Memahami fungsi garis sempadan bangunan merupakan kewajiban sebagai warga negeri yang baik. Namun, memang tidak semua orang paham apa itu fungsi garis sempadan, mungkin salah satunya Anda. Maka dari itu agar lebih memahaminya simak artikel ini!

Menaati aturan yang telah diterapkan merupakan hal penting. Pasalnya dengan menaati aturan ini membuktikan bahwa Anda merupakan negara Indonesia yang tertib dan baik. Namun, masih banyak orang awam yang belum paham tentang garis sempadan.

Garis sempadan bangunan atau juga disebut dengan GSB merupakan garis batas paling luar dari ke pemilihan lahan yang dapat untuk digunakan mendirikan bangunan seperti rumah dan sejenisnya. Ketika Anda membangun rumah maka penting untuk memerhatikan GSB.

Ketika Anda melanggar aturan ini tentunya dapat membuat Anda terkena sanksi pendirian bangunan melewati garis sempadan. Sanksinya mulai dari peringatan hingga denda dan pembongkaran bisa Anda dapatkan ketika melanggar aturan pembangunannya.

3 Fungsi Garis Sempadan Bangunan

Membangun rumah tidak hanya memerhatikan ijin bangunan saja akan tetapi penting juga bagi Anda untuk memahami fungsi dari garis sempadan bangunan. Maka dari itu berikut di bawah ini 3 fungsi umum dari GSB ini.

1. Keindahan

Rumah-rumah yang tersusun dengan rapi tentunya dapat menimbulkan keindahan. Fungsi pertama yang bisa didapatkan adalah dari aspek keindahan atau estetika. Salah satu kesuksesan penerapan GSB ini adalah di komplek-komplek perumahan.

Jika Anda melihat komplek perumahan umumnya bangunan-bangunannya terbilang rapi dan beraturan. Tidak ada rumah yang memakan jalan umum sehingga jalan tetap masih bisa dilalui oleh semua kendaraan.

2. Keamanan

Fungsi selanjutnya dari GSB adalah dari segi keamanan. Keamanan akan dirasakan oleh pemilik bangunan yang menaati aturan garis sempadan bangunan. Contohnya ketika Anda memiliki rumah di Kawasan pantai akan terhindar pasang surut air laut.

Keamanan selanjutnya adalah ketika rumah terjadi kebakaran maka pemadam kebakaran akan lebih mudah untuk masuk dan mengamankan. Maka dari itu penting bagi Anda untuk memerhatikan GSB sebelum membangun rumah, gedung, dan sejenisnya.

3. Ketertiban

Fungsi selanjutnya adalah untuk menciptakan ketertiban. Dengan mematuhi aturan maka akan tercipta ketertiban. Bangunan tidak akan menghalangi jalan ketika mematuhi aturan GSB ini sehingga kendaraan dapat berjalan dengan normal.

Selain mematuhi aturan Anda juga bisa melaporkan ketika terdapat pelanggaran pembangunan. Langkah hukum melaporkan bangunan menyalahi GSB yang pertama adalah dengan melaporkannya terlebih dahulu ke tingkat Rukun Tetangga atau RT setempat.

Mematuhi Tata Tertib Tentang Garis Sempadan

Tata tertib atau aturan memang dibuat untuk dipatuhi oleh semua lapisan masyarakat di Indonesia. Dengan mematuhinya Anda ikut andil untuk menciptakan kenyamanan dan juga keteraturan lingkungan baik bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Aturan garis sempadan bangunan ini tertuang di undang undang garis sempadan jalan pasal 13 UU nomor 28 tahun 2002 tentang bangunan Gedung. UU ini berisi bahwa sebuah bangunan harus memiliki persyaratan berupa jarak bebas bangunan termasuk GSB dan GSJ.

Siapa saja yang melanggar aturan ini tidak pandang bulu akan dikenakan sanksi. Sanksi pertama biasanya akan diberikan peringatan terlebih dahulu. Akan tetapi jika peringatan tersebut tidak digubris akan diberikan sanksi yang lebih berat.

Pemilik bangunan yang melanggar bisa denda dan juga bangunannya akan dihancurkan. Jika tidak ingin terkena sanksi seperti ini solusi yang paling tepat adalah dengan menaat aturan terlebih dahulu sebelum membangun rumah, gedung dan sejenisnya.

Tidak hanya memerhatikan surat seperti PBB dan juga IMB, sebelum membangun juga Anda harus memerhatikan garis sempadan bangunannya. Namun, masih banyak orang yang belum sadar akan pentingnya memerhatikan terlebih dahulu garis sempada bangunan.

Umumnya bangunan di daerah jalan yang sempit sering kali tidak memerhatikan GSB ini. Sehingga tidak jarang bangunannya secara tiba-tiba dibongkar oleh pihak berwenang. Pastinya Anda tidak ingin rumah yang dibangun sedemikian rupa hancur seketika.Maka dari itu agar Anda juga lebih nyaman lebih baik sebelum membangun rumah memerhatikan terlebih dahulu aspek GSB. Selain itu pahami juga terlebih dahulu fungsi garis sempadan bangunan agar tercipta ketertiban dan juga kenyamanan ketika membangun.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.