Dalam hal perceraian, salah satu yang penting dan banyak diketahui adalah mengenai surat cerai. Dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai surat cerai dengan lengkap dan rinci.

Apa Itu Surat Cerai?

Surat cerai adalah surat gugatan yang diajukan oleh istri atau surat talak yang diajukan oleh suami. Suami istri yang ingin mengajukan perceraian akan datang ke pengadilan agama atau negeri dengan membawa persyaratan yang dibutuhkan. Salah satunya dokumen yang dibutuhkan adalah surat cerai.

Perlu diketahui bahwa “surat cerai sama dengan surat gugatan cerai” yang mana diperlukan ketika Anda ingin mengajukan cerai ke pengadilan agama atau negeri.

Syarat Mengurus Surat Cerai

Langkah berikutnya yaitu menyiapkan berbagai jenis dokumen sebagai persyaratan dalam mengurus surat cerai. Ada banyak dokumen yang harus disiapkan antara lain sebagai berikut:

  • Surat pernikahan yang dikeluarkan dari KUA Asli
  • Salinan surat nikah dalam bentuk fotokopi
  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk) pihak penggugat
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi akta kelahiran anak apabila sudah memiliki anak
  • Surat keterangan dari kelurahan setempat
  • Materai

Cara Mengurus Surat Cerai

1. Cara mengurus surat cerai gratis

Cara mengurus surat cerai gratis 2022 bisa menjadi salah satu alternatif ketika Anda ingin melakukan perceraian jika terkendala dengan biaya. Cara mengurus surat cerai gratis bisa dilakukan ketika Anda melakukan perceraian tanpa bantuan pengacara. Sehingga biaya yang dikeluarkan juga lebih terjangkau. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Siapkan dokumen

Pertama dengan menyiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan seperti surat nikah asli, salinannya, salinan fotokopi penggugat, surat keterangan dari kelurahan, salinan KK, salinan akta kelahiran jika sudah memiliki anak dan materai.

Anda juga bisa memasukkan dokumen tambahan jika ingin mengajukan tuntutan harta gono gini seperti berkas sertifikat tanah atau surat lainnya seperti BPKB.

2. Daftar ke pengadilan

Selanjutnya dengan mendaftarkan gugatan cerai tersebut ke pengadilan agama atau negeri. Gugatan yang diajukan ke PN yang daerah hukumnya meliputi tempat kediaman tergugat. Sedangkan gugatan diajukan ke PA di daerah hukum yang meliputi tempat kediaman istri.

3. Siapkan biayanya

Siapkan beberapa biaya yang dibutuhkan yang biasanya setiap pengadilan negeri atau agama akan memberikan biaya yang berbeda-beda juga. Biasanya jenis biaya yang dibutuhkan seperti biaya panjar perkara, biaya pencatatan perceraian, materai dan lainnya.

2. Cara Mengurus Perceraian Dari Pihak Suami

Tidak ada perbedaan cara mengurus surat cerai pihak suami maupun istri, namun proses cerai paling cepat dengan menjatuhkan talak kepada istri, baik membuat surat talak atau mengatakan secara langsung.

Setelah suami menjatuhkan talak kepada istri secara hukum agama sudah sah bercerai, namun tidak secara hukum negara. Lalu apabila seorang suami sudah menjatuhkan talak, maka selanjutnya bisa mengurus gugatan cerai di pengadilan agama atau pengadilan negeri.

3. Cara Mengurus Surat Cerai Online

1.  Menggunakan e-Litigation dari e-Court


Online adalah cara mengurus surat cerai dengan cepat karena tidak memerlukan pengurusan langsung atau antre di pengadilan. Untuk mengurus surat cerai online ini Anda dapat menggunakan aplikasi e-court yang dimiliki oleh Mahkamah Agung.

Pada aplikasi ini, Anda bisa melakukan pendaftaran perkara, taksiran biaya panjar perkara, metode pembayaran, pemanggilan, dan juga persidangan secara lengkap. Yang bisa menggunakan aplikasi ini adalah advokat dan pengguna lain seperti perseorangan, kementerian, BUMN, kejaksaan, dan lainnya.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengirimkan berkas secara online sehingga tidak perlu menggunakan kertas pada umumnya. Semuanya dilakukan secara online sehingga lebih cepat dan tidak mudah terkendala.

2. Sidang Dilaksanakan Secara Daring


Keuntungan dari menggunakan cara ini adalah sidang bisa dilakukan secara daring yaitu menggunakan HP ataupun laptop. Jadi, sidang dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja tanpa harus keluar rumah.

Hal ini juga menjadi sebuah cara mengurus surat cerai gratis karena tak memerlukan transportasi untuk bolak-balik rumah-pengadilan. Jika dahulunya proses perceraian itu dilakukan hingga memakan waktu 6 bulan kini bisa hanya 2 bulan saja.

Semua berkas seperti surat pemanggilan kehadiran sidang dan lain sebagainya dikirimkan melalui email penggugat maupun tergugat. Anda tak memerlukan pendampingan dari banyak orang seperti sidang pada umumnya melainkan bisa sendiri di rumah.

3. Tetap ada Sidang Tatap Muka 3 Kali


Tetapi, yang namanya sidang perceraian secara online itu tak semuanya dilakukan dengan media internet saja. Melainkan penggugat dan tergugat tetap harus datang sidang tatap muka sebanyak 3 kali terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan untuk berbagai hal. Untuk sidang yang pertama adalah untuk upaya mediasi antara kedua belah pihak. Pada sidang ini juga Anda harus menyerahkan 3 dokumen yaitu surat kuasa, surat gugatan, dan juga surat persetujuan.

Biasanya untuk mediasi diberikan waktu 30 hari atau 1 bulan. Jika tidak damai maka lanjut ke sidang ketiga tatap muka untuk menawarkan sidang online karena didaftarkan dengan cara online. Jika setuju, tergugat harus menandatanganinya.

4. Cara Mengurus Surat Cerai Tanpa Buku Nikah

1. Membuat Dokumen Pengganti

Pertama, cara untuk mengurus surat cerai tanpa buku nikah disini kita perlu membuat dokumen pengganti berupa Duplikat Akta Nikah. Seperti kita ketahui tidak boleh ada pengganti selain itu. Jadi, Anda harus bersabar meski ingin segera melaksanakan sidang perceraian.

Sebenarnya hal ini untuk menghindari masalah hukum istri menikah lagi tanpa surat cerai. Begitu juga para suami yang sering melakukan hal serupa. Kita dapat menghindari permasalahan hukum yang tidak seharusnya.

2. Menyiapkan Dokumen Pembuatan

Bagi penduduk yang beragama non-muslim, permohonan penerbitan kembali kutipan akta perkawinan yang hilang dapat dilakukan pada Kantor Catatan Sipil di mana perkawinan dilangsungkan, dengan membawa dokumen-dokumen pendukung sebagaimana disebutkan di atas.

Sedangkan bagi penduduk yang beragama Islam, permohonan penerbitan kembali Buku Nikah dilakukan ke KUA Kecamatan dimana perkawinan dilaksanakan dengan membawa Surat Keterangan Hilang dari Kepolisian.

3. Proses Pembuatan

Untuk cara mengurus surat cerai tanpa buku nikah selanjutnya yaitu dengan proses pembuatan. Proses pembuatan yang dilakukan biasanya tidak butuh waktu lama. Melainkan Anda hanya perlu menunggu sekitar 1 minggu.

Tapi sebenarnya 1 minggu adalah waktu rata-rata yang dialami oleh semua pemohon. Jadi, tidak menutup kemungkinan untuk 1 hari saja sudah jadi. Tergantung dengan antrian yang ada.

4. Gugatan

Bila sudah memiliki duplikat akta nikah, Anda bisa langsung melakukan permohonan gugatan cerai ke pengadilan yang berwenang dengan melengkapi dokumen lain yang dibutuhkan.

5. Jika Tidak Terdaftar KUA

Saat ini memang sering muncul pertanyaan jika pernikahan ternyata tidak terdaftar KUA. Baik berupa tanggal maupun data suami dan istri.

Tapi bila Anda seorang muslim, maka bisa meminta pengajuan permohonan Isbat Nikah. Disebut juga sebagai pengesahan Nikah dan diperoleh lewat Pengadilan Agama.

Harus diketahui kalau Anda ingin mencoba cara menikah lagi tanpa akta cerai, mungkin bisa lebih rumit. Jadi, disarankan untuk mengurus dokumen ini dengan baik. Akhirnya terbukti kalau memang sudah bercerai.

Bila terdapat masalah atau ganjalan, Anda bisa menyelesaikan langsung lewat pengadilan. Tentu dengan dampingan advokat sehingga lebih jelas.

Baca juga: Cerai Talak: Dasar Hukum, Syarat Permohonan Hingga Prosedurnya

Bisakah Mengurus Surat Cerai Namun Beda Provinsi Dengan Pasangan?

Jika istri bertempat tinggal di luar negeri, maka gugatan diajukan ke PA yang daerah hukumnya meliputi tempat kediaman tergugat (suami).

Jika keduanya bertempat tinggal di luar negeri, maka gugatan diajukan ke PA yang daerah hukumnya meliputi tempat perkawinan mereka dilangsungkan atau kepada PA Jakarta Pusat.

Kecuali tempat kediaman tergugat tidak jelas atau tidak diketahui atau tidak mempunyai tempat kediaman yang tetap atau tergugat berada di luar negeri, gugatan diajukan di pengadilan tempat kediaman penggugat.

Bagaimana Jika Akta Cerai Hilang?

Akta cerai adalah bukti bahwa Anda sudah resmi bercerai secara agama dan negara yang mana akta cerai tersebut dikeluarkan oleh pengadilan. Akta cerai juga akan dibutuhkan ketika Anda ingin mengurus tuntutan mengenai harta gono gini hingga tunjangan anak dari istri atau suami. Sehingga dokumen ini termasuk dokumen yang penting.

Akan tetapi bagaimana jika akta cerai tersebut hilang? Maka Anda perlu tahu cara mengurus kembali akta cerai yang hilang

1. Datang Ke Kantor Polisi Setempat

Dalam artian Anda wajib datang ketempat dimana akta cerai tersebut hilang. Setelahnya Anda hanya perlu meminta ke petugas kepolisian untuk dibuatkan surat info kehilangan akta cerai.

2. Datang ke kantor desa atau kelurahan

Masing-masing membuat surat pernyataan tidak pernah menikah kembali sejak perceraian.

3. Sampaikan Dengan Pihak Pengadilan

Langkah terakhir adalah dengan menyampaikan semua dokumen yang telah dilengkapi sebelumnya ke pengadilan dan menuruti instruksi-arahan yang diberi oleh pihak pengadilan.

Bagaimana Jika Hanya Ada Satu Buku Nikah Saat Mengurus Surat Cerai?

Pada dasarnya untuk mengajukan perceraian yang penting adalah mengenai alasan perceraian. Sehingga bisa dikatakan yang menjadi syarat utama terjadinya perceraian adalah adanya alasan yang cukup kuat yang mendasari perceraian tersebut.

Sedangkan untuk buku nikah sendiri adalah persyaratan administratif ketika hendak mengajukan gugatan cerai. Sehingga jika Anda tidak memiliki buku nikah saat mengurus gugatan cerai, maka bisa menggunakan duplikat buku nikah.

Bagaimana Cara Melakukan Proses Cerai Paling Cepat?

Pertama adalah dengan menyiapkan syarat administrasi yang dibutuhkan. Setelah itu Anda bisa mengikuti beberapa proses dibawah ini:

1. Membuat Surat Gugatan

Dalam membuat surat gugatan ini, apabila anda menggunakan kuasa hukum, maka anda dapat meminta untuk membuat surat gugatan tersebut. Isi gugatan surat tersebut meliputi:

  • Identitas lengkap suami dan istri yang terdiri dari nama lengkap, tempat tinggal, umur maupun pekerjaan.
  • Alasan Gugatan berisikan fakta kejadian maupun keterangan memohon gugatan
  • Tuntutan maupun permohonan hukum (petitum) yang diminta oleh penggugat agar dapat dikabulkan oleh hakim

2. Siapkan Biaya Perceraian

Biaya perceraian tiap pengadilan dan pasangan ini akan berbeda, tergantung kebijakan dari pengadilan setempat. Biaya ini terdiri dari biaya administrasi, pendaftaran perkara, redaksi, panggilan untuk penggugat (2 kali), untuk tergugat (3 kali) serta materai.

3. Mencari Informasi Mengenai Tata Cara Persidangan

Cara mengurus surat cerai dengan cepat sebaiknya pahami tata cara dan prosesnya bagi penggugat maupun tergugat. Biasanya pada sidang pertama ini hakim masih berusaha untuk mendamaikan kedua belah pihak.

Penggugat sendiri juga diminta untuk menyiapkan saksi yang wajib hadir saat persidangan tersebut. Apabila dalam mediasi awal tersebut tidak berhasil, maka pemeriksaan akan melanjutkan membaca surat permohonan, tanya jawab, dan pembacaan putusan yang menyatakan menerima ataupun menolak permohonan perceraian dari penggugat.

Berapa Biaya Dalam Mengurus Surat Cerai?

Ketika Anda ingin mengajukan gugatan cerai dan mengurus perceraian hingga keluarnya akta cerai, maka akan ada biaya yang dibutuhkan dalam pengurusannya. Baik jika Anda mengurusnya sendiri atau menggunakan bantuan pengacara. Untuk itu berikut adalah beberapa jenis biaya yang harus ditanggung jika ingin melakukan perceraian.

Rincian biaya dalam mengajukan gugatan cerai terdiri dari berbagai macam biaya. Berikut ini merupakan rincian harga dan biaya yang mesti Anda keluarkan dalam mengajukan gugatan cerai :

  • Biaya pendaftaran perceraian
  • Biaya proses perceraian mencapai
  • Biaya panggilan pihak pemohon
  • Biaya panggilan bagi pihak termohon
  • Biaya keperluan redaksi
  • Biaya keperluan materai
  • Biaya BNPB pemberitahuan dan pencabutan gugatan

Biaya gugat cerai dari pihak istri atau pihak suami bisa saja sama atau berbeda tergantung peraturan yang ditetapkan tiap pengadilan. Sehingga setiap pengadilan akan memberikan biaya yang berbeda-beda.

Biaya Lainnya Dalam Mengajukan Gugatan Cerai

Dalam mengajukan gugatan perceraian, tentu terdapat beberapa biaya perceraian yang wajib Anda siapkan dalam gugatan tersebut. Berikut beberapa jenis biaya perceraian yang bisa disiapkan. Mengetahui biaya gugat cerai dapat membantu Anda untuk memperkirakan berapa anggaran yang bakal dikeluarkan hingga akhir proses perceraian. Untuk biaya sendiri akan dibagi menjadi beberapa bagian, antara lain:

1. Biaya Advokat untuk Gugat Cerai

Berdasarkan Pasal 21 ayat (2) Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat, tidak ada standar baku untuk anggaran biaya bagi advokat. Sebab, biaya pengacara atau advokat atas jasanya sangat bergantung pada kesepakatan Anda dengan pengacara/advokat yang ditetapkan secara wajar.

Pada dasarnya, memang terdapat beberapa cara mengurus surat cerai gratis. Namun, pada umumnya pengacara/advokat menawarkan jasa hukum dengan 2 skema pembayaran, yakni pembayaran tunai dan hourly basis atau dihitung per jam. Anda tinggal memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

2. Panjar Biaya Perkara Gugat Cerai

Untuk besaran panjar biaya perkara bergantung pada pengadilan mana Anda akan mengajukan gugatan cerai atau cerai talak. Jadi, jika Anda tinggal di Bogor, maka panjar biaya perkara cerai talak akan mengikuti ketentuan dari Pengadilan Agama Bogor.

Bagi non-Islam gugatan cerai diajukan di Pengadilan Negeri. Sementara bagi Anda dengan agama selain Islam, gugatan cerai bisa diajukan ke Pengadilan Negeri yang daerah hukumnya meliputi tempat kediaman tergugat. Perlu Anda ketahui juga, besaran panjar biaya perkara perceraian dapat berbeda antara Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama.

3. Biaya Pencatatan Perceraian

Sesudah memperoleh putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap, perceraian harus dicatatkan di Catatan Sipil. Selanjutnya, Pejabat Pengadilan yang ditunjuk wajib mengirimkan satu helai salinan putusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang telah dikukuhkan, tanpa meterai ke Pegawai Pencatat di tempat perceraian itu terjadi.

Kemudian Pegawai Pencatat akan mendaftar putusan perceraian dalam sebuah daftar yang diperuntukkan untuk itu. Biaya gugat cerai dari pihak istri maupun suami wajib mementingkan biaya yang satu ini karena menjadi syarat mutlak untuk melangsung proses perceraian.

Apakah Surat Cerai Tetap Sah Jika Tanpa Tanda Tangan Suami?

Tidak semua proses untuk bercerai akan berjalan dengan baik dan lancar. Seringkali terjadi salah satu pasangan yang tidak mau diceraikan. Sehingga banyak juga yang bingung atau tidak yakin untuk melakukan gugatan cerai.

Pada dasarnya perceraian bisa terjadi karena adanya alasan kuat yang membuat salah satu pasangan ingin bercerai. Sehingga bisa dikatakan bahwa gugatan cerai yang ingin dilakukan tidak harus menunggu dari salah satu pasangan untuk menyetujuinya.

Bisa dikatakan bahwa Anda tetap berhak dan bisa mengajukan gugatan cerai walaupun tanpa persetujuan suami atau pasangan. Sehingga surat cerai juga tetap sah walaupun tanpa adanya tanda tangan suami.

Format Isi Surat Cerai

Dalam membuat surat gugatan cerai, wajiblah terdapat beberapa hal di dalamnya antara lain:

  • Nama Surat: bagian pertama adalah nama surat pernyataan.
  • Identitas Pihak Pertama: pihak yang meminta berpisah/cerai. Pada bagian ini menyebutkan identitas diri secara jelas pihak pertama.
  • Identitas Pihak Kedua: pihak yang memberi cerai, sehingga identitas pemberi cerai harus jelas.
  • Alasan gugatan cerai: berisi tentang pernyataan bahwa kedua pihak sepakat untuk bercerai.
  • Saksi–Saksi: mencantumkan beberapa orang saksi dalam proses perceraian.
  • Penutup: bagian penutup bisa berisi pernyataan lainnya.
  • Meterai: bubuhkan tanda tangan dan materai dalam surat pernyataan cerai tersebut.

Hal-Hal Yang Harus Ada Dalam Surat Cerai

1. Judul Surat

Hal pertama yang wajib ada dalam contoh surat cerai adalah nama surat. Judul dan nama surat ini penting untuk menjelaskan maksud dan tujuan dari surat pernyataan tersebut.

2. Identitas Istri Atau Suami Sebagai Pihak Pertama:

Pihak yang menginginkan perceraian terjadi adalah pihak pertama dalam contoh surat cerai ini. Dalam point yang satu ini, pihak pertama wajib mencantumkan identitas sedetail mungkin sesuai dengan yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk.

3. Identitas Pihak Kedua

Pihak kedua adalah pihak yang wajib menjawab tuntutan cerai yang dilayangkan kepadanya. Sehingga identitas penerima tuntutan cerai pisah harus ditulis sedetail mungkin.

4. Isi Surat Cerai

Pada bagian isi dalam contoh surat cerai permohonan Anda untuk mengajukan cerai beserta alasan-alasannya.

5. Saksi-Saksi

Pada bagian ini contoh surat cerai sendiri  memberikan sebagian orang saksi pada proses perpisahan guna memperkuat argumen dari alasan perceraian terjadi.

6. Penutup

Berisi penegasan agar Hakim menerima permohonan Anda.

7. Materai

Tambahkan tanda-tangan dan materai dalam surat cerai tersebut.

Contoh Surat Cerai PDF dan Doc

SURAT GUGATAN CERAI SEDERHANA

GRESIK
Kepada :
Yth. Ketua Pengadilan Agama Gresik
Di
Tempat

Perihal : Gugatan Perceraian

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama :
Tempat Tgl Lahir :
Umur :
Agama :
Nomor KTP :
Nomor Tlp :
Pekerjaan :
Pendidikan :
Alamat KTP :
Selanjutnya disebut sebagai Penggugat:

Dengan ini mengajukan gugatan perceraian terhadap :
Nama :
Tempat Tgl Lahir :
Umur :
Agama :
Nomor KTP :
Nomor Tlp :
Pekerjaan :
Pendidikan :
Alamat KTP :
Selanjutnya disebut sebagai Tergugat:

Adapun gugatan ini Penggugat ajukan berdasarkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Bahwa pada tanggal ............ telah dilangsungkan perkawinan antara Penggugat dengan Tergugat yang dilaksanakan menurut hukum dan sesuai dengan tuntunan ajaran agama Islam. Perkawinan tersebut telah dicatatkan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan ........, Kotamadya ....... sebagaimana tercatat dalam Akta Nikah No….. tertanggal ……

Lihat selengkapnya di:

Konsultasikan Permasalahan Cerai Pada Justika

Untuk beberapa orang, cerai adalah solusi untuk permasalahan rumah tangga yang sudah tidak bisa dipertahankan. Namun terkadang dalam proses cerai juga bisa timbul beberapa masalah atau kebingungan yang lainnya. Untuk itu, Justika memiliki solusi untuk masalah atau kebingungan Anda terkait perceraian melalui laman ini.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.