Mengurus surat izin tempat usaha termasuk salah satu kegiatan wajib bagi pebisnis. Terutama jika ingin mengurus usahanya menjadi lebih profesional. Selain itu mampu memiliki dokumen resmi dan legalitas terbukti.

Bila seorang pebisnis tidak memiliki kelengkapan dokumen tersebut, risikonya buruk. Baik di masa nanti maupun jauh di masa depannya lagi. Misalnya kesulitan menemukan legalitas sehingga dapat dikenai hukum.

Baik jasa maupun berdagang, ternyata harus memiliki berkas khusus bagi tempat fisiknya. Jadi, dapat terdaftar berkas lain seperti NPWP dan sebagainya. Selain itu dapat segera diakui oleh badan pemerintahan.

Sebelumnya Anda juga wajib memahami dulu tentang perbedaan SIUP dan SITU. Pastinya termasuk dokumen berbeda dari segi fungsinya. Pahami juga mengenai alasan pembuatan sampai kesalahan yang wajib dihindari.

Mengenal Surat Izin Tempat Usaha

Untuk proses pembuatan berkas SITU hanya diberlakukan pada individu, organisasi maupun badan usaha. Tentunya bersifat formal sehingga untuk mengurusnya. tidak mudah. Perlu data berupa berkas dan dokumen khusus.

Nantinya surat ini akan diberikan untuk memberi tahu kalau bisnis tersebut sudah berdiri secara legal. Dapat diresmikan segera terutama gedung, toko dan sebagainya. Tentu hanya dikeluarkan oleh badan hukum.

Dengan kata lain, fungsi surat izin tempat usaha juga sebagai syarat mengetahui layak atau belumnya bisnis. Apabila belum lolos, maka sulit memperolehnya. Berbanding terbalik kalau berhasil lolos persyaratan.

Disini persyaratan yang harus dilengkapi suatu bisnis cenderung melimpah. Misalnya tentang kelestarian yang harus dijaga dengan baik. Harus memiliki pembuangan sampah, limbah dan lainnya yang tertata rapi.

Selain itu harus ada perjanjian keresmian juga dengan warga sekitar. Tidak boleh ada sengketa sehingga warga sekitarnya menolak usaha tersebut. Bisa terlebih dahulu musyawarah dengan perwakilan sekitar.

Dalam proses pembuatannya, tidak lain harus menuju ke Kantor Layanan Terpadu Satu Pintu. Sering juga dikenal sebagai PTSP bagi sebagian pengusaha. Bisa juga dengan cara menghubungi pihak Dinas Penanaman Modal.

Alasan Mengapa Pebisnis Membuat SITU

Jika Anda termasuk pengusaha yang ingin menjalankan bisnis tanpa halangan, surat izin tempat usaha dapat mengatasinya. Terdapat banyak alasan kenapa harus dimiliki, misalnya soal pemenuhan kewajiban.

Pastinya hal ini berhubungan dengan pemerintah maupun pihak terkaitnya. Biasanya mereka memiliki aturan khusus yang wajib dipahami. Kalau ternyata Anda langgar, maka resiko terbesarnya adalah terkena pelanggaran.

Selain itu kalau sudah melakukan pembuatan berkas SITU, maka bila ada sidak atau pemeriksaan selalu tenang. Tidak lain karena sebelumnya juga sudah lolos persyaratan. Kemudian akan tetap tenang menjalankan bisnisnya.

Biasanya saat mengurus SITU, terdapat juga prosedur pengurusan surat izin tempat usaha dengan masyarakat. Tidak lain untuk melakukan perjanjian bersama. Mungkin sebelumnya ada salah satu pihak tidak merasa puas.

Contohnya tempat bisnis kurang strategis bagi warga masyarakat maupun sebaliknya. Dapat dibicarakan secara damai dengan mempertemukan pihak terkait. Kalau diperlukan pembebasan lahan, juga dapat dibicarakan.

Setelah musyawarah ini, baru dapat memulai mengurus dokumen yang diperlukan untuk mengurus situ selanjutnya. Wajib menghindari konfrontasi berbahaya. Terutama yang berakibat pada pelanggaran atau kegagalan.

Kesalahan Besar Pebisnis Tentang SITU

Kalau Anda ingin melakukan proses pembuatan berkas SITU, pastikan juga memahami kesalahan yang sering dilakukan. Contohnya mengenai berkas dan dokumen tidak lengkap. Tidak masalah apabila menunggu waktu lebih lama.

Sementara itu untuk biaya pembuatan surat izin tempat usaha sendiri tidaklah mahal. Tapi banyak juga orang melakukan jalan pintas sendiri. Misalnya dengan menembak supaya bisa memperoleh SITU lebih cepat.

Pastinya proses pembuatan tanpa memakai jalur resmi risikonya cukup tinggi. Contohnya bila ketahuan mungkin akan dicabut hak serta kewajiban. Mungkin akan kesulitan lagi apabila ingin membangun bisnis kembali.

Kesalahan lainnya yaitu tentang kurang pahamnya apa saja fungsi dari SITU. Pastikan digunakan untuk kepentingan sesuai dengan surat tersebut. Misalnya kepentingan lain harus memakai surat berbeda, harus terpenuhi.

Lalu supaya Anda bisa memahami tentang kebutuhan dokumen dan kelengkapan lainnya, pastikan melihat contoh surat izin tempat usaha. Hasilnya tahu berkas ditambah mungkin ada pihak saksi yang harus Anda datangkan.

Bila ada kesulitan dalam proses mengurusnya, mendatangi pihak terkait harus dilakukan. Baik pihak pemerintah sampai badan hukum tertentu. Terutama yang mau membantu mengurus surat izin tempat usaha Anda.

Diskusikan dengan Justika Terkait Surat Izin Tempat Usaha

Ketika memutuskan untuk membuka sebuah usaha, maka penting agar Anda bisa mendapatkan surat izin tempat usaha. Untuk itu Justika bisa membantu kebingungan atau permasalahan Anda terkait dengan pembuatan surat izin tempat usaha melalui beberapa layanan berikut ini:

Layanan Konsultasi Chat

Konsultasi hukum berkaitan dengan langkah hukum laporan keuangan yang direkayasa kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan konsultasi chat dari Justika. Kunjungi laman ini, kemudian ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Langkah selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Kemudian  sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Layanan Konsultasi via Telepon

Apabila fitur chat tidak mengakomodir kebutuhan, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi via telepon dari Justika. Dengan layanan ini, Anda bisa mengobrol dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Selain telepon dan chat, Anda juga dapat berdiskusi dan berkonsultasi secara langsung dengan para Mitra Advokat Justika mengenai langkah hukum rekayasa laporan keuangan lewat layanan Konsultasi Tatap Muka. Lama diskusi sekitar 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.