Syarat pembuatan izin usaha industri, apakah Anda sudah tahu bahwa ternyata tidak mudah untuk mendapatkannya? Sebenarnya jika dibilang tidak mudah juga tidak. Yang penting Anda tahu apa itu surat izin usaha dan bagaimana prosedur untuk melakukannya dengan baik.

Perkembangan usaha bisnis maupun industri semakin cepat. Sebagai seorang penggiat bisnis, maka kesempatan ini juga yang harus Anda manfaatkan dengan baik untuk membangun bisnis. Tetapi yang perlu Anda ingat juga adalah, harus mengurus izin terlebih dahulu.

Jika pada satu momen ada pemeriksaan dan Anda tidak memiliki perizinan, maka industri Anda dapat terancam untuk ditutup. Jadi, tunggu apa lagi? Mulai sekarang, coba cari cara dan biaya pembuatan izin usaha industri menjadi yang legal dan terdaftar di instansi terkait.

Karena ini semua berlandaskan hukum, maka tidak ada alasan untuk Anda tidak mengurus perizinan. Tetapi sebelum melakukan itu semua, pembuatan izin usaha ini perlu mengajukan banyak hal ke lembaga lain juga. Dan semua syarat itu sudah ada dasar hukum resmi.

Dasar Hukum Syarat Pembuatan Izin Usaha Industri

Izin usaha industri memiliki fungsi sebagai boleh tidaknya seorang pribadi atau lembaga perusahaan melakukan kegiatan usaha atau industri dan pengolahan barang mentah menjadi barang jadi. Tidak peduli industri besar atau kecil, pokoknya wajib ada surat izin usaha.

Izin usaha ini diajukan kepada kantor pelayanan perizinan terpadu daerah tingkat 2, yaitu di kabupaten atau kota. Tetapi jika skala industri besar, maka perizinannya sudah ada di tingkat 1, di provinsi. Coba saja lihat yang mengesahkan di contoh surat izin usaha industri (IUI).

Perlu diketahui juga, semua itu sudah diatur dalam peraturan dan hukum yang berlaku saat ini. Dasar hukum izin usaha industri ini diatur dalam peraturan Menteri Perindustrian RI. Tepatnya di nomor 41 tentang ketentuan dan tata cara pemberian izin usaha industri.

Selain itu, dasar hukum selanjutnya juga ada pada UU tentang perseroan terbatas. Dimana untuk membangunnya, banyak syarat dan prosedur pengurusan izin usaha industri yang wajib dipenuhi terlebih dahulu. Mulai dari izin penanaman modal, hingga perluasan bisnis.

Lalu, dalam syarat ini juga yang sering pemilik usaha ini hindari. Ada yang kurang, bukannya langsung diurus, melainkan malah diabaikan hingga nantinya menjadi masalah baru. Lantas, ini semua ada kaitannya dengan syarat hingga izin usaha bisnis dapat diberikan surat izin.

Berikut Syarat Pembuatannya

Sebelum mendapatkan izin dari lembaga yang terkait, biasanya Anda akan diminta untuk mengumpulkan banyak hal. Disamping dokumen, masih ada syarat lain yang wajib dipenuhi terlebih dahulu. Jadi, apa saja yang wajib untuk dilakukan sebagai pemenuhan syarat?

Industri harus berusia lebih rendah dari 2 tahun sejak berdiri

Anda dapat mendapatkan surat izin ini dengan syarat ini tidak dilakukan setelah 2 tahun berdiri. Jika iya, prosesnya akan lebih sulit lagi dan akan melibatkan pihak eksternal. Sehingga buat lebih awal akan jauh lebih baik.

Kasus buruk yang terkait nama industri yang tidak banyak

Perusahaan yang banyak tertimpa kasus kebanyakan akan diberi label blacklist. Apa lagi jika langkah mengubah izin usaha industri itu dilakukan setelah banyak kasus yang menimpa. Instansi yang bertugas ketika melihat banyak kasus, langsung menolak.

Memiliki bukti bahwa perusahaan dibangun di tempat yang seharusnya

Perusahaan atau industri yang memenuhi syarat adalah yang membangun tempat aktivitas usaha itu di kawasan khusus industri. ini diambil dengan tujuan untuk tidak mengganggu aktivitas dan kegiatan orang lain.

Tidak Membahayakan Lingkungan

Untuk mendapatkan izin usaha, nanti ada yang bertugas untuk menjadi penanggung jawab. Penanggungjawab itu juga harus menjamin kebersihan lingkungan akibat aktivitas pabrik itu. Jangan sampai aktivitas industri merusak lingkungan sekitar.Ada banyak syarat yang wajib dipenuhi untuk mendapatkan izin. Tetapi syarat ini ditujukan agar memberantas oknum yang cenderung rakus. Jadi, syarat pembuatan izin usaha industri itu harus dipenuhi terlebih dahulu agar nantinya mendapat surat izin yang resmi.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.