Perkembangan usaha yang sedang dijalani akan mengarahkan Anda untuk cepat mengurus langkah mengubah izin usaha industri. Ini sangat penting mengingat industri yang berjalan saat ini membutuhkan prosedur yang lebih lengkap. Jadi, bagaimana cara mengubahnya?

Saat ingin mendirikan suatu usaha atau mengembangkannya lagi, pemilik usaha wajib untuk memiliki izin. Izin ini adalah semacam surat bahwa usaha sudah terdaftar dan dikeluarkan langsung oleh lembaga negara yang berwenang. Jadi, tidak mungkin bisa dimanipulasi.

Jenis usaha yang berbeda juga akan membutuhkan perizinan dan biaya pembuatan izin usaha industri yang tidak sama juga. Izin ini juga ditujukan untuk semua kegiatan yang berhubungan langsung dengan segala pabrikan yang mengolah bahan mental menjadi barang jadi.

Lantas, agar bisa memperolehnya, pemilik usaha harus mengikuti langkah pembuatannya. Namun, pasti ada saja yang memikirkan cara mudah untuk tidak membuatnya. Jika sudah demikian, risiko akan ditanggung sendiri dan kami menyarankan untuk membuatnya.

Apa Saja Langkah mengubah Izin Usaha Industri

Agar Anda bisa memperoleh Izin usaha industri, maka harus mengikuti seluruh proses pengurusan surat izin ini di lingkungan setempat. Untuk bisa mendapatkannya, sebuah badan usaha wajib berdiri di lokasi perindustrian dan tidak berdampak buruk pada lingkungan.

Lantas, nanti ada semacam survei lokasi dan inspeksi agar bisa memastikan kriteria itu dapat dipenuhi. Jadi, jika Anda sudah yakin bahwa kriteria tersebut sudah aman dan ingin segera mendapatkan izin usaha untuk industri Anda, maka yang dapat dilakukan antara lain:

  1. Tentukan Nama Usaha dan Bidang Pengerjaan

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa izin usaha itu memiliki sifat yang berbeda tergantung dengan apa yang mereka jalani. Jadi, bidang usaha ini yang akan menjadi bahan pertimbangan untuk prosedur pengurusan izin usaha industri nantinya.

Setelah mengetahui di bidang apakah usaha Anda bergerak, nantinya saat mengurus surat izin itu juga akan berisi nama usaha. Jadi, lebih baik ditentukan terlebih dahulu agar nantinya nomor perizinan dan nama usaha sudah resmi terdaftar legal.

  1. Menentukan Kelompok Usaha dalam Segi Biaya

Ketika sudah tahu di bidang apa usaha bergerak dan nama usahanya, maka langkah mengubah izin usaha industri ini akan memberikan Anda opsi modal. Ini harus diisi untuk melihat apakah bisnis yang akan dimasuki itu berada di kategori mana.

Apakah bisnis kelas kecil, menengah, atau skala besar. Untuk skala kecil, modalnya berkisar 50 hingga 500 juta, menengah dengan modal 500 juta sampai 10 miliar, dan skala tinggi minimal 10 miliar. Dan modal itu dihitung biaya untuk satu tahun.

  1. Melakukan Perhitungan Persentase Keuntungan

Saat Anda melihat contoh surat izin usaha industri (IUI), kami menjamin pasti Anda tidak asing dengan ada tabel perhitungan persentase keuntungan. Dan itu juga yang memang dibutuhkan untuk bisa mengurus perizinan untuk usaha yang dibangun.

Perhitungan persentase ini dihitung berdasarkan dua variabel, yaitu pemberi modal aktif dan pasif, dan keuntungannya akan dikurangi dua itu juga. Jadi, laba bersih yang harus Anda laporkan adalah keuntungan per tahun setelah kurangi modal.

  1. Buat Peta dan Denah Perusahaan

Untuk membuat surat izin juga, bisnis harus dilakukan dengan gambaran yang jelas mengenai tempat usaha itu akan dilakukan. Proses instalasi juga harus ada semacam blueprint agar nantinya tidak kebingungan saat ingin melakukan inspeksi.

Peta ini juga yang akan ada di halaman terakhir surat izin itu. Cara mengubah izin sebuah usaha ini dilakukan untuk membuktikan bahwa bisnis dikelola secara serius dan ketika ada masalah, tidak lagi perlu kebingungan untuk mencari tempatnya.

  1. Persiapkan Dokumen untuk Mengurus Perubahan Izin Usaha

Setelah semua itu selesai dan tercatat dengan baik, maka yang perlu dilakukan selanjutnya hanya dengan mengumpulkannya kepada pihak yang terkait. Lampirkan juga nomor pokok wajib pajak beserta syarat pembuatan izin usaha industri lain.

Jika ada sesuatu yang ingin diubah juga, perlu berikan keterangan apa yang harus diubah dan alasannya. Jika sudah jelas, maka selanjutnya tinggal menunggu hasilnya dan bisa segera melakukan kegiatan industri.Mengurus izin usaha adalah tugas dari biro jasa pengurusan izin usaha. Sehingga ketika ingin mengubahnya juga akan ada bantuannya. Tetapi jika Anda ingin mengurusnya sendiri, ikuti saja semua langkah mengubah izin usaha industri tersebut karena tidak sulit juga.

Konsuktasikan Dengan Justika, Jika Anda Merasa Bingung

Anda tentunya dapat berkonsultasi perihal langkah mengubah izin usaha industri tersebut dengan mitra advokat andal dan profesional Justika. Anda bisa memanfaatkan layanan hukum Justika lainnya, seperti Layanan Konsultasi Chat, Konsultasi via Telepon dan Konsultasi Tatap Muka.

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan Konsultasi Chat dari Justika. Anda hanya perlu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Langkah selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Kemudian  sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Dengan Konsultasi via Telepon, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 menit atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Sementara melalui Konsultasi Tatap Muka, Anda akan mendapatkan layanan untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan Mitra Advokat Justika selama 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.