Ada beberapa cara mengatasi kesalahan penulisan ijazah pendidikan. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki adanya kesalahan penulisan atau ejaan nama pada ijazah pendidikan. 

Pasalnya, ijazah menjadi salah satu syarat mengurus surat keterangan salah nama buku nikah. Sehingga, Anda wajib mengajukan permohonan untuk mengoreksi atau mengubah penulisan nama pada ijazah. 

Untuk dapat mengajukan permohonan tersebut, maka ada prosedur yang harus dilewati oleh pemohon. Jangan lupa, ketahui contoh surat keterangan salah nama buku nikah untuk dapat mengurus permohonan pada pengadilan Negeri. 

Sehingga Anda dapat mengurus perubahan nama pada Ijazah. Setelah proses ubah nama di buku nikah selesai, maka segera urus perubahan nama pada Ijazah. Ya, ijazah ini dikeluarkan oleh otoritas berwenang, dalam hal ini adalah Dinas Pendidikan. 

Jadi, Anda harus mengajukan surat permohonan koreksi atau penggantian nama pada Ijazah ke Dinas Pendidikan asal domisili pemohon. Dan jangan lupa, selain membawa surat permohonan maka ada beberapa berkas yang harus dipersiapkan oleh pemohon. 

Sebab, Dinas Pendidikan tidak dapat memproses permohonan Anda terkait perubahan nama pada ijazah pendidikan jika tidak dilengkapi dengan berkas-berkas pendukung.

Berkas yang Wajib Dibawa Ketika Mengajukan Permohonan Penggantian Nama di Ijazah

Untuk dapat mengajukan permohonan penggantian nama pada ijazah pendidikan, maka Anda harus membawa beberapa berkas-berkas pendukung. Jadi, Anda harus membawa berkas-berkas yang telah ditentukan oleh Dinas Pendidikan agar proses penggantian nama di ijazah segera dirampungkan. 

Maka dari itu, ini dia beberapa berkas-berkas yang wajib Anda persiapkan agar nama pada ijazah segera dikoreksi dan dibetulkan oleh otoritas berwenang, seperti Dinas Pendidikan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini : 

  1. Mengurus Surat Keterangan Pembetulan Kesalahan Penulisan Ijazah dari Sekolah

Berkas pertama yang harus Anda sertakan adalah surat keterangan pembetulan kesalahan penulisan ijazah dari sekolah. Ya, cara mengatasi kesalahan penulisan ijazah pendidikan ini harus memiliki surat tersebut. 

Jadi, silahkan mengurus surat tersebut ke sekolah tempat Anda menempuh pendidikan. Setelah itu, segera bawa surat pengantar dari sekolah ke Dinas Pendidikan setempat. 

Hal ini dilakukan untuk mengurus permohonan koreksi atau ubah nama akibat adanya kesalahan penulisan pada ijazah. Setelah itu, Anda dapat mengikuti prosedur ganti nama di buku nikah.

  1. Menyertakan Dokumen Pribadi

Berkas kedua yang wajib dipersiapkan adalah beberapa dokumen-dokumen pribadi. Salah satunya adalah Kartu Keluarga atau KK, akta kelahiran, serta fotokopi akta kelahiran dan ijazah dari jenjang pendidikan sebelumnya.

Setelah itu, Anda dapat mengetahui cara mengganti nama di Ijazah sekolah melalui Dinas Pendidikan setempat. Tidak perlu khawatir, biaya pengurusan kesalahan nama pada ijazah ini tidak terlalu besar atau bahkan gratis.

Panduan Lengkap Cara Mengatasi Kesalahan Penulisan Ijazah Melalui Dinas Pendidikan

Apabila Anda telah melengkapi semua berkas-berkas yang dibutuhkan oleh Dinas Pendidikan setempat, maka segera ajukan permohonan koreksi atau perubahan nama pada ijazah. 

  1. Anda bisa langsung ke Dinas Pendidikan setempat dengan membawa berkas yang telah dipersiapkan. 
  2. Silahkan mengantri ke bagian loket pelayanan. Setelah itu, serahkan semua berkas persyaratan perubahan nama pada ijazah pada loket pelayanan di Dinas Pendidikan setempat. 
  3. Berkas-berkas yang telah Anda limpahkan pada bagian loket akan diteliti serta dipelajari oleh petugas berwenang. Pastikan semua berkas telah Anda lengkapi. Jika tidak, petugas akan menolak permohonan perubahan nama pada ijazah pendidikan.
  4. Langkah selanjutnya, petugas juga akan mengecek apakah nama orang tua di Ijazah dan KK berbeda atau tidak. Jika berbeda, silahkan mengajukan gugatan hukum melalui pengadilan Negeri. Jika tidak, maka proses penggantian ijazah segera dilimpahkan ke bidang selanjutnya.
  5. Kepala Seksi Kelembagaan dan Kesiswaan akan memberikan paraf pada surat permohonan koreksi dan ubah nama di ijazah pendidikan. Lalu, berkas akan dilimpahkan pada Kepala Bidang Pembinaan SD SMP untuk diteliti.
  6. Cara untuk mengatasi kesalahan dalam penulisan ijazah pendidikan selanjutnya adalah pemberian tanda tangan Kepala Dinas Pendidikan setempat. Jika berkas telah ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan, maka petugas akan memberikan cap stempel. 
  7. Kemudian, petugas akan memberikan surat keterangan pembetulan ijazah atau STTB. Lalu, surat tersebut akan diteruskan ke sekolah untuk melakukan cetak ijazah ulang sesuai dengan nama yang tertera pada surat keterangan pembetulan ijazah atau STTB.

Setiap siswa wajib mengecek kembali ijazah setelah diterima dari pihak sekolah. Sebab, bisa saja terdapat kesalahan penulisan ejaan nama pada ijazah. Untuk itu, Anda wajib mengajukan permohonan koreksi nama di Ijazah. Pemohon wajib tahu bagaimana cara mengatasi kesalahan penulisan ijazah melalui Dinas Pendidikan.

Konsultasikan Masalah Kesalahan Penulisan Ijazah

Ijazah pendidikan nantinya memang sangat penting untuk diperhatikan karena bisa digunakan untuk beberapa pengurusan administrasi penting lainnya. Untuk tahu lebih jauh Anda bisa bertanya pada mitra advokat Justika yang sudah berpengalaman lebih dari 5  tahun, Anda bisa berkonsultasi dengan mengunakan beberapa layanan berbayar berikut:

Layanan Konsultasi Chat

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan konsultasi chat dari Justika dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Layanan Konsultasi via Telepon

Apabila fitur chat tidak mengakomodir kebutuhan, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi via telepon dari Justika hanya mulai dari Rp 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit.

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Ingin berdiskusi lebih lanjut? Tenang, Anda juga dapat berkonsultasi secara langsung dengan para Mitra Advokat Justika secara lebih leluasa lewat layanan Konsultasi Tatap Muka. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.