Pada bahasan artikel kami dispensasi nikah dibawah umur telah dijelaskan mengenai syarat nikah dibawah umur untuk pengajuan sidang pernikahan dibawah umur ke Pengadilan. Adapun biaya sidang nikah dibawah umur yang harus dikeluarkan, salah satunya dengan membayar biaya panjar perkara.

Perkawinan dibawah umur merupakan salah satu hal yang dihindarkan oleh semua pihak, karena alasan dari keberlangsungannya usia pernikahan pasangan tersebut. Perkawinan sejatinya harus dilakukan oleh setiap orang yang sudah berusia diatas 19 tahun untuk pria dan 16 tahun untuk wanita. Berikut Penjelasan mengenai perkawinan dibawah umur.

Perkawinan Dibawah Umur

Berdasarkan UU No.1 Tahun 1974 Pasal 7 Ayat 1 peraturan perizinan pernikahan dapat dilangsungkan jika pihak pria sudah mencapai usia 19 tahun dan pihak wanita sudah mencapai usia 16 tahun.

Meskipun peraturan batas minimal usia pernikahan sudah diatur negara namun pelaksanaannya di masyarakat masih banyak terjadi pernikahan dibawah umur. Hal ini tentu menjadi perhatian pemerintah untuk tetap melakukan sosialisasi terkait pernikahan dini.

Dengan demikian pemerintah telah memberikan dispensasi untuk pihak yang akan melangsungkan pernikahan dibawah umur, namun dengan alasan yang mendesak. Serta permohonan pengajuan harus dilakukan oleh orang tua calon mempelai, ke Pengadilan.

Setelah mengajukan permohonan ke Pengadilan, maka pemohon akan dikenakan biaya sidang nikah dibawah umur, atau membayar biaya panjar perkara yang akan disesuaikan oleh radius.

Biaya Sidang Nikah Dibawah Umur

Biaya sidang nikah dibawah umur akan ditentukan berdasarkan Pengadilan tempat permohonan pengajuan dilakukan, dan akan disesuaikan berdasarkan radius. Sebagai gambaran biaya sidang nikah dibawah umur yang kami dapatkan dari data Direktori Putusan MA RI, Putusan Pengadilan Agama Cianjur 2018 biaya panjar perkara yang dibayarkan oleh pemohon sebesar Rp. 166.000.

Biaya tersebut hanya gambaran biaya panjar perkara, adapun biaya yang harus disiapkan oleh pemohon meliputi:

  • Biaya pendaftaran
  • Biaya proses
  • Biaya panggilan pemohon 2x
  • Biaya PNBP panggilan pertama pemohon
  • Redaksi
  • Materai

Biaya Permohonan Pengadilan Agama Jakarta Timur

Untuk mengetahui gambaran biaya sidang nikah dibawah umur kami telah merangkum, biaya dari Pengadilan Agama Jakarta Timur

BiayaRadius
12
Biaya pendaftaranRp. 30.000Rp. 30.000
Biaya prosesRp. 75.000Rp. 75.000
Biaya panggilan pemohon 2xRo. 250.000Rp. 300.000
Biaya PNBP panggilan pertama pemohonRp. 10.000Rp. 10.000
Redaksi Rp. 10.000Rp. 10.000
MateraiRp. 10.000Rp. 10.000
Rp. 385.000Rp. 435.000

Yang menjadi perhatian hukum nikah muda yaitu kematangan emosi dari kedua calon mempelai, walaupun pernikahan bertujuan untuk menciptakan keharmonisan dan kebahagiaan untuk setiap pasangan, akan tetapi harus tetap memperhatikan faktor penting untuk syarat menikah.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.