Menuntut pacar yang meminta berhubungan badan bisa Anda lakukan karena hal ini memang belum sah adanya. Tentunya berhubungan badan sudah tidak asing lagi bagi pasangan suami istri yang sudah sah.

Akan tetapi, jika dilakukan oleh pasangan yang statusnya masih berpacaran dan belum sah pastinya akan dianggap belum sah. Perlu diperhatikan bahwa di Indonesia hal ini masih berlaku dan dijunjung tinggi.

Dimana, bagi pasangan yang belum menikah tidak sepantasnya melakukan hubungan yang selayaknya suami istri. Anda perlu mengetahui bisakah menjerat hukum pacar dengan janji palsu terkait hubungan badan.

Tentunya tidak bisa disamakan dengan budaya barat yang dapat berhubungan badan sebelum menikah. Indonesia merupakan negara dengan budaya timur yang masih menjunjung hukum adat di dalam masyarakatnya.

Menuntut pacar yang meminta berhubungan badan tentunya bisa Anda lakukan apalagi jika sudah mengancam. Anda bisa melaporkan ke pihak berwajib karena bisa membahayakan masa depan.

Tentunya Anda bisa membicarakannya baik-baik terlebih dahulu untuk menemukan titik tengah. Jika memang tidak bisa, Anda bisa membawanya ke jalur hukum dengan berbagai bukti yang kuat.

Tentunya Anda dapat menuntut pacar yang meminta berhubungan badan sesuai hukum yang berlaku. Hubungan seksual yang dilakukan dengan anak di bawah 18 tahun dapat dikenakan pidana.

Hubungan seksual yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan yang salah satu atau keduanya terikat dalam perkawinan bisa dituntut. Selama adanya pengaduan dari pasangan resmi salah satu atau kedua belah pihak.

Selain itu, Anda juga bisa menuntut pacar yang meminta berhubungan badan yang dilakukan dengan paksaan atau pemerkosaan. Beberapa hal tersebut juga dijelaskan secara rinci dalam aturan undang-undang.

Selain aturan yang diberlakukan secara hukum, maka terdapat aturan lain yang dilanggar. Jika melakukan hubungan badan dengan pacar di luar perkawinan tentunya sangat bertentangan dengan nilai moral di masyarakat.

Karena hal itulah agar tidak perlu menuntut pacar yang meminta berhubungan badan maka sebaiknya dihindari. Karena dapat menimbulkan ketidak tenangan batin bagi pelaku dan keterpurukan bagi pihak wanita.

Meskipun demikian, ada kondisi Anda tidak bisa menuntut pacar yang meminta berhubungan badan. Misalnya beberapa kondisi yang diatur secara langsung pada beberapa pasal KUHP dengan detail.

Sesuai dengan legalitas, maka jika yang melakukan hubungan seks saat berpacaran atas dasar suka sama suka tidak bisa dijerat hukum. Apalagi jika keduanya sudah dewasa tidak bisa dijerat pasal perzinaan.

Akan tetapi, jika terjadi paksaan bahkan ancaman maka pihak yang terancam dapat melaporkannya kepada pihak berwajib. Tentunya disertai bukti dan pengakuan yang sejujurnya dari pihak tersebut.

Aturan Tentang Pacar yang Meminta Berhubungan Badan

Selain beberapa hal yang dapat dijadikan dasar menuntut pacar yang meminta berhubungan badan ada aturan lain perlu diperhatikan. Hal ini berkaitan dengan kondisi yang boleh atau tidak dikenakan sanksi.

Hukum positif bisa diberikan kepada pelaku hubungan seks di luar nikah dengan beberapa kondisi. Hal pertama jika salah satu pelaku perzinaan terikat perkawinan yang sah sehingga perlu ditindak secara hukum.

Termasuk jika membawa uang maka bisa jerat hukum pacar membawa uang dan diatur dalam hukum utang piutang. Jika hubungan badan tersebut dilakukan dengan wanita yang belum berumur juga perlu disanksi.

Anda juga bisa menuntut pacar yang meminta berhubungan badan jika terjadi ancaman kekerasan atau pemerkosaan. Anda bisa melaporkan hal ini sebagai bukti dari perbuatannya yang tidak sesuai dengan hukum.

Anda juga bisa melaporkan jika terjadi hubungan badan kepada wanita dalam keadaan pingsan atau tidak berdaya. Hal ini juga diatur secara langsung pada Pasal 286 KUHP dengan detail.

Anda juga bisa menuntut pacar yang meminta berhubungan badan yang melakukan hubungan badan dengan anak belum berusia 18 tahun. Hal ini juga diatur dengan lengkap pada beberapa pasal KUHP.

Semua hal bisa dilaporkan sudah diatur secara detail dalam beberapa pasal KUHP. Hal ini membuat Anda bisa memiliki pegangan yang lebih aman dalam hal memberikan keamanan dalam hubungan belum sah.

Tentunya ada berbagai hal yang bisa dijadikan dasar untuk menuntut pacar Anda dalam konteks hubungan badan. Anda bisa menuntut pacar yang meminta berhubungan badan sesuai dengan hukum yang berlaku.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.