Sebagai siswa, Anda wajib tahu bagaimana cara mengganti nama di Ijazah sekolah. Memang, proses penggantian nama di ijazah ini dapat dilakukan melalui Dinas Pendidikan sesuai dengan domisili siswa. 

Tidak perlu khawatir, proses penggantian nama di ijazah sekolah ini tidak terlalu ribet. Anda harus segera mengurus penggantian nama di ijazah. Pasalnya, ijazah menjadi salah satu syarat untuk mengajukan surat keterangan salah nama buku nikah di Pengadilan Negeri.

Anda hanya perlu melewati beberapa langkah-langkah sesuai dengan prosedur dari Dinas Pendidikan. Oleh sebab itu, butuh beberapa hari untuk mendapat surat rekomendasi keterangan pembetulan ijazah.

Untuk mendapatkan surat tersebut, tentu saja para siswa harus mengetahui apa saja berkas-berkas yang harus dipersiapkan. Jadi, sebelum mengajukan permohonan pengubahan nama di ijazah sekolah, pastikan Anda telah mempersiapkan semua berkas-berkas yang dibutuhkan.

Setelah mengetahui apa saja syarat dan berkas yang dibutuhkan, maka pelajari bagaimana cara mengajukan permohonan koreksi nama di ijazah sekolah melalui Dinas Pendidikan. Jadi, Anda wajib tahu seluruh prosedur penggantian nama pada ijazah sekolah di Dinas Pendidikan.

Syarat untuk Mengajukan Permohonan Ganti Nama di Ijazah Sekolah Melalui Dinas Pendidikan

Agar prosedur ganti nama di buku nikah berjalan lancar, maka segera ajukan permohonan untuk pergantian nama di ijazah sekolah.

Untuk dapat mengajukan permintaan penggantian nama pada ijazah sekolah, maka ada beberapa syarat yang harus Anda persiapkan untuk segera diserahkan pada Dinas Pendidikan. Jadi segera lengkapi persyaratan yang telah diatur oleh Dinas Pendidikan.

Untuk itu, ini dia beberapa syarat yang wajib Anda persiapkan sebelum menyerahkan berkas-berkas tersebut ke dinas terkait. Oleh sebab itu, ini dia syarat-syarat yang wajib Anda persiapkan sebelum membahas tentang cara mengatasi kesalahan penulisan ijazah. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Mempersiapkan Dokumen Pribadi

Syarat pertama tentu saja membawa dokumen-dokumen pribadi. Ada beberapa dokumen yang wajib Anda persiapkan, mulai dari akta kelahiran, Fotokopi KK dan asli, hingga bukti fotokopi ijazah yang terdapat kesalahan penulisan. 

Apabila Anda tidak memiliki dokumen tersebut, maka kemungkinan permohonan ubah nama tidak akan diproses oleh Dinas Pendidikan selaku otoritas resmi yang menangani masalah tersebut

2. Mempersiapkan Dokumen Pendukung

Syarat kedua, pemohon wajib membawa beberapa dokumen pendukung. Dokumen inilah yang nantinya akan menentukan apakah permohonan ubah nama pada ijazah disetujui atau tidak oleh Dinas Pendidikan

Sebelum membahas tentang cara mengganti nama di ijazah sekolah, akan lengkapi dokumen pendukung yang telah diatur oleh pemerintah melalui Dinas Pendidikan setempat

Ada beberapa dokumen yang harus Anda persiapkan, mulai dari surat pengantar kesalahan penulisan nama yang dikeluarkan oleh sekolah, fotokopi biodata siswa dari sekolah, serta buku rapor siswa yang dikeluarkan oleh sekolah.

Berikut Panduan Pergantian Nama Ijazah

Apabila Anda telah melengkapi semua persyaratan yang ditetapkan oleh otoritas berwenang, maka segera ketahui bagaimana langkah-langkah guna mengurus ganti nama pada ijazah sekolah. Setelah masalah ganti nama di ijazah selesai, maka pelajari contoh surat keterangan salah nama buku nikah.

Ada beberapa tahapan-tahapan yang wajib dilalui oleh pemohon hingga munculnya surat keterangan pembetulan ijazah atau STTB. Setelah STTB muncul, maka Anda harus segera membawa surat sebagai rujukan untuk menerbitkan ijazah pengganti dengan nama yang telah dikoreksi.

Ada beberapa langkah-langkah yang wajib dilalui oleh pemohon. Langkah pertama, silahkan kumpulkan semua berkas-berkas yang menjadi syarat untuk mengubah nama di Ijazah. Cara mengganti nama di ijazah yang kedua adalah segera datangi kantor Dinas Pendidikan setempat.

Lalu, pemohon akan segera diarahkan ke bagian loket pelayanan yang telah disediakan. Tunggu dan antri giliran. Kemudian, serahkan semua berkas-berkas untuk mengubah nama di ijazah pendidikan. Dan kemudian, petugas akan melakukan verifikasi data awal.

Jika berkas data-data dinyatakan lengkap, maka proses pengecekan akan dilanjutkan ke Kepala Seksi Kelengkapan dan kebenaran berkas persyaratan. Disini, semua berkas akan dicek oleh petugas terkait.

Apabila nama orang tua di ijazah dan KK berbeda, maka silahkan lampirkan permohonan pengubahan nama orang tua sekalian. Jika tidak ada, maka cara mengubah nama di ijazah seolah akan kembali berlanjut.

Langkah ketiga, Kepala Kelembagaan dan kesiswaan akan mengecek dokumen satu persatu serta memberi paraf persetujuan. Selanjutnya, Kepala Bidang Pembinaan SD SMP akan melakukan penelitian sederhana. 

Jika dinyatakan valid, Kepala Bidang Pembinaan SD SMP akan melimpahkan berkas ke Kepala Dinas Pendidikan untuk ditandatangani. Lalu, Anda akan mendapat surat keterangan pembetulan ijazah yang harus segera diteruskan ke pihak sekolah agar menerbitkan ijazah kembali sesuai dengan aturan yang berlaku.

Setiap siswa wajib mengajukan permohonan ganti nama di ijazah. Hal tersebut wajib Anda lakukan ketika ada kesalahan pada penulisan atau ejaan ijazah. Maka dari itu, ketahui cara mengganti nama di Ijazah sekolah.

Konsultasikan Dengan Justika Masalah Penggantian Nama Pada Ijazah

Nama pada ijazah baik dari SD hingga kuliah harus tercatat dengan benar sesuai dengan akta kelahiran. Jika Anda memiliki masalah yang berkaitan dengan hal tersebut, mitra advokat Justika yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun siap untuk membantu. Anda bisa memanfaatkan beberapa layanan konsultasi berbayar berikut:

Konsultasi via Chat

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda. 

Konsultasi via Telepon

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit. 

Konsultasi via Tatap Muka

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.