Contoh surat pernyataan cerai di atas materai perlu diketahui agar tidak terjadi kesalahan dalam pembuatannya. Bagaimana surat pernyataan cerai yang sesuai dan sah secara hukum?

Perceraian tentu tidak pernah diharapkan oleh semua orang apalagi pasangan yang menikah. Karena perceraian memisahkan banyak orang dan yang terberat adalah orang tua dan anak. Tetapi, terkadang perceraian bisa menjadi jalan keluar daripada jurang keburukan yang semakin dalam.

Sebelum memutuskan untuk bercerai, sebaiknya usahakan terlebih dahulu untuk menjaga keutuhan rumah tangga karena keadaan mungkin tidak akan pernah sama lagi setelahnya. Namun, bila segala cara telah ditempuh dan tidak kunjung ada jalan keluar, perceraian mungkin bisa dilakukan. Pertanyaan yang sering muncul adalah sahkah cerai dengan surat pernyataan di atas materai?

Sebelum memutuskan untuk bercerai, ada baiknya untuk mengetahui dokumen-dokumen yang dibutuhkan dalam perceraian, salah satunya adalah contoh surat pernyataan cerai di atas materai. Simak penjelasan Justika berikut ini tentang contoh suratnya.

Definisi Surat Pernyataan Cerai

Surat pernyataan cerai di atas materai adalah surat yang dibuat oleh penggugat cerai untuk menyatakan bahwa yang bersangkutan melakukan gugatan cerai atas pasangannya. Biasanya, surat ini berisi keterangan dan pernyataan bahwa kedua pihak sepakat untuk melakukan cerai setelah melalui perundingan.

Meskipun secara agama perceraian dapat dilakukan dengan ucapan, oleh sebab itu hati-hati kata-kata ini bisa berarti cerai. Proses perceraian, meskipun dapat diwakilkan oleh penasehat hukum, tetap harus dinyatakan oleh penggugat cerai sendiri. Surat ini bertindak sebagai pernyataan yang membuktikan bahwa penggugat memang melayangkan gugatan perceraian atas pasangannya.

Bagan Contoh Surat Pernyataan Cerai di Atas Materai

Memang jika sudah didamaikan tapi tidak bisa juga, maka cara satu-satunya adalah menghadapi perceraian. Jika memang ingin menggunakan cerai gugat, persyaratan cerai pihak istri harus dipenuhi dulu.

Begitu juga bila dari pihak suami, surat talak dibuat untuk segera diajukan pada Pengadilan agama. Anda tidak bisa mengacu pada surat pernyataan cerai yang ditanda tangani di atas materai.

Memang, talak sudah disampaikan suami kepada isteri, ada saksinya juga dalam proses penandatanganan contoh surat pernyataan cerai di atas materai. Namun, di mata hukum tidak sah sama sekali.

Mungkin, surat pernyataan tersebut bisa digunakan kepada pasangan suami-istri yang ingin pisah sementara, tapi memiliki kesempatan untuk rujuk kembali. Dari pada cerai di Pengadilan dan mengeluarkan biaya banyak, lebih baik buat surat pernyataan dulu.

Namun, harus diingat juga, bahwa contoh surat pernyataan cerai di atas materai itu tidak bisa Anda gunakan sebagai jaminan menikah lagi secara hukum di KUA. Kantor Urusan Agama hanya akan menerima pernikahan dari calon pengantin lajang, duda atau janda.

Hal itu dibuktikan dengan akta perceraian yan sudah disahkan oleh pengadilan agama setempat. Pada pasal 115 KHI juga menyampaikan bahwa perceraian yang sah, bila dilakukan di persidangan.

Akan tetapi memang sangat butuh surat pernyataan dulu sebelum mendaftarkan perceraian ke Pengadilan Agama, bisa membuatnya dulu. Sesuaikan dengan bagan contoh surat pernyataan cerai di atas materai yang benar.

Dalam isi suratnya, ada pernyataan pihak satu yang menggungat cerai. Lalu pihak dua yang digugat cerai. Masing-masing pihak memberikan identitas lengkap seperti nama, umur, agama, pekerjaan, alamat.

Nanti setelah memberikan identitas antara kedua belah pihak, bagian bawahnya berisi mengenai pernyataan cerai yang telah disepakati berdua.

Terakhir, bagan contoh untuk surat pernyataan cerai di atas materai adalah tempat dan tanggal dibuatnya surat, tanda tangan kedua belah pihak dan juga sebutkan para saksi-saksinya di surat tersebut.

Ajukan Surat Cerai, Ikuti Proses Persidangannya

Apabila sudah yakin berpisah serta contoh surat pernyataan cerai di atas materai sudah tidak berlaku antara keduanya, lebih baik ajukan saja surat cerai tersebut ke pengadilan.

Hanya saja, tentukan dulu mau cerai talak atau gugat. Akan lebih cepat, bila pihak suami membawa surat talak dan mendaftarkannya langsung ke Pengadilan tempat sang istri tinggal. Itu tertuang pada Pasal 40 UUP jo. Serta pasal 21 PP 9 tahun 1975.

Syarat perceraian di Pengadilan Agama itu sungguh mudah. Dokumen-dokumen yang dibutuhkan harus dikumpulkan terlebih dulu. Kemudian, daftarkan diri. Nanti akan diberi jadwal persidangan.

Untuk proses perceraian, ikuti dari awal hingga akhir. Pertama, datangi persidangan sesuai jadwal. Pemanggilan biasanya dilakukan sekurang-kurangnya 3 hari sebelum hari sidang.

Abaikan contoh surat pernyataan cerai di atas materai, sekarang fokus proses penanganan perkaranya. Dalam tahapan penanganan perkara itu cukup panjang. Tapi jika berdasarkan aturan, lama waktu paling tidak 3-4 bulan. Maksimal hingga 6 bulan.

Tahapan tersebut diantaranya usaha perdamaian, pembacaan gugatan dari penggugat, jawaban dari tergugat. Nanti ada sesi replik dan duplik, ada tahapan pembuktian disertai dengan para saksi.

Bila pernah membuat contoh surat pernyataan cerai di atas materai, bawa saja sebagai bukti. Setelah itu akan ada kesimpulan para pihak, hakim akan melakukan musyawarah dan memutuskan.

Tahap terakhir, suami harus membacakan ikrar talak dan biasanya dijadwalkan setelah putusan. Kedua belah pihak harus datang dalam ikrar talak ini.

Penjelasan dari kami ini cukup mudah dimengerti bahwa surat pernyataan cerai saja tidak cukup. Jika sudah membuat contoh surat pernyataan cerai di atas materai, lebih baik langsung ajukan saja dengan surat talak ke Pengadilan Agama.

Contoh Surat Pernyataan Cerai di Atas Materai

Contoh Surat Pernyataan Cerai di Atas Materai 1

SURAT PERNYATAAN CERAI

Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan dengan sesungguhnya, bahwa:

Nama                                              :

Tempat/Tanggal Lahir :

Pekerjaan                                        :

Agama                                             :

Alamat                                         :

Selanjutnya disebut pihak I

Nama                                              :

Tempat/Tanggal Lahir                       :

Pekerjaan                                        :

Agama                                             :

Alamat                                              :

Selanjutnya disebut pihak ke-II

Bahwa dengan ini kedua belah pihak, baik pihak I maupun pihak II telah sepakat untuk bercerai atau mengakhiri hubungan sebagai suami istri dan atau kedua belah pihak tidak lagi memiliki hubungan dalam bentuk apapun juga Sesuai dengan ketentuan Perundang-undangan yang berlaku.

Demikian surat pernyataan cerai di atas materai ini dibuat atas kerelaan hati kedua belah pihak tanpa paksaan dari siapaun juga untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Yang Membuat Pernyataan Cerai

Pihak I                                                                                             Pihak II

(Nama Suami)                                                                           (Nama Istri)

Saksi Pihak I                                                                            Saksi Pihak II

Contoh Surat Pernyataan Cerai di Atas Materai 2

Jakarta, 25 April 2019

SURAT PERNYATAAN CERAI

Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan dengan sesungguhnya, bahwa: Nama :

Tempat/Tanggal Lahir :

Pekerjaan :

Agama :

Alamat :

Selanjutnya disebut pihak I Nama :

Tempat/Tanggal Lahir :

Pekerjaan :

Agama :

Alamat :

Selanjutnya disebut pihak ke-II

Kedua pihak baik pihak I maupun pihak II telah sepakat untuk bercerai atau mengakhiri hubungan sebagai suami istri dan atau kedua belah pihak tidak lagi memiliki hubungan pernikahan dalam bentuk apapun juga sesuai dengan ketentuan Perundang-undangan yang berlaku.

Demikian surat pernyataan cerai di atas materai ini dibuat atas kerelaan hati kedua belah pihak tanpa paksaan dari siapapun juga untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Yang Membuat Pernyataan Cerai

Pihak I                                                                                      Pihak II

(Nama Suami)                                                                         (Nama Suami)                         Saksi Pihak I                                                                            Saksi Pihak II

(Nama Saksi)  (Nama Saksi)

Itulah penjelasan mengenai contoh surat pernyataan cerai di atas materai dari Justika. Anda perlu memahami surat pernyataan cerai beserta formatnya agar tidak terjadi kesalahan di kemudian hari.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.