Panduan mengenai prosedur pengurusan surat izin tempat usaha sebelumnya tidak banyak dipahami oleh pebisnis. Tidak jarang juga kemudian meninggalkan sehingga terjadi masalah cukup buruk di kemudian harinya.

Padahal SITU memiliki fungsi yang sangat besar dalam berjalannya bisnis. Nantinya hanya dapat dikeluarkan sebuah badan hukum dari daerah Anda akan mendirikan. Sifatnya formal sehingga berbeda dengan perjanjian rakyat.

Surat izin tempat usaha harus melewati persyaratan serta ketentuan yang sudah diberlakukan. Tentu terdapat dalam Undang Undang yang telah berlaku. Penting menghindari penggunaan ketentuan bukan dari hukum.

Kalau Anda tertarik untuk membuatnya, harus mengikuti panduan yang benar. Selain itu tidak boleh melupakan mengenai penambahan syarat atau dokumen. Ditambah lagi mengenai trik supaya dapat cepat diterima permohonannya.

Syarat Penting Pembuatan SITU Terbaru

Panduan pertama disini adalah menyiapkan syarat beserta dokumen yang diperlukan untuk mengurus situ. Misalnya dokumen permohonan yang disini dengan lengkap. Selain itu wajib menambahkan lagi dengan materai.

Formulir beserta Surat Perizinan Gangguan (HO) juga akan dibutuhkan. Formulir tersebut dapat diperoleh di tempat Anda akan mengurus permohonan tersebut. Sementara itu kalau HO, mungkin tempatnya berbeda.

Surat rekomendasi dari kepala desa, camat beserta tambahan fiskal juga dibutuhkan. Untuk mendapatkannya tinggal menuju kantor kades. Sementara itu kalau fiskal pastinya hanya dapat Anda urus melalui Dispenda.

Nantinya berkas lain yang dibutuhkan yaitu berupa akta sertifikat tanah. Tapi harus dilengkapi dengan denah lokasi lengkap mulai dari jalan sampai bangunan lainnya. Begitu juga mengenai berita acara pemeriksaan.

Lalu akta mengenai pendirian juga dibutuhkan sebagai tambahan berkas. Termasuk berupa IMB beserta KTP dari pihak pemohonnya. Jangan lupa menambahkan foto dari sang pebisnis yang jumlahnya 4 lembar.

Bila melihat dari syarat yang diberikan, Anda juga harus memahami perbedaan SIUP dan SITU. Terkadang disamakan karena urusannya banyak serupa. Tapi sudah dipastikan kalau antara keduanya berlainan.

Panduan Prosedur Pengurusan Surat Izin Tempat Usaha

Kalau sudah menyiapkan syarat serta dokumen paling penting, masih harus menengok kelengkapan lagi. Mungkin saja ada beberapa poin masih belum ditambahkan. Perlu cek kembali agar tidak kekurangan data apapun.

Jika dipastikan lengkap, saat inilah prosedur pengurusan surat izin tempat usaha langsung dilaksanakan. Tidak lain dengan mengisi formulir beserta permohonan. Termasuk juga menambahkan lampiran perizinan warga.

Nantinya perlu menuju ke kantor kelurahan beserta camat untuk menyerahkan permohonan. Setelah itu SITU kemudian dialihkan lagi menuju kantor kabupaten. Disana pebisnis masih perlu melakukan registrasi serta pembayaran.

Kemudian proses verifikasi lanjutan akan dilakukan oleh petugas. Anda wajib mengikuti panduan mereka tanpa meninggalkan langkah penting. Jika ada panduan yang disarankan, bisa diikuti tanpa mempertimbangkan hal lain.

Kalau sebelumnya Anda berhasil mengumpulkan berkas lengkap, biasanya tidak butuh waktu lama untuk verifikasi. Paling tidak hanya 5 hari kerja sudah berhasil. Tapi mungkin berbeda jika terdapat hambatan.

Pastikan hambatan tersebut diselesaikan agar proses dan biaya pembuatan surat izin tempat usaha lebih minim. Setelah lolos verifikasi, formulir dialihkan kembali dan kemudian langsung diubah menjadi SITU.

Trik Agar Proses Pembuatan SITU Segera Disetujui

Agar dapat segera merasakan fungsi surat izin tempat usaha bagi bisnis, wajib menyelesaikan verifikasi dengan baik. Ada beberapa trik dapat diikuti supaya cepat selesai. Misalnya dengan menambahkan sektor keamanan.

Keamanan pada bisnis memang tidak boleh dilupakan para pengusaha. Sebelumnya bisa memastikan mematuhi kesehatan dan keselamatan kerja. Begitu juga persiapan alat pemadam kebakaran sampai obat penting.

Lalu, pastikan juga ketertiban pada bisnis terjaga secara sempurna. Contohnya mampu meletakkan barang produksi pada tempat seharusnya. Tidak boleh mengganggu transportasi maupun aktivitas penyaluran logistik.

Anda juga harus mengikuti jumlah jam kerja bagi para karyawan. Meski mungkin terdapat jam lembur, tapi harus manusiawi serta tidak bersifat memaksa. Ada aturan tersendiri di mana harus memanusiakan pekerja.

Supaya semakin sukses, lihat juga contoh surat izin tempat usaha yang sudah pernah lolos. Pasti terdapat informasi mengenai kebersihan, keamanan dan sebagainya. Bisa membantu Anda meloloskan SITU bisnisnya.

Kalau Anda mengikuti langkah tersebut, pasti tidak akan kesulitan. Tapi jika memang menemukan hambatan, bisa konsultasi ke pakar hukum atau sejenisnya. Tentu yang paham prosedur pengurusan surat izin tempat usaha.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.