Untuk mengajukan permohonan pada pengadilan Negeri, pemohon wajib membaca contoh surat keterangan salah nama buku nikah. Pasalnya, beberapa orang masih bingung bagaimana cara menulis surat tersebut agar dapat segera disidangkan pada pengadilan Negeri setempat.

Tanpa ada surat keterangan tersebut, maka Anda tidak dapat mengajukan permohonan untuk koreksi serta pengubahan nama pada akta buku nikah. Memang, pengajuan surat permohonan ini berbeda dengan surat lain. Karena ditujukan langsung kepada pengadilan Negeri setempat.

Jadi, Anda selaku pemohon wajib membuat surat permohonan dengan tepat. Jangan lupa cek dahulu apakah nama orang tua di ijazah dan KK berbeda atau tidak. Jika berbeda, silahkan mengurusnya terlebih dahulu.

Dan jika Anda kebingungan untuk menulis surat permohonan tersebut, maka pemohon dapat melihat beberapa contoh yang ada di media sosial maupun internet.

Peran Surat Keterangan Koreksi Kesalahan Penulisan Nama di Buku Nikah

Selain mengetahui cara mengganti nama di ijazah sekolah, Anda juga harus tahu bagaimana prosedur untuk mengajukan permintaan koreksi kesalahan penulisan nama pada buku atau akta nikah.

Agar tidak ada kesalahan saat mengajukan permohonan koreksi maupun ubah nama di buku nikah, maka pemohon wajib menyertakan surat keterangan. Surat keterangan salah nama buku nikah ini wajib diserahkan kepada pihak pengadilan.

Jadi, surat keterangan tersebut memiliki peran cukup vital. Oleh sebab itu, pemohon wajib melampirkan surat keterangan dari pengadilan Negeri setempat agar proses koreksi serta penggantian nama di buku nikah segera dilakukan oleh KUA.

Pihak KUA tidak akan memproses permohonan koreksi serta ubah nama di akta buku nikah jika tidak ada ketetapan dari pengadilan Negeri. Jadi, Anda harus mengetahui prosedur ganti nama di buku nikah sesuai dengan aturan yang berlaku.

Memang, masih banyak orang yang belum tahu betul bagaimana cara membuat surat pengantar untuk ditujukan pada pengadilan Negeri. Tanpa adanya surat pengantar tersebut, maka pengadilan juga tidak dapat memproses permohonan yang diajukan.

Anda dapat melihat contoh surat keterangan salah nama buku nikah agar tidak ada kesalahan struktur penulisan. Sebab, pihak pengadilan Negeri akan menolak surat yang Anda buat karena tidak sesuai dengan struktur penulisan.

Agar proses persidangan terkait ubah nama di akta buku nikah berjalan lancar, maka pemohon wajib membuat surat pengantar keterangan dengan benar sesuai dengan strukturnya. Anda dapat melihat beberapa contoh di media sosial maupun media internet.

Ini Dia Contoh Surat Keterangan Salah Nama Buku Nikah

Hal. :  Permohonan Koreksi dan Ubah Nama di Buku Nikah

Kepada : Yth. Bapak Ketua Pengadilan Negeri

Di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama Lengkap :

Tempat Tanggal Lahir :

Jenis Kelamin :

Alamat Lengkap :

Agama :

Status Perkawinan :

Pekerjaan :

Email :

Nomor Telepon :

Selanjutnya akan disebut sebagai Pemohon

Dengan ini menyatakan bahwa pemohon mengajukan perbaikan kesalahan penulisan identitas pada buku nikah dengan alasan sebagai berikut :

  1. Pada buku nikah pemohon tersebut ada kesalahan ketik pada nama pemohon dimana tertulis pada buku nikah …. dan yang benar adalah ….
  2. Pada buku nikah pemohon tersebut ada kesalahan nama pemohon dimana tertulis pada buku nikah … dan yang benar adalah ….
  3. Bahwa dalam surat-surat resmi pemohon antara lain dalam Ijazah, KTP, dan KK sudah tertulis nama pemohon yang benar yakni …. dan nama orang tua pemohon yakni ….
  4. Bahwa para pemohon telah datang ke Kantor Urusan Agama setempat guna memperbaiki nama pemohon dan nama orang tua pemohon [bapak]. Akan tetapi disarankan untuk mendapat ketetapan hukum dari pengadilan Negeri terlebih dahulu
  5. Bahwa pemohon bersedia untuk menanggung segala biaya-biaya yang timbul dalam perkara persidangan ini

Berdasarkan hal-hal diatas, dengan ini pemohon berharap bahwa Bapak Ketua Pengadilan Negeri setempat berkenan untuk memeriksa berkas-berkas dari pemohon dan kemudian menetapkan bahwa :

  1. Mengabulkan seluruh permohonan yang diajukan oleh pemohon
  2. Menyatakan sah terkait perbaikan nama pemohon pada akta buku nikah pemohon di nomor … tanggal ….
  3. Memerintahkan kepada jajaran Kantor Urusan Agama … Kabupaten …. setelah ditunjukkan untuk itu dan selanjutnya memperbaiki atau mengganti nama pemohon yang semula tertulis serta terbaca …. menjadi …. pada buku nikah nomor … tertanggal ….
  4. Membebankan biaya permohonan ini kepada Pemohon

Hormat Saya

Nama Pemohon

Anda tidak dapat mengurus keperluan dokumen, seperti akta kelahiran anak hingga pembuatan paspor jika ada kesalahan penulisan pada akta buku nikah. Oleh sebab itu, Anda wajib mengurusnya melalui instansi berwenang, termasuk cara mengatasi kesalahan penulisan ijazah.

Untuk dapat mengurus perubahan nama di akta buku nikah, maka pemohon wajib melampirkan surat keterangan yang disahkan oleh pengadilan Negeri. Untuk menulis surat tersebut, maka pemohon dapat melihat contoh surat keterangan salah nama buku nikah.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.