Membahas soal biaya memang tidak ada habisnya, termasuk ketika mencari tahu seberapa besar biaya pembuatan izin usaha industri. Keperluannya memang cukup banyak sehingga melihat total yang diperlukan, ini cukup masuk akal untuk bisnis yang berjalan lancar.

Kesibukan membangun usaha harus diimbangi juga dengan proses pembuatan surat izin usaha. Karena jika tidak memiliki ini, maka usaha yang dibangun itu dikatakan ilegal. Bahkan, dalam beberapa kasus ada yang langsung ditutup paksa karena usaha tidak ada izin.

Alasan yang paling sering dikatakan soal pembuatan izin ini adalah terkait biayanya. Benar, salah satu syarat pembuatan izin usaha industri adalah pemilik usaha harus membayar biaya dengan nominal tertentu terlebih dahulu agar proses pembuatan izin dapat berjalan.

Padahal, untuk memproses surat izin ini akan sangat berdampak pada jalannya usaha. Pemilik usaha yang serius akan mengelola semuanya dengan baik agar dapat menjamin akan berjalan untuk waktu yang lama. Jadi, kira-kira apa saja yang diperlukan untuk biaya tersebut?

Berapa Biaya Pembuatan Izin Usaha Industri?

Salah satu hambatan yang paling sering dijadikan alasan orang untuk membuat izin usaha industri adalah soal biaya. Padahal, menurut Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, seluruh biayanya itu gratis, alias tidak bakal dipungut biaya.

Tentu saja ini diluar dari perhitungan biaya NPWP, Akta dan notarisnya, surat izin membangun dan dokumen lainnya. Pada saat mengurus nanti, biaya dalam pembuatan izin usaha hanya membayar uang materai senilai 10 ribu rupiah, dan ini telah diatur dalam undang-undang.

Apalagi dalam lampiran Perka BKPM Nomor 13 tahun 2017, bagi siapa saja yang meminta bayaran itu adalah satu tindakan yang ilegal. Seseorang hanya perlu membayar biaya materai senilai 10 ribu rupiah saja di samping keperluan fotokopi, karena itu pengeluaran sendiri.

Seluruh prosedur pengurusan izin usaha industri tidak memerlukan banyak hal yang perlu dimasukkan ke dalam perhitungan biaya. Jadi, ketika ada oknum yang meminta biaya lebih, kementerian PANRB menyediakan layanan pengaduan yang bisa dicari saja di Internet.

Jadi ingat, biayanya gratis sehingga tidak ada lagi alasan untuk menghindari pembuatan izin usaha industri. Bahkan jika Anda menggunakan alasan waktu, itu tidak masuk akal karena waktu penyelesaian Surat Izin usaha industri hanya membutuhkan paling lama 4 hari.

Keperluan Lain Untuk Pembuatan Surat

Sebelumnya yang dikatakan itu hanya soal biaya di kantor lembaga itu berlangsung. Tetapi secara keseluruhan, ada proses lain lagi yang menentukan apakah Anda bisa mendapat surat izin itu atau tidak. Dan bagaimana pun, proses ini membutuhkan sedikit biaya lagi.

Coba Anda lihat apa saja yang ada di contoh surat izin usaha industri (IUI), satu hal yang akan Anda sadari adalah bahwa banyak keperluan eksternal juga. Mengisi formulir hingga pengiriman adalah hal internal, tetapi keperluan eksternal yang butuhkan biaya adalah:

Survey Lapangan

Biaya yang perlu dikeluarkan adalah biaya survey lapangan. Salah satu pengujian hingga bisa mendapatkan surat izin adalah tempat kerja atau industri yang tidak membahayakan lingkungan. Dan untuk memastikan itu, pasti akan ada survey.

Langkah mengubah izin usaha industri adalah dengan Tim khusus dikerahkan apakah kawasan industri itu bisa saja membahayakan lingkungan. Dan mereka yang akan memberikan surat keterangan bersih atau tidak. Seperti jasa lain, ada biayanya.

Pajak per Modal

Pajak adalah salah satu sumber pendapatan negara yang wajib kita sebagai warga negara bayar. Dan pajak yang perlu dibayar suatu jenis industri ini juga berbeda. Besaran pajak itu diukur berdasarkan pendapatan dan modal industri tersebut.

Biaya pembuatan itu dibagi 3, yaitu untuk pemilik modal rendah yang dibawah 500 juta, kelas menengah di antara 500 juta hingga 10 Milyar, dan modal tinggi diatas 10 Milyar. Jadi, besaran pajak akan ditentukan berdasarkan modal.

Pemungutan Retribusi

Retribusi bagaimana pun masih menjadi satu hal yang perlu dibayar. Memang itu bukan satu kegiatan yang wajib, tetapi pemungutan retribusi dari kepala bidang ini bisa sebagai bentuk terima kasih. Jadi, nominalnya juga Anda yang tentukan.Hingga saat ini, kita masih sering melihat bentuk pelanggaran berupa surat perizinan yang tidak dibuat. Padahal, jika seseorang melakukan hal seperti itu, risikonya jauh lebih besar. Apalagi biaya pembuatan izin usaha industri ini hanya perlu membayar uang materai.

Konsultasikan Permasalahan Bisnis Dengan Justika

Saat ini Anda dapat berkonsultasi dengan Mitra Advokat terkait permasalahan bisnis, dimana saja. Dengan menggunakan Layanan Bisnis Justika, Anda dapat berkonsultasi tanpa harus mendatangi Kantor Advokat.

Kenapa Justika? Justika merupakan platform konsultasi hukum terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia, dengan Mitra Advokat yang tergabung memiliki pengalaman lebih dari 5 (Lima) tahun. Khususnya dalam bidang bisnis, maka permasalahan Anda dapat dibantu dan diselesaikan secara profesional.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman Justika.