindak penipuan, maka customer dapat melaporkannya ke pihak berwajib seperti polisi dan lain sebagainya. 

Penyedia Usaha Jasa Konstruksi di Indonesia

Penyedia jasa konstruksi merupakan pihak yang melaksanakan pembangunan atau perawatan, baik untuk bangunan maupun infrastruktur yang lain sesuai dengan kesepakatan. Selain itu, jasa konstruksi juga melayani konsultasi mengenai pembangunan. 

Dibidang penyedia jasa layanan konstruksi ini dibagi menjadi tiga bagian usaha, yaitu usaha jasa konsultasi konstruksi, usaha pekerjaan, serta terintegrasi atau gabungan. Anda dapat memilih jenis usaha sesuai dengan kebutuhan. 

Dalam kerjasama antara customer dan vendor di dalam kontrak akan tertulis pihak pengguna jasa dan penyedia jasa. Untuk memastikan kerjasama dapat berjalan lancar, sebagai customer Anda harus memperjelasnya dalam kontrak.

Selain itu, kontrak atau perjanjian penting untuk dibuat, salah satu fungsinya adalah sebagai payung hukum jika nantinya terjadi kendala atau pelanggaran kontrak. Di Dalam kontrak atau pengaturan hubungan kerja antara kedua pihak harus memuat beberapa sebagai berikut.

  1. Memuat identitas para pihak
  2. Memuat uraian mengenai lingkup kerja, nilai pekerjaan, harga satuan, hingga batasan waktu pekerjaan secara rinci
  3. Masa pertanggungan yang memuat mengenai jangka waktu pelaksanaan serta pemeliharaan menjadi tanggung jawab penyedia jasa
  4. Hak dan kewajiban setara, dengan kata lain pengguna jasa berhak memperoleh hasil konstruksi dan melaksanakan segala kewajiban sesuai ketentuan. Sedangkan penyedia jasa berhak berhak memperoleh informasi serta imbalan dan memiliki kewajiban untuk melaksanakan pelayanan jasa.
  5. Memuat tentang kewajiban tenaga kerja konstruksi bersertifikat
  6. Tercantum ketentuan mengenai kewajiban cara pembayaran
  7. Tercantum wanprestasi
  8. Ketentuan mengenai tata cara penyelesaian perselisihan
  9. Pemutusan kontrak kerja
  10. Memuat ketentuan jika terjadi keadaan memaksa
  11. Memuat tentang kewajiban kontraktor jika terjadi kegagalan bangunan
  12. Perlindungan pekerja, dan masih ketentuan lainnya.

Cara Melaporkan Kontraktor Tak Sesuai Spesifikasi

Sebelum memilih penyedia jasa pemborong, ada baiknya Anda mengetahui tips menggunakan jasa kontraktor bangun, dengan begitu Anda akan mendapatkan kontraktor sesuai dengan spesifikasi.

Namun jika penyedia jasa ternyata tidak sesuai spesifikasi atau melanggar perjanjian, customer dapat menuntutnya dan meminta ganti rugi. Namun jika pihak penyedia jasa tidak mau bertanggung jawab Anda dapat mengambil jalan hukum.

Selain harus sesuai spesifikasi, penyedia jasa harus memenuhi standar keamanan, keselamatan, kesehatan, serta keberlanjutan. Jika hal ini dilanggar, ada dua jalan cara melaporkan kontraktor tak sesuai spesifikasi yang bisa diambil oleh customer. 

Anda dapat memberikan peringatan secara tertulis dan denda administratif jika diperlukan, namun jika vendor masih tidak mau memenuhi tuntutan, maka customer dapat melaporkannya ke pihak berwajib sebagai penipuan.

Dari laporan ini, nantinya vendor akan diberhentikan sementara dalam kegiatan konstruksi hingga pencabutan izin berusaha. 

Saat memilih vendor Anda harus berhati-hati dan memeriksa segala aspek, baik dari pekerjaan, harga atau biaya yang akan dikeluarkan hingga legalitasnya. Selain itu customer juga harus mengetahui cara melaporkan kontraktor tak sesuai spesifikasi jika terjadi pelanggaran kontrak nantinya. 


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.