Penting untuk mengikuti contoh surat pengunduran diri demi profesionalitas. Meski memiliki arti perpisahan Anda harus memberikan kesan positif. Sehingga pada kesempatan lain dapat direkomendasikan ke perusahaan lain karena sikap profesional.

Contoh bisa Anda dapatkan dari para senior yang lebih dulu resign sebagai cara mengundurkan diri dari pekerjaan. Bisa juga menggali melalui internet. Ada banyak sekali format dan gaya bahasa dapat Anda modifikasi sesuai kondisi pribadi masing-masing.

Apapun dasar yang menjadi alasan pernyataan pengunduran diri harus sopan, jelas, singkat, mudah dimengerti. Meski pertama kali membuatnya, attitude Anda dapat terbaca melalui tulisan tersebut. Jadi perhatikan pembuatannya dengan baik.

Moment menjelang keluar dari perusahaan cukup sensitif. Tidak jarang menimbulkan rasa canggung atau kurang nyaman dengan atasan. Maka sebisa mungkin tinggalkan kesan positif di akhir masa kerja yang akan berakhir.

Format Umum Dokumen Pengunduran Diri

Beberapa surat pengunduran diri kerja memiliki kesamaan dalam cara penulisan serta urutannya. Unsur-unsur yang membangun format secara umum sama. Berikut format standar yang biasa digunakan untuk pembuatan surat pengunduran diri di sebuah perusahaan:

  1. Kota dan tanggal. Biasa ada dalam sebuah surat formal, ditulis pada bagian atas pojok kanan. Menunjukkan di mana pembuatan surat serta waktunya, tanggal, bulan dan tahun bebas bisa kapan saja.
  2. Kepada siapa (alamat) mengajukan permohonan tersebut. Umumnya ditulis di bagian atas sebelah kiri. Berada di bawah kota dan tanggal penulisan. Bisa langsung diajukan ke Manajer HRD, kepala unit, atau Direktur.
  3. Salam pembuka wajib ada dalam dokumen ini. Karena itu menunjukkan rasa hormat Anda kepada orang yang menerima surat termasuk juga kepada perusahaan. Ini merupakan format pakem untuk semua tipe formal.
  4. Isi dari contoh surat pengunduran diri berupa pernyataan permohonan izin mengundurkan diri dari perusahaan. Lengkapi dengan alasan yang relevan dan sesuai kondisi sebenarnya tanpa menjelek-jelekkan pihak perusahaan maupun diri sendiri.
  5. Bagian penutup tuliskan rasa terima kasih Anda kepada pihak perusahaan, permohonan maaf apabila selama bergabung memiliki kesalahan. Sampaikan harapan baik untuk semua pihak termasuk dalam hal komunikasi atau menjalin silaturahmi.

Sebagai catatan, Anda harus menyerahkan surat tersebut setidaknya 30 hari sebagai syarat pengunduran diri karyawan. Hal ini sudah diatur dalam Undang-undang No. 13 tahun 2003. Karena jika tidak, ada sanksinya.

Dalam Undang-undang terkait ketenagakerjaan tersebut disebutkan bahwa pencatatan dilakukan setidaknya 30 hari disebut one month notice. Terdapat konsekuensi hukum bila ketentuan UU tersebut dilanggar. Jadi perhatikan sebaik-baiknya supaya sama-sama aman.

Mengapa Harus Membuat Surat Resign Yang Baik?

Mungkin beberapa orang berpikir mengapa harus membuat surat resign yang bagus karena nantinya juga akan mengundurkan diri dari pekerjaan tersebut. Berikut adalah beberapa alasannya:

1. Profesionalitas

Pertama adanya surat resign yang baik tersebut adalah untuk membantu menunjukkan sisi profesionalitas Anda sebagai pekerja. Sehingga secara langsung Anda juga tetap memiliki image yang baik di perusahaan tersebut. Jika dilihat secara etika, memang lebih baik seorang karyawan memberikan pemberitahuan terlebih dulu sebelum memutuskan untuk keluar dari perusahaan tersebut. Untuk itu cara bikin surat resign yang baik dan sopan juga perlu Anda perhatikan.

2. Memberikan status yang jelas

Dengan adanya surat pengajuan resign juga akan membantu memberikan kejelasan baik untuk perusahaan dan struktur karyawan yang lainnya dalam bagian tertentu di perusahaan tersebut. Jadi Anda juga sudah tidak memiliki hubungan lagi secara profesional dengan perusahaan atau pekerjaan tersebut sejak surat resign kerja diberikan dan disetujui.

3. Membantu perusahaan mencari pengganti

Alasan mengapa harus membuat surat resign kerja adalah sebagai bentuk pemberitahuan pada perusahaan bahwa Anda sudah resign kerja. Dengan begitu perusahaan juga akan sesegera mungkin mencari pengganti untuk posisi Anda yang sedang kosong tersebut.

Namun perlu diperhatikan juga bahwa surat permohonan resign tersebut harus disetujui oleh atasan atau HRD Anda terlebih dulu agar Anda bisa lebih mudah resign.

Sekarang ini mencari cara membuat dokumen pengunduran diri dan surat pengunduran diri karyawan menjadi lebih mudah. Semuanya berkat dunia digital yang menjadikan apa saja semakin sederhana. Untuk itu jangan pernah takut mencari referensi di internet.

Memudahkan Anda membuat pernyataan yang runut, rapi, teratur dan berkelas, tersedia banyak sekali contoh dokumen pengunduran diri di internet. Anda boleh memilih salah satu cara untuk ditiru menggunakan bahasa sendiri.

Template dengan format berkualitas juga banyak tersedia. Semakin leluasa mengatur setiap unsur wajib dalam surat resign sesuai keinginan. Hal paling penting adalah tetap terlihat profesional di mata perusahaan tempat bekerja.

Jika mencari contoh dan format surat pengunduran diri dari internet Anda dapat mendownload dalam format Word maupun Pdf. Pilih sesuai bahasa yang digunakan sebagai sarana komunikasi dengan atasan. Kebanyakan memang dalam bahasa Indonesia secara resmi.

Jika bekerja dengan perusahaan asing, komunikasi dengan atasan atau Personalia menggunakan Bahasa Asing disesuaikan. Bahasa saja yang diubah, namun unsurnya sama. Pastikan tidak terkena konsekuensi hukum jika aturan one month notice dilanggar.

Setelah menuliskan kota dan tanggal pembuatan, sebelah kiri setelah spasi garis beberapa kali Anda menuliskan tujuan kepada siapa surat dibuat. Beberapa menyarankan ditujukan pada pimpinan langsung supaya lebih menghormati atasan.

Jika bekerja dalam skala unit, maka bisa ditujukan kepada Kepala Unit. Selanjutnya Kepala Unit akan meneruskan ke HRD atau Personalia. Setelah salam, Anda bisa menuliskan identitas karyawan agar tidak keliru.

Selanjutnya, utarakan alasan mendasar, pilih yang relevan namun sopan tanpa menyalahkan pihak lain. Bahasa harus netral dan profesional meski alasan utama mengundurkan diri karena paksaan, sehingga bisa menimbulkan kesan positif.Itu dia contoh surat resign yang baik dokumen yang diperlukan untuk mengundurkan diri dari perusahaan dengan konteks yang tepat. Contoh surat pengunduran diri ini dapat menjadi acuan yang tepat dan sesuai.

Contoh Surat Resign Simple

Jakarta, 18 September 2019

Kepada Yth,
HRD PT. Karya Sentosa Cipta
di Jl. Alam Sutera, Jakarta

Dengan Hormat,

Dengan adanya surat yang ini, saya atas nama Arta Bagaswara bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Karya Sentosa Cipta sebagai Staff Marketing.

Saya melakukan permohonan ini karena ingin melanjutkan sekolah di luar negeri. Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan kerja yang telah diberikan kepada saya selama 3 tahun ini. Saya mohon maaf jika selama bekerja banyak melakukan kesalahan yang mungkin merugikan pihak perusahaan.

Demikian surat ini saya buat dan serahkan dengan sebenar-benarnya tanpa adanya paksaan dari orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. Semoga PT. Karya Sentosa Cipta akan semakin berkembang dan maju.

Hormat Saya,

Arta Bagaswara

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik

Jakarta, 18 September 2019

Yth.

HRD PT Karya Sentosa Cipta

Di Jl. Alam Sutera, Jakarta

Dengan Hormat,

Berdasarkan Kebijakan perusahaan yang tercantum dalam PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu) mengenai 1 bulan sebelum pengunduran diri, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Arta Bagaswara

NIK : 110092837469349

Departemen : Marketing

Jabatan : Staf Marketing

Bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai karyawan dari PT Karya Sentosa Cipta sebagai staf marketing. Terhitung dari 30 hari sejak dibuat, yaitu pada tanggal 18 September 2019. Adapun alasan saya untuk pengunduran diri adalah karena ingin meneruskan bisnis keluarga.

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan pengalaman kerja yang selama ini di PT Karya Sentosa Cipta. Saya juga mohon maaf yang kepada jajaran pimpinan dan juga rekan karyawan PT Karya Sentosa cipta yang disengaja atau tidak.

Demikian surat ini saya buat dan serahkan dengan sebena-benarnya tanpa paksaan orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. Jika ada tutur kata yang kurang berkenan bagi Bapak/Ibu, saya mohon maaf.

Hormat saya,

Arta Bagaswara

Contoh Surat Resign Bahasa Inggris

contoh surat pengunduran diri

Contoh Template Surat Resign Pada Masa Percobaan

Jakarta, 18 September 2019

Yth. Ibu HRD PT. Karya Sentosa Cipta

Di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Arta Bagaskara
Tempat, tgl. lahir         : Jakarta, 10 Januari 1995
Jabatan                        : Backend Developer
Departemen                : IT
Bekerja sejak               : 2017

Bermaksud untuk mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT.  Karya Sentosa Cipta, karena adanya masalah pribadi yang tidak bisa dijelaskan. Namun Saya mengucapkan terimakasih karena selama saya bekerja di PT. Karya Sentosa Cipta ini, saya menerima banyak ilmu dan pengalaman kerja. Saya juga ingin menyampaikan terimakasih pada rekan-rekan kerja saya yang selama ini membantu. Sekian surat pengunduran diri saya. Tak lupa saya mohon maaf sebesar-besarnya atas kesalahan yang saya buat.

Hormat saya,

Arta Bagaskara

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi

Justika Siap Membantu Menyelesaikan Soal Pengunduran Diri

konsultasi hukum permasalaha ketenagakerjaan

Justika sebagai Platform Konsultasi Hukum secara online menyediakan beberapa layanan berbayar untuk membantu Anda menyelesaikan permasalahan ketenagakerjaan yang Anda alami. Konsultasikan permasalahan Anda dengan mitra advokat dengan pengalaman lebih dari 5 tahun melalui beberapa layanan berikut:

Layanan Konsultasi Chat

Anda bisa mendapatkan layanan konsultasi hukum secara mudah dan dengan harga terjangkau hanya dengan Rp 30.000 saja. Kunjungi laman ini, lalu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan di kolom chat. Selanjutnya, lakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Selanjutnya, sistem secara otomatis akan mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Layanan Konsultasi via Telepon

Fitur chat tidak mengakomodir kebutuhan Anda? Jangan khawatir sebab Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi via telepon dari Justika. Melalui layanan ini, Anda dapat mengobrol dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 seharga Rp 350.000 atau Rp 560.000 selama 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Anda pun dapat berdiskusi dan berkonsultasi secara langsung dengan para Mitra Advokat Justika lewat layanan Konsultasi Tatap Muka. Lama diskusi sekitar 2 jam hanya dengan Rp 2.200.000 saja (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.