Di tengah kesibukan untuk mengembangkan bisnis, jangan lupakan bahwa Anda perlu untuk melihat contoh surat izin usaha industri (IUI) yang benar. Karena ketika bisnis akan dibuka, surat ini diperlukan untuk membuktikan bahwa Anda sudah mengantongi surat legal.

Perkembangan usaha ini selalu membuat bisnis menjadi menarik untuk diikuti. Ketika melihat suatu usaha yang sukses juga, maka akan ada keinginan untuk mengikuti jejaknya. Tetapi semua itu membutuhkan proses, dan langkah pertamanya adalah buat surat izin dulu.

Jika hanya mengubah surat izin sementara Anda sudah memiliki izin usaha sebelumnya maka ikuti saja langkah mengubah izin usaha industri. Proses itu lebih gampang dan tidak perlu memulainya dari awal. Tetapi ketika berbicara soal bisnis baru, banyak yang diperlukan.

Agar Anda bisa mendapatkan izin usaha ini, tidak mungkin lembaga yang berwenang asal memberikannya saja. Karena takutnya, perilaku seperti itu akan membuat lingkungan dan sumber daya menjadi rusak. Jadi, pastikan Anda mendapatkan surat izin usaha legal.

Untuk dapat mengatakan bahwa surat izin yang sedang dibuat itu legal, tentu saja ada syarat yang harus dipenuhi. Jika Anda mencari contoh surat ini juga, pastikan detail yang diperlukan lengkap karena kurang satu saja kemungkinan besar bisa ditolak dan tidak bisa diproses.

Sering juga orang mengabaikan peran surat izin ini ketika mencari tahu apa saja yang diperlukan saat menulis permohonan pembuatan perizinan itu. Jadi, dokumen yang sangat dibutuhkan untuk mengurus izin sesuai undang-undang adalah:

  1. Fotokopi data pribadi
  2. Akta pendirian perusahaan yang disahkan oleh Menteri Hukum dan HAM.
  3. Untuk penanaman modal asing, akta pendirian yang disahkan oleh Badan Koordinasi penanaman Modal (BKPM)
  4. Fotokopi Nomor Pokok wajib Pajak
  5. Detail lokasi seperti desa, kecamatan, kabupaten atau kota, dan provinsi
  6. Penggambaran denah lokasi industri
  7. Syarat pembuatan izin usaha industri juga harus berada di lokasi khusus industri
  8. Surat izin yang lengkap dan telah disahkan oleh lembaga setempat
  9. Berisi perencanaan pembangunan sarana dan prasarana
  10. Menjelaskan apa saja instalasi yang dibutuhkan
  11. Tidak menganggu aktivitas orang di sekitar
  12. Tidak membahayakan lingkungan
  13. Melampirkan bukti pembayaran biaya pembuatan izin usaha industri
  14. Lampirkan formulir permohonan, fotokopi Surat Izin Mendirikan bangunan (SIMB), dan surat rekomendasi camat wilayah setempat

Surat Izin Usaha Industri Tidak Disetujui Jika

Meskipun Anda tahu apa yang harus dilakukan agar nantinya yang harus ada di dalam surat izin usaha itu, semuanya tidak akan berguna jika Anda tidak mengetahui jika izin usaha tidak disetujui. Jadi, apa saja bahan pertimbangan dari lembaga yang bersangkutan itu?

Lampiran dan Dokumen yang Dikumpulkan Tidak Lengkap

Yang pertama adalah jika lampiran dan dokumen yang dikumpulkan itu tidak lengkap atau ada kesalahan. Maka saat itu juga prosedur pengurusan izin usaha industri akan dihentikan. Jadi, pastikan dulu sudah menulis dengan lengkap dan tepat juga.

Industri Membahayakan

Jenis industri juga menjadi pertimbangan apakah dapat disetujui atau tidak. Jika sebuah industri merupakan tempat yang mengolah barang bagus, tetapi prosesnya menghabiskan bahan beracun dan berbahaya, maka surat izin tidak bisa diberikan.

Merupakan Industri Persenjataan dan Amunisi

Contoh surat izin usaha industri (IUI) tidak pernah ada yang berhubungan dengan senjata. Karena setiap ada industri yang akan membangun teknologi seperti itu, akan langsung ditolak dan tidak diberikan kesempatan untuk membangun pabriknya.

Industri Minuman Beralkohol

Surat izin usaha industri juga tidak berlaku untuk pabrikan yang memproduksi minuman beralkohol. Alasannya adalah, itu berada di luar wewenang lembaga biasa. Untuk bisa memproduksi minuman beralkohol, perizinannya lebih kompleks lagi.

Lokasi Tidak di Kawasan khusus

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa lokasi menjadi salah satu pertimbangan juga untuk memberikan izin. Lokasi untuk contoh IUI adalah yang diizinkan adalah yang bertempat di kawasan khusus.Mendapatkan tempat khusus di tengah kota tidak langsung menjadi kesempatan Anda untuk membangun industri. Karena lokasi juga merupakan syarat pemberian izin. Coba lihat saja pada contoh surat izin usaha industri (IUI), lokasinya selalu di kawasan khusus industri.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.