Dispensasi nikah diperlukan ketika ada anak yang ingin melakukan pernikahan namun masih berusia dibawah 19 tahun. Lalu perlukah dilakukan sidang nikah dibawah umur agar bisa melaksanakan pernikahan?

Perlukah Melakukan Sidang Nikah Dibawah Umur?

Pernikahan yang tidak sesuai dengan aturan pemerintah yaitu pada Pasal 7 ayat 2 Undang-undang Perkawinan perlu dilakukan dispensasi nikah. Dispensasi nikah itu sendiri merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk mengajukan permohonan agar pernikahan dibawah umur yang seharusnya tidak diperbolehkan menjadi diperbolehkan dengan adanya alasan tertentu.

Hal ini juga yang membuat dalam proses dispensasi nikah tersebut dibutuhkan sidang nikah dibawah umur. Nantinya hakim akan menentukan apakah rencana pernikahan atau pengajuan dispensasi nikah tersebut bisa dilaksanakan atau tidak. Tentunya dengan mempertimbangkan beberapa alasan dan bukti yang ada.

Kemudian bagaimana jika hanya salah satu anak yang berusia dibawah 19 tahun? Jika menurut Perundang-undangan mengatakan bahwa dispensasi nikah dilakukan untuk anak yang berusia kurang dari 19 tahun dan belum pernah menikah. Sehingga pengajuan sidang nikah dibawah umur tetap dilakukan walaupun salah satu atau keduanya masih berusia dibawah 19 tahun.

Alasan Dispensasi Nikah

Ada berbagai macam alasan yang menyebabkan seseorang dalam hal ini wali atau orang tua calon mengajukan dispensasi nikah. Pertama adalah dikarenakan pengalaman dari kedua orang tua sebelumnya. Ada beberapa orang tua yang merasa bahwa anaknya sudah siap untuk menikah walaupun masih dibawah aturan hukum nikah muda di usia pernikahan yakni 19 tahun. Selain itu, banyak juga yang menggunakan alasan bahwa keinginan untuk menikahkan anaknya diusia muda.

Alasan lainnya dikarenakan keinginan dari orang tertentu dikarenakan situasi yang mendesak. Seperti keinginan salah satu orang tua yang sedang sakit keras untuk menikahkan anaknya walaupun masih berusia dibawah 19 tahun.

Alasan lainnya juga bisa dikarenakan sang anak sudah hamil terlebih dulu. Walaupun sidang nikah dibawah umur dilaksanakan, akan ada nasihat mengenai resiko pernikahan dibawah umur yang diharapkan bahwa pernikahan tersebut tidak terjadi.

Cara Mengajukan Dispensasi Nikah untuk Sidang Nikah Dibawah Umur

Sebelum dilaksanakan sidang pernikahan dibawah umur, berikut adalah beberapa langkah bisa Anda lakukan untuk pengajuan dispensasi nikah. Namun sebelum itu, pastikan Anda sudah memenuhi atau melengkapi syarat nikah dibawah umur. Cara mengajukan dispensasi nikah bisa dilakukan dengan 2 cara:

1. Menggunakan kuasa hukum atau LBH

Anda bisa menggunakan bantuan kuasa hukum atau LBH untuk membantu pengurusan sidang pernikahan dibawah umur. Namun sebelumnya Anda perlu mendapatkan surat permohonan dispensasi nikah. Nantinya pihak LBH atau kuasa hukum akan membantu semua pengurusan dispensasi tersebut.

2. Sendiri

Selain menggunakan bantuan dari lembaga bantuan hukum atau kuasa hukum, Anda juga bisa melakukan pengurusan sidang tersebut sendiri. Anda bisa mendaftarkan permohonan dispensasi nikah pada Pengadilan Agama atau Pengadilan Negeri sesuai dengan agama calon pengantin.

Kemudian Anda tinggal membayar biaya sidang nikah dibawah umur. Anda tinggal menunggu surat panggilan untuk sidang nikah setelah melakukan pembayaran. Umumnya waktu diberikan surat panggilan tersebut adalah minimal 3 minggu setelah dilakukan pendaftaran dispensasi nikah dibawah umur. Terakhir Anda tinggal mengikuti persidangan sesuai dengan aturan dari hakim hingga selesai.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.