Apa itu delik tentunya harus diketahui secara jelas untuk memastikan Anda paham dengan pengertiannya. Delik merupakan sebuah perbuatan yang bertolak belakang dengan seluruh peraturan perundang-undangan berlaku di negara Indonesia.

Perlu diketahui bahwa delik berasal dari bahasa latin, yaitu delictum dengan mengambil bahasa Jerman. Dalam bahasa Prancis, biasa disebut delit, sedangkan Belanda menyebut delict untuk menyebut pelanggaran terhadap UU.

Ada banyak macam macam delik yang sudah dikategorikan secara baik karena perbuatan dapat dikenakan hukuman setelah menyalahi aturan. Hukuman berupa tindak pidana akan diberikan kepada semua pelanggar terkait.

Sama seperti orang melanggar peraturan perundang-undangan pada umumnya, proses hukum akan dijalankan secara adil. Ini membuat semua orang harus paham bahwa kasus pelanggaran di setiap negara pasti selalu ada.

Untuk memahami lebih lanjut tentang delik dan bahayanya, berikut ini kami berikan penjelasan secara lengkap. Langsung saja ikuti pembahasan ini sekarang agar tahu arti delik secara luas tanpa salah paham.

Apa Itu Delik, Apakah Termasuk Bahaya?

Jika berbicara mengenai delik, tentu saja sangat bahaya karena kejahatan dilakukan terhadap tubuh, nyawa, dan sebagainya. Semua pelaku pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan pasti tidak menyangka bahwa melanggar aturan membahayakan.

Dari jenis jenis delik yang harus diketahui nantinya, tentu Anda perlu memahami bahwa pelanggaran akan memberikan dampak secara luas. Sudah pasti dampak buruk akan diterima setiap pelaku kejahatan dan lainnya.

Proses penegakkan pada kasus delik tentu harus dilakukan secara adil sesuai dengan aturan yang berlaku. Tentu saja perkara pidana diproses tergantung pada jenis pelanggaran dilakukan oleh seorang tertentu.

Apabila penasaran terhadap cara memproses hukum perkara yang terjadi, tentu harus tahu aturannya. Mengingat jenis pelanggaran sangat banyak terjadi khususnya di Indonesia harus Anda ketahui cara memproses pidana dengan benar.

Delik umum misalnya selalu mengganggu kepentingan setiap masyarakat secara umum dapat diselesaikan dengan proses peradilan. Secara sederhana, selama proses peradilan berlangsung tentu pelaku dikenakan sanksi pidana agar tidak melakukan kembali. 

Hukum pidana tidak hanya memiliki dimensi publik, tetapi juga bersifat privat seperti keberadaan delik yang menjadi salah satu bukti nyata. Secara umum pelanggaran diselesaikan secara cepat dengan mengikuti proses hukum.

Kemudian delik pidana menurut ketentuan pasal 12 ayat 4 KUHP hanya diberlakukan bagi pidana pokok. Penjara dalam waktu tertentu adalah hukuman yang harus dijalani ketika proses hukum sudah berjalan.

Hukuman ini harus dijalani untuk menggantikan kerugian akibat pelanggaran terhadap perundang-undangan. Meskipun sudah diatur pada KUHP secara lengkap, sayangnya di lapangan masih banyak kasus penyelewengan yang tidak sesuai ketentuan.

Proses Menyelesaikan Jenis Pelanggaran Aduan

Apa itu delik aduan merupakan tindakan pelanggaran yang hanya diproses apabila seseorang merasa menjadi korban serta dirugikan. Polisi tidak bisa memberikan inisiatif dalam menindaklanjuti pelanggaran aduan karena bisa berdamai.

Syarat proses penyelesaian aduan tidak perlu mengikuti hukum berjalan setelah kedua belah pihak mampu berdamai. Tentu damai harus disepakati agar terhindar dari kasus pelanggaran kembali di masa mendatang.

Contoh delik aduan terdapat pasal 284, 287, 293, 310, 322, 332, serta 369 KUHP yang berlaku di Indonesia. Semua pihak harus dituntut secara benar sesuai aturan, sehingga tidak bisa seenaknya.

Pengaduan dapat diajukan hanya dalam tenggat waktu enam bulan lamanya setelah laporan dibuat pertama kali. Sebaiknya setelah kejahatan terjadi segera melakukan pengaduan agar proses hukum bisa berjalan baik.

Pasal 75 KUHP menyatakan sebuah aduan berhak dicabut dalam jangka waktu tiga bulan setelah diajukan. Tentunya pengaduan yang dicabut tidak boleh diajukan kembali, karena sudah dianggap damai di mata hukum.

Kasus pelanggaran harus dihindari mulai dari sekarang jika Anda tidak ingin diproses melalui jalur hukum. Mengingat semua pelanggaran tidak ada yang memberikan dampak positif, sehingga wajib secara baik.

Diatur dalam peraturan perundang-undangan, semua pelanggaran bisa diselesaikan dengan adil. Jangan khawatir jika ingin mengetahui macam-macam dari pelanggaran aturan secara lengkap akan dijelaskan pada pembahasan selanjutnya nanti.Setelah paham arti delik sebagai pelanggaran yang bisa membuat kerugian banyak pihak, jangan sampai terjadi pada Anda. Memahami apa itu delik beserta aturan yang ada tentu bisa menambah wawasan hukum.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.