Dalam kondisi tertentu, kehadiran contoh surat permohonan pembukaan blokir sertifikat tanah menjadi hal yang sangat penting. Karena Anda harus berhati-hati jika memiliki sertifikat tanah yang bermasalah supaya tidak menjadi masalah. 

Maka dari itu agar tidak terjadi masalah Anda bisa melakukan pemblokiran sertifikat. Anda tidak akan mengalami pertikaian dengan keluarga jika sudah melakukan pemblokiran. Anda tetap bisa membuka surat yang diblokir.

Tentu ada beberapa persyaratan yang harus Anda urus jika ingin membuka blokir. Ada beberapa syarat pemblokiran sertifikat tanah yang harus dipenuhi. Sebelum membahas tentang apa saja persyaratannya, cari tahu aturannya.

Contoh Surat Permohonan Pembukaan Blokir Sertifikat Tanah

Ada beberapa hal yang bisa Anda contoh sebelum mengurusnya langsung ke kantor pertanahan. Adapun contoh suratnya adalah sebagai berikut ini, sehingga tahu bagaimana panduan menulisnya dengan benar:

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Ayu Nuraini

Tempat/Tgl lahir: Medan, 5 Juli 1980

Alamat : Jalan Raya Medan No. 16

Pekerjaan : Ibu Rumah Tangga

Selanjutnya yang disebut pihak pertama (Pemberi Kuasa)……………………..

Nama : Rahayu Ningsih

Tempat/Tgl lahir: Medan, 14 Januari 1988

Alamat : Jalan Raya Medan No. 14

Pekerjaan : Ibu Rumah Tangga

Selanjutnya disebut pihak kedua (Penerima Kuasa)………………………….

Pihak pertama (I) dalam hal ini bertindak atas nama diri sendiri memberi kuasa kepada pihak kedua untuk pergi ke Pengadilan Negeri Medan mengurus sistem pembagian harta warisan berbentuk tanah.

Yaitu seluas 100 hektar di Medan bersama pakar waris sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Berhubung orang yang berkaitan keadaannya tidak memungkinkan supaya surat kuasa ini bisa dipakai dengan sebaik-baiknya.

Medan, 12 November 2016

Penerima Kuasa Pemberi Kuasa 

Materai 6000

Rahayu Ningsih Ayu Nuraini

Setelah mengetahui bagaimana contoh surat untuk mengajukan pembukaan blokir, berikutnya mengenai berapa biaya blokir sertifikat lahan yang harus disiapkan. Karena tidak disebutkan langsung dalam Peraturan Menteri ATR 13 Tahun 2017. 

Akan tetapi untuk jangka waktu pemblokiran sertifikat adalah selama 1 bulan atau 30 hari. Setelah itu pengaju bisa langsung menggunakan contoh surat permohonan pembukaan blokir sertifikat tanah di atas. 

Persyaratan Pemblokiran Sertifikat Tanah

Setelah mengetahui jangka waktu blokir sertifikat di BPN , berikutnya adalah apa saja persyaratan yang harus dipenuhi sebelum pergi ke kantor pertanahan di daerah setempat. Berikut persyaratan cara blokir sertifikat tanah:

  1. Mengisi formulir yang sudah disediakan, sekaligus membawa fotokopi kartu identitas seperti KTP dan surat kuasa. Kemudian, jangan lupa melampirkan fotokopi Akta Pendirian dari Badan Hukum.
  2. Membawa surat keterangan yang berisi nama pemilik tanah, jenis hak, lokasi tanah serta luas tanah yang akan diblokir. Kemudian bawa bukti yang menjelaskan tentang hubungan hukum pemohon dengan tanah tersebut.
  3. Harus melengkapi dokumen dengan membawa bukti penyetoran dari negara. Anda tidak perlu membawa bukti pajak tentang pencatatan pemblokiran sertifikat tanah. Jadi bisa langsung datang ke kantor pertanahan di daerah setempat.

Sebelum pergi ke kantor pertanahan, pastikan terlebih dahulu bahwa dokumen yang dibawa sudah lengkap dengan contoh surat pemblokiran sertifikat tanah di atas. Jangan sampai pemohon tidak membawa salah satu persyaratannya.

Jika berkasnya sudah diberikan tunggu sampai petugas selesai melakukan pengecekan. Setelah itu dokumen persyaratan langsung diproses ke pejabat berwenang. Karena kini zamannya sudah canggih, Anda juga bisa mengajukannya secara online.

Contoh Masalah Ketika Terjadi Pemblokiran Sertifikat Tanah

Anda harus tahu peraturan blokir sertifikat online supaya surat permohonan untuk membuka pemblokiran sertifikat tanah di atas dapat diaplikasikan ketika terjadi masalah. Hal ini dijelaskan langsung oleh Kepala BPN Indonesia.

Pada Peraturan Menteri Nomor 13 Tahun 2017 yang menjelaskan mengenai Tata Cara Blokir dan Sita dalam bab 3 dijelaskan mengenai pemblokiran sertifikat. Anda dapat mengurus pemblokiran atau pembukaan secara langsung.

Aksi blokir dan cara membuka blokir sertifikat di BPN dapat dilakukan secara langsung di tempat masing-masing. Sebelum itu Anda harus tahu bagaimana contoh surat yang benar untuk mengatasi masalah tersebut.

Biasanya permasalahan ini sering terjadi karena adanya pertikaian dengan pihak keluarga. Misalnya mendapatkan warisan dari orang tua tetapi Kakak ingin mengambil hak Anda karena ada masalah perekonomian. Sehingga diperlukan cara khusus.Yaitu, untuk menghindari pertikaian, maka dilakukan pemblokiran sertifikat kepada pihak yang bersangkutan. Melihat hal tersebut, contoh surat permohonan pembukaan blokir sertifikat tanah menjadi hal yang penting sekali untuk setiap orang.

Konsultasikan Permasalahan Sertifikat Tanah Melalui Justika

Sertifikat tanah merupakan salah satu dokumen bukti kepemilikan tanah. Namun terkadang Anda perlu juga melakukan pemblokiran tersebut. Justika siap membantu permasalahan atau kebingungan Anda yang berkaitan dengan pemblokiran sertifikat tanah melalui tiga layanan ini:

Layanan Konsultasi Chat

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan konsultasi chat dari Justika. Kunjungi laman ini dan ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi. Tunggu sesaat dan sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Layanan Konsultasi via Telepon

Apabila fitur chat tidak mengakomodir kebutuhan, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi via telepon dari Justika. Dengan layanan ini, Anda bisa mengobrol dengan Mitra Konsultan Hukum dengan lebih mudah dan efektif melalui telepon selama 30 atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Ingin berdiskusi lebih lanjut? Tenang, Anda juga dapat berkonsultasi secara langsung dengan para Mitra Advokat Justika secara lebih leluasa lewat layanan Konsultasi Tatap Muka. Adapun lama diskusi sekitar 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.