Dokumen yang diperlukan untuk mengurus situ saat ini terbilang tidak sulit dilengkapi. Bahkan setiap pebisnis yang sedang berusaha membangun usahanya dengan mudah. Sudah dibuat lebih mudah tapi tetap rumit.

Tingkat kerumitan ini sendiri berhubungan dengan menyiapkan kesiapan bagi setiap pebisnis. Terutama berhubungan dengan persetujuan dengan pihak lain. Kadang terlalu lama memperolehnya karena tidak mau mengalah.

Inilah langkah penting dalam proses pembuatan surat izin tempat usaha tersebut. Kalau persetujuan gagal, maka tidak perlu khawatir. Melainkan masih dapat dibicarakan kembali untuk memperoleh persetujuan baru.

Disini memang butuh usaha cukup keras dan detail untuk mendapatkan dokumen atau berkas yang sulit. Berbeda dengan berkas milik perusahaan Anda. Bisa segera mengikutinya tanpa meninggalkan ketentuan badan hukum.

Dokumen yang Diperlukan untuk Mengurus Situ Terpenting

Dalam proses mengurus berkas ini, biasanya terdapat kesalahan mengira SIUP dengan SITU. Harus diingat kalau perbedaan SIUP dan SITU memang jelas. Tidak dapat disamakan sehingga pada SITU, ada dokumen khusus.

Contohnya berupa surat permohonan yang ditambah dengan formulir pembuatan. Surat permohonan sendiri diperoleh dari kantor kepala desa setempat. Dapat meminta bantuan kepala desa dalam mengurus permohonan.

Hal ini juga sama dengan formulir yang akan diserahkan. Usahakan untuk mengisinya dengan lengkap sebelum berangkat menuju kantor kades. Pastikan juga menyiapkan materai Rp. 6000 yang akan ditambahkan dalam permohonan.

Tidak kalah pentingnya, masukkan juga Surat Izin Gangguan atau HO. Namanya membangun tempat berbisnis, pasti sekitarnya terdapat warga masyarakat hidup. Harus meminta izin mereka untuk memperoleh HO.

Sebelum datang menuju kantor kades, Surat Izin Gangguan harus ada. Jadi, wajib mengurus HO sebelum SITU. Cara mengurusnya juga sama yaitu menuju kantor kepala desa untuk memperoleh keputusan warga setempat.

Supaya fungsi surat izin tempat usaha dapat terasa maksimal, tidak boleh meninggalkan Surat Keterangan Fiskal Daerah. Wajib Anda urus, bisa bersamaan dengan HO. pengurusan Fiskal bisa melalui Dinas Pendapatan Daerah.

Tambahan Berkas Properti dan Pengusaha

Dokumen yang diperlukan untuk mengurus situ di mana sudah kita siapkan sebelumnya tidaklah lengkap. Masih harus ditambah dengan sertifikat berhubungan dengan properti yang akan dipakai untuk industri bisnis.

Misalnya berupa akta sertifikat tanah yang harus jelas. Tidak lain sebagai bukti jika Anda memang menjadi pemilik tanah tersebut. Kalau berupa sewa atau kontrak, boleh menambahkan surat sewa bangunan.

Tambahkan juga informasi penting lainnya mengenai tanah berupa denahnya. Tidak boleh ketinggalan terdapat berita acara pemeriksaan lokasi bisnis. Bisa dilakukan dengan orang lain agar detail pemeriksaan yang dibutuhkan.

Dokumen penting lainnya berhubungan dengan tanah yakni IMB sebagai izin mendirikan bangunan. Tidak perlu menyerahkan bentuk aslinya pada pihak pengurus. Melainkan fotocopy, tapi tetap siapkan juga aslinya.

Supaya prosedur pengurusan surat izin tempat usaha berjalan lancar, tambahkan juga fotocopy KTP yang ditambah legalisir camat. Begitu juga pas photo orang yang bertanggung jawab atas pendirian bisnis.

Berkas terakhir yang dibutuhkan adalah fotocopy pajak reklame beserta pelunasan PBB. Maka dari itu mungkin biaya pembuatan surat izin tempat usaha cukup melimpah. Tapi seterusnya menjadi lebih terjangkau.

Syarat Khusus Kelolosan SITU Bisnis

Sebenarnya menyiapkan dokumen di atas tidaklah sulit dilakukan. Terlebih karena di internet juga banyak tersedia contoh surat izin tempat usaha. Bisa diikuti supaya mampu menerapkan verifikasi dan permohonan lengkap.

Selain itu perlu Anda ketahui sebenarnya terdapat beberapa syarat khusus yang dapat melancarkan permohonan. Terutama agar tidak gagal dan cepat jadi. Verifikasi tidak mengalami kegagalan karena syarat khusus tersebut.

Misalnya telah lolos K3 atau Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Sebelumnya wajib memastikan jika bangunan atau alat produksi aman dari sifat terbakar. Meski sudah aman sekalipun wajib ditambah alat pemadam kebakaran.

Sementara itu khusus untuk kesehatan, wajib memiliki otak P3K. Untuk yang lebih luas mungkin sifatnya seperti sistem pembuangan sampah bagus. Semua alat yang dipakai juga terhindari dari bahan kimia berbahaya.

Syarat khusus lainnya adalah bisa membuka lowongan pekerjaan setidaknya 30% bagi warga sekitar. Mungkin sebelumnya hal ini telah masuk sebagai persetujuan. Perlu dijalankan agar membuka lowongan pekerjaan baru.

Kalau memang terdapat syarat khusus dari suatu pihak, bisa konsultasi dengan ahli hukum. Contohnya berasal dari permintaan warga atau pihak lainnya. Jadi, dokumen yang diperlukan untuk mengurus situ bisa lengkap.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.