Membahas soal syarat, langkah, hingga cara, tidak akan lengkap jika tidak membahas prosedur pengurusan izin usaha industri untuk bisnis yang sedang dikembangkan. Jadi, apa saja yang bisa terjadi jika kita tidak mengurusnya dan tahapan pengurusan izin usaha.

Sebagaimana yang kini sedang banyak disosialisasikan, salah satu peraturan menteri yang menekankan tentang perizinan usaha ini membuat kesadaran orang untuk mengurus izin usaha semakin tinggi juga. Dan ini adalah langkah yang baik untuk suatu badan industri.

Setiap pelaku usaha sejatinya wajib memiliki izin usaha industri yang resmi. Izin ini dikeluarkan berdasarkan bidang yang sedang diikuti dan diajukan ke lembaga tertentu. Mulai dari pelaku industri kecil, menengah, dan besar wajib ikuti prosedur mengurus izin usaha.

Hal ini juga berlaku untuk investasi, dan dihitung berdasarkan jumlah produksi, jumlah karyawan, dan modal. Lantas, seperti ada prosedur pengurusan ini masih banyak yang tidak tahu. Tetapi yang wajib diketahui dulu adalah situasi jika tidak memiliki izin usaha.

Bagaimana Jika Bisnis Tidak Mengikuti Langkah Mengubah Izin Usaha Industri?

Semua usaha wajib memiliki izin yang jelas, dan ini yang tadi kami tekankan. Karena setiap bisnis yang memiliki modal lebih dari 5 juta, wajib sudah mengantongi izin agar nantinya tidak terdampak masalah. Benar, akan ada masalah jika bisnis tidak memiliki izin, seperti:

  1. Tidak Akan Mendapatkan Bantuan

Ketika ada suatu kendala usaha, biasanya pelaku bisnis akan mendapat dampak yang besar, dan sering juga membutuhkan bantuan bisnis. Sehingga syarat pembuatan izin usaha industri yang dilakukan dengan baik akan memberikan efek yang bagus.

Pemerintah hanya akan memberikan bantuan kepada instansi yang terdata jelas. Mulai dari skala kecil maupun besar bisa mendapat bantuan permodalan atau ketika ada masalah global. Jika tidak terdaftar, jangan harap untuk mendapatkannya.

  1. Tempat dan Fasilitas Usaha Dapat Disita

Ketika bisnis dilaporkan melakukan kecurangan, dan saat itu juga akan datang lembaga resmi yang akan memeriksa. Dan percaya atau tidak, contoh surat izin usaha industri (IUI) adalah hal pertama yang diperiksa oleh mereka terlebih dahulu.

Jika mereka mendapatkan fakta bahwa tidak ada surat izin yang terdata, maka siap-siap saja tempat dan fasilitas usaha yang selama ini menjadi tempat jalannya aktivitas produksi akan disita. Jangan berharap juga bahwa ini semua akan dikembalikan.

  1. Denda

Denda selalu menjadi solusi paling umum untuk segala pelanggaran. Denda ini bukan bertujuan untuk menambah keuntungan pribadi, melainkan ini agar industri lebih mengikuti prosedur mengurus izin usaha tanpa berbuat curang.

Denda bukan hanya soal uang yang menjadi dendanya, melainkan bisa ditutup untuk sementara. Jadi, secara keseluruhan denda ini bertujuan untuk mendisiplinkan orang untuk tidak melawan hukum yang sudah ada, dan data didapat dengan mudah.

Berikut Prosedur yang Benar

Agar Anda bisa mengurus izin usaha industri di kantor lembaga IUI, maka disarankan untuk mengikuti semua prosedurnya dengan rapi dan benar. Mengurus izin usaha ini mungkin akan melewati beberapa tahapan. Tetapi prosedur yang paling mudah antara lain:

  1. Kunjungi Tempat Pelayanan
  2. Mendatangi ruang khusus pelayanan perizinan usaha
  3. Menyerahkan dokumen yang diperlukan di kantor tersebut
  4. Melakukan penjelasan keterangan kepada petugas
  5. Memberikan paparan tentang kerangka kerja
  6. Menyetujui kapan waktu untuk melakukan survei lokasi
  7. Tanda Tangan untuk surat persetujuan
  8. Melakukan survei lokasi pada tanggal yang dilakukan
  9. Jika diterima, maka lakukan pengesahan akta di depan notaris
  10. Selesaikan biaya pembuatan izin usaha industri
  11. Simpan

Cara itu merupakan cara biasa, tetapi apakah Anda ingin melakukan prosedur pengurusan izin usaha industri yang lain, maka online bisa dijadikan pilihan. Kini, sudah ada laman khusus untuk mendaftar dan lebih canggih. Caranya adalah:

  1. Kunjungi situs www.oss.go.id
  2. Pada halaman utama, pilih menu “daftar”
  3. Isi form registrasi
  4. Buka email yang dimasukkan pada form registrasi
  5. Verifikasi pendaftaran
  6. Lampirkan semua dokumen yang diperlukan
  7. Tunggu 2-3 hari kerja dan surat izin usaha dapat diambil di kantor terdekat

Jika Anda masih mengabaikan peran dari surat izin usaha, maka siap-siap aja hadapi resikonya. Tidak sulit untuk melakukan pengurusan izin usaha, apalagi ada sistem online. Jadi, Anda harus segera melakukan prosedur pengurusan izin usaha industri sekarang juga.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.