Terdapat konsekuensi hukum jika aturan one month notice dilanggar. Mengajukan resign tidak bisa mendadak meski Anda bekerja pada perusahaan kecil. Selain berkaitan dengan etika juga terdapat aturan hukum di dalamnya.

Berbagai alasan dapat menjadi latar belakang seorang karyawan mengajukan resign. Lingkungan kerja dengan budaya senioritas, gaji tidak sesuai kebutuhan, jenjang karir tidak jelas, atau bahkan karena paksaan dari pihak perusahaan.

Sebelum mengajukan resign Anda dapat mengkonsultasikan terlebih dahulu setiap kendala yang dihadapi di perusahaan. Sebagai karyawan, terdapat aturan dan payung hukum yang melindungi hak-hak Anda. Jadi perhatikan peraturannya sebelum melangkah.

Namun jika tidak terdapat kesepakatan yang menguntungkan semua pihak, Anda dapat mengajukan pengunduran diri secara tertulis. Penulisan permohonan harus memenuhi syarat yang ditetapkan oleh perusahaan dan UU hukum saat ini.

Konsekuensi Hukum Jika Aturan One Month Notice Dilanggar

Hubungan antara pekerja dengan perusahaan baik swasta maupun instansi pemerintah memiliki aturan tertentu yang dilindungi oleh hukum. Undang-undang ketenagakerjaan sebagai acuan dalam memberlakukan semua aturan tersebut.

Termasuk mengatur dalam hal pengajuan resign. Berdasarkan alasan pribadi, karyawan dapat mengajukan pengunduran diri atau resign kepada perusahaan. Namun harus memenuhi batas waktu tertentu, tidak bisa mendadak.

Perusahaan memerlukan waktu untuk menyiapkan pengganti. Bisa jadi diperlukan tahap rekrutmen hingga training sampai karyawan baru tersebut siap bekerja. Waktu persiapan ini setidaknya dibutuhkan 1 bulan (one month notice).

Jadi jika Anda mengajukan kurang dari waktu tersebut dianggap mendadak. Contoh two week notice, atau 2 minggu sebelum benar-benar berhenti bekerja. Umumnya perusahaan akan menolak.

Meski mengundurkan diri karena paksaan prosesnya tidak singkat. Terlebih jika masih terdapat tanggung jawab pekerjaan atau lainnya berkaitan dengan perusahaan. Wajib diselesaikan terlebih dahulu sebelum berhenti bekerja.

Resign atau PHK diatur dalam Undang-undang ketenagakerjaan pasal 165, kemudian diperbarui dalam Undang-undang cipta kerja tahun 2020. Konsekuensi hukum jika aturan one month notice dilanggar berkaitan dengan hak karyawan.

  1. Tidak mendapat hak berupa uang cuti tahunan apabila belum pernah diambil. Karyawan akan mendapat penggantian sesuai ketentuan perusahaan. Syaratnya memenuhi one month notice tersebut.
  2. Biaya kepulangan karyawan dan keluarga ke tempat baru. Tempat yang dimaksud bisa kategori lokasi pekerjaan baru atau tempat tinggal. Dalam hal ini bisa masuk sebagai pesangon.
  3. Hal lain yang diatur dalam peraturan kerja, perjanjian perusahaan dan perjanjian bersama. Semua sudah diatur dalam PP No. 35/2021, yang harus dipatuhi oleh semua pihak pekerja atau pemilik perusahaan.

Pengajuan Dokumen Pengunduran Diri yang Baik

Sebelum melakukan pengajuan untuk memilih resign dari tempat Anda bekerja, sebaiknya perhatikan dulu proses dan caranya. Sehingga Anda bisa terlihat lebih profesional di mata perusahaan. Untuk itu perhatikan syaratnya dulu.

Syarat pengunduran diri karyawan sebetulnya melindungi hak. Sehingga di akhir masa bekerja masih mendapatkan benefit. Dalam hal finansial tentu ini sangat diharapkan karena dapat dijadikan modal utama ketika memilih resign.

Bisa jadi saat Anda mengajukan resign namun tidak sesuai ketentuan, terdapat penalti yang harus dibayar. Maka sebagai karyawan penting untuk mengikuti semua aturan perusahaan yang telah disampaikan secara tertulis langsung.

Anda dapat mengikuti contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar melalui berbagai media online. Penulisan harus memenuhi kriteria yang menunjukkan profesionalitas Anda sebagai pekerja. Berikut ini adalah contoh pembuatannya:

  1. Penulisan harus to the point. Langsung pada inti dari maksud surat tersebut. Namun tetap harus menambahkan salam pembuka, salam penutup, kesan baik selama bergabung di perusahaan dan ucapan terima kasih.
  2. Meski surat pengunduran diri tetap wajib ditulis, Anda bisa menyampaikan terlebih dahulu kepada atasan secara langsung agar jelas. Sebagai wujud hubungan baik yang telah terjalin selama menjalani masa bekerja sebagai atasan dan bawahan.
  3. Bahasa formal dan sopan. Penulisan secara urut mulai dari pembuka, isi dan penutup. Jangan lupa membubuhkan tanda tangan pada akhir surat. Menunjukkan bahwa tidak ada paksaan dan dilakukan secara sadar.

Surat tersebut perlu dimasukkan dalam map kemudian serahkan kepada atasan Anda secara langsung. Anda masih harus menunggu 30 hari supaya tidak mendapat konsekuensi hukum jika aturan one month notice dilanggar.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.