Melihat contoh surat izin tempat usaha selalu dilakukan oleh pebisnis yang ingin membuatnya. Terutama karena belum berpengalaman terlalu jauh. Mungkin saja baru pertama kali ingin mengurus berkas tersebut.

Umumnya SITU nantinya akan digabungkan dengan SIUP pada bisnis. Tentu dengan tujuan dianggap legal serta resmi di mata hukum Indonesia. Kalau belum memiliki syarat tersebut, maka masih dianggap sebagai ilegal.

Jika tergolong ilegal, maka belum boleh melaksanakan kegiatan atau aktivitas. Misalnya membuat atau memproduksi barang, makanan dan lainnya. Kalau tetap memaksa, pasti mendapat larangan bahkan sanksi besar.

Anda bisa tenang karena proses mengurus surat izin tempat usaha semakin mudah. Syarat serta prosedur juga dibuat agar cepat selesai. Baik jika ingin membuat berkas baru maupun memperpanjang masa berlaku.

Mengenal Fungsi dan Contoh Surat Izin Tempat Usaha

Sebelum membuatnya, Anda harus tahu tentang seperti apa perbedaan SIUP dan SITU. Keduanya berbeda meski akan diurus demi kepentingan bisnis. SIUP itu mengurus tentang perdagangan sedangkan SITU tempatnya.

Anda yang merupakan pebisnis wajib mengurusnya karena sudah menjadi ketentuan dari pemerintah. Setiap mendirikan usaha tanpa legalitas dianggap melanggar. Dapat terkena Undang Undang sehingga terancam pidana.

Tapi SITU akan mengatasi Undang Undang tersebut karena telah menjadi bukti legalisasi. Terdapat izin pendirian yang sesuai dengan hukum. Tidak mungkin lagi terdapat penolakan maupun risiko kondisi buruk lainnya.

Malahan dapat menjadi salah satu alat menjalin hubungan dengan masyarakat sekitar Anda mendirikan bisnis. Bisa saling bekerja sama lewat komunikasi. Tentu yang dapat menguntungkan Anda maupun warga sekitar.

Anda bisa melihat contoh surat izin tempat usaha untuk membuktikan fungsi tersebut. Ada perjanjian konkret yang disertai dengan persetujuan hukum. Ada beberapa contoh yang dapat dijadikan sebagai referensi:

Contoh tersebut terbukti ampuh menjalankan ketentuan pemerintah soal kegiatan industri perdagangan. Begitu juga meminimalisir kemungkinan konflik dan perpecahan. Semua kubu sudah setuju tentang pendirian bisnis.

Alasan Kenapa SITU Harus Diurus Pebisnis

Alasan atau fungsi surat izin tempat usaha mungkin soal konfrontasi. Tidak lain melawan pemerintah maupun pihak warga masyarakat sekitar Anda. Mungkin ada rasa kurang puas sehingga menimbulkan perpecahan besar.

Jika berhubungan dengan pemerintah, maka legalisasi bumi bangunan beserta keresmian subjek serta objek dagang. Tidak heran harus dilengkapi akte kepemilikan bumi bangunan, termasuk mengenai dokumen dagangnya.

Sementara itu untuk konfrontasi dengan warga, berhubungan tentang hubungan kedua belah pihak. Misalnya persetujuan di mana letak bangunan. Tidak boleh sampai membatasi warga dalam beraktivitas sehari-hari.

Banyak masalah seperti pembuatan tembok pembatas atau bangunan lain tidak sesuai perjanjian. Makanya pada awal dibutuhkan komunikasi mendalam. Tentu supaya sebelum benar-benar dibangun, sudah disetujui warga.

Masalah lain yang akan dapat diatasi yakni soal kebersihan lingkungan sekitar. Pasti terdapat sampah atau limbah dari usaha tersebut. Harus memiliki sistem pembuatan tepat sesuai dengan SOP yang disetujui.

Melihat pentingnya alasan pembuatan SITU, tidak heran potensi biaya pembuatan surat izin tempat usaha bisa lebih banyak. Terutama dalam mengurus kepentingan lain sebelum mendaftar permohonan SITU Anda.

Proses Pembuatan Baru atau Perpanjangan

Dalam prosedur pengurusan surat izin tempat usaha, terdapat dua pilihan berbeda. Tidak lain apakah ingin mengurus sebagai surat baru maupun perpanjangan. Ternyata sekali membuat tidak bisa dipakai selamanya.

Hampir sama halnya seperti SIM, pasti ada batas waktunya untuk diperpanjang kembali. Terutama melihat kondisi setelah lama berdiri. Kualifikasi pasti bisa berbeda setelah 3 tahun masa berlaku SITU.

Nantinya dalam pembuatan baru, dokumen yang diperlukan untuk mengurus situ cenderung cukup banyak. Mulai dari berkas perusahaan, bumi bangunan dan sebagainya. Tapi bisa cepat selesai kalau detail menyiapkannya.

Baik antara perpanjangan maupun baru, tidak sampai satu minggu sudah jadi. Mungkin terlama memakan waktu 5 hari karena verifikasi terhambat. Kemungkinan besar 2-3 hari bisa berhasil jika tanpa ada gangguan.

Perlu diketahui kalau contoh sebelumnya yang telah disebutkan tidak baku. Dalam artian akan tergantung bisnis maupun keperluan Anda pribadi. Format bisa saja berbeda, tapi fungsi atau kegunaannya tetap sama.

Biasanya setelah melihat contoh, tetap terdapat kesulitan bagi pemohon. Terutama bagi Anda yang baru pertama kali mencoba mengurusnya. Tapi contoh surat izin tempat usaha tetap akan membantu mempermudah prosesnya.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.