Surat pengunduran diri harus dibuat secara profesional. Bukan hal aneh jika seorang karyawan memutuskan mundur dari jabatan yang telah diemban selama beberapa tahun. Setiap orang memiliki pilihan sendiri ketika melakukannya. 

Kebutuhan untuk lebih mengaktualisasi diri sesuai passion bisa jadi salah satu alasan. Bukan rahasia bahwa banyak orang bekerja namun bukan berkarir. Sekedar upaya untuk mendapatkan penghasilan secara rutin setiap bulan.

Bisa jadi mengundurkan diri atau resign adalah pilihan terbaik. Lebih produktif meski tidak lagi mengabdi pada perusahaan terdahulu sangat mungkin terjadi. Sudah banyak kasus bukan hanya di perusahaan besar saja.

Alasan Karyawan Memilih Mengundurkan Diri

Hak bagi setiap karyawan untuk mengakhiri hubungan kerja dengan perusahaan oleh berbagai sebab. Berikut beberapa alasan paling banyak ditemui sebagai dasar pengajuan surat pengunduran diri. Sehingga Anda semakin yakin melakukannya:

  1. Ketidaksepakatan gaji. Tidak sedikit kasus terjadi berkaitan dengan kesepakatan gaji. Berbeda antara yang dicantumkan pada kontrak dengan implementasinya secara nyata. Hal ini tentu menyebabkan kekecewaan dan berakhir dengan pengajuan resign.
  2. Bagi kalangan muda, jenjang karir merupakan hal yang perlu diperjuangkan. Idealisme tinggi menjadi motivasi agar lebih berkembang berbekal latar belakang pendidikan. Namun tidak selalu berbanding lurus dengan yang disediakan perusahaan.
  3. Budaya dalam dunia kerja seperti senioritas, pembiaran terhadap pelanggaran prosedur, kepemimpinan tidak netral dan masih banyak lagi bisa jadi alasan masuk akal. Lingkungan seperti bisa jadi toxic, menghambat pengembangan diri.
  4. Pekerjaan tidak sesuai dengan passion dan menghambat hobi sah-sah saja ditinggalkan. Atasan Anda pasti menyetujui jika hal tersebut dijadikan alasan. Sebab merupakan hak setiap orang untuk mengekspresikan diri sesuai kehendak.
  5. Ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi bisa juga jadi alasan resign yang dapat diterima perusahaan. Contoh ingin melanjutkan jenjang S2 karena mendapat beasiswa luar negeri, sehingga harus meninggalkan pekerjaan.
  6. Ada juga mengundurkan diri karena paksaan secara langsung maupun tidak langsung. Banyak kasus seperti ini terutama selama pandemi covid-19. Pengurangan jam kerja hingga insentif sebagai contoh paksaan tidak langsung.

Jadi seperti itulah beberapa alasan kenapa seseorang lebih memilih mengundurkan diri dari pekerjaan lamanya. Maka dari itu bila ingin melakukannya, sebaiknya lakukan persiapan dulu jauh-jauh hari sebelum mengajukan surat tersebut.

Hal-hal yang Perlu Disiapkan sebelum Mengajukan Surat Pengunduran Diri

Setiap keputusan selalu membawa konsekuensi, Anda harus siap dengan hal tersebut. Sama halnya saat memutuskan berhenti bekerja di satu perusahaan. Paling utama, Anda perlu persiapan sebelum memutuskan untuk mundur bekerja.

Selebihnya Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting yang lainnya sebelum memilih untuk mengajukan keluar dari tempat bekerja. Berikut beberapa hal yang harus disiapkan saat akan membuat surat tersebut, antara lain:

  1. Minimal Anda mengkonsultasikan atau menyampaikan maksud resign 1 bulan sebelumnya, disebut dengan one month notice. Ada konsekuensi hukum jika aturan one month notice dilanggar. Karena Anda dengan perusahaan sedang terikat kontrak.

Perusahaan memerlukan waktu untuk mencari pengganti Anda. Apabila posisi pekerjaan tersebut strategis tidak jarang diperlukan training. Tenggat waktu 30 hari bisa dimanfaatkan untuk memberikan training tersebut kepada calon karyawan baru.

  1. Contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar dapat Anda pelajari melalui internet. Sesuaikan dengan kondisi dan data pribadi. Selebihnya bisa mengikuti gaya bahasa formal yang dicontohkan supaya lebih profesional.

Penulisan juga perlu disusun secara runut sehingga jelas. Perusahaan akan memberikan apresiasi dalam bentuk surat referensi kerja yang dapat dijadikan modal untuk mencari pekerjaan baru. Jadi Anda memiliki kesan positif.

  1. Siapkan persyaratan. Perhatikan apa saja yang perlu Anda persiapkan sebagai syarat. Contoh apabila masih memiliki pinjaman dari internal, harus melunasi terlebih dahulu. Semua tanggung jawab dalam pekerjaan juga harus dituntaskan.

Perusahaan akan memerlukan waktu untuk mencari pengganti karyawan. Tidak jarang nantinya Anda diminta untuk memberikan training calon pengganti Anda sebelum masa kerja berakhir sebagai salah satu syarat pengunduran diri karyawan. Memang ada banyak alasan surat mengundurkan diri diajukan. Apapun yang mendasarinya surat pengunduran diri dilakukan dengan baik dan benar agar lebih aman. Sehingga tetap terjalin hubungan baik dengan perusahaan maupun orang-orang di dalamnya.

Justika Dapat Membantu Jika Anda Masih Bingung

Anda bisa mengkonsultasikan perihal tata cara hibah tanah tersebut dengan mitra advokat andal dan profesional Justika. Anda bisa memanfaatkan layanan hukum Justika lainnya, seperti Layanan Konsultasi Chat, Konsultasi via Telepon dan Konsultasi Tatap Muka.

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan Konsultasi Chat dari Justika. Anda hanya perlu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Langkah selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Kemudian  sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Dengan Konsultasi via Telepon, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 menit atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Sementara melalui Konsultasi Tatap Muka, Anda akan mendapatkan layanan untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan Mitra Advokat Justika selama 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.