Cara Mengurus surat cerai tanpa hadir sidang dengan pengacara perceraian adalah salah satu hal yang sering dilakukan banyak pasangan dimanapun. Dengan alasan apapun, perceraian hendaknya menjadi pilihan terakhir bagi pasangan suami istri.

Namun bukan tidak mungkin, sebuah perceraian memang menjadi setelah menempuh berbagai upaya untuk mempertahankan hubungan bahtera rumah tangga.  Anda dapat memberikan kuasa kepada Pengacara untuk mengurus segala hal yang berkaitan dengan perceraian.

Apa Itu Pengacara Perceraian

Pengacara perceraian adalah penasihat hukum atau advokat yang memiliki tugas atau tujuan untuk memberikan nasihat hukum ataupun memberikan solusi pada perkara perceraian yang tengah di hadapi oleh seseorang. Selain itu, pengacara perceraian juga bertugas untuk mendampingi proses perceraian yang ada baik di Pengadilan Agama ataupun di Pengadilan Negeri.

Manfaat menggunakan pengacara dalam persidangan

Mungkin ada beberapa pasangan yang memutuskan untuk tidak menggunakan pengacara dalam perceraiannya. Mengingat biaya menggunakan pengacara untuk menyelesaikan kasus perceraian tidaklah murah. Namun, banyak juga manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menyewa jasa pengacara, seperti berikut ini.

1. Lebih Mudah Dan Praktis

Menggunakan jasa pengacara akan mengurangi tenaga, pikiran, dan waktu yang harus Anda keluarkan untuk menyelesaikan kasus perceraian. Meskipun biaya jasa pengacara perceraian tergolong mahal, hal ini akan sebanding dengan yang Anda keluarkan.

2. Menghindari Kesalahan Dalam Persidangan

Dengan menggunakan pengacara, akan menghindari kesalahan gugatan, jawaban, dan hal lainnya pada saat persidangan yang mungkin dapat merugikan Anda.

3. Pengacara Dapat Menjadi Penengah Konflik

Pengacara dapat membantu Anda menengahi antara kepentingan Anda sebagai klien dengan pasangan Anda misalnya terkait harta atau hak asuh anak.

4. Menghindari Putusan Hakim Yang Merugikan

Menggunakan pengacara dapat membantu Anda menjelaskan kepada majelis hakim terkait permasalahan rumah tangga dan menuntut hak Anda secara terperinci.

Keuntungan Memiliki Pengacara Dalam Kasus Perceraian

Proses administrasi dan sidang yang tidak selalu lancar tak jarang membuat proses perceraian menjadi lebih lama. Agar semua bisa diselesaikan dengan lancar dan tuntas, memiliki pengacara tentu akan menguntungkan. Berikut adalah keuntungan dari sewa pengacara yang bisa Anda dapatkan.

1. Mengurus Administrasi Lebih Tepat

Memiliki pihak yang bisa diandalkan untuk mengurus administrasi birokrasi hukum, dengan begitu Anda tidak perlu repot berurusan dengan alur proses hukum perceraian di Indonesia.

2. Mendapatkan Saran Hukum Yang Sesuai

Memiliki pihak yang berfungsi sebagai advokat atau pemberi saran ketika Anda belum memiliki pengertian yang jelas mengenai pelaksanaan sidang dan sistem hukum perceraian di Indonesia, contohnya perbedaan kewenangan pengadilan bagi pihak yang beragama Islam dan non Islam.

3. Dokumen Telah Tersiapkan Dengan Baik

Memiliki pihak yang mengurus serta menyusun dokumen yang dibutuhkan agar sidang dapat berjalan lancar.

4. Pengetahuan Menjadi Keunggulan Dalam Persidangan

Memiliki pihak yang berpengetahuan tinggi mengenai aturan hukum dan undang-undang dalam upaya penuntasan masalah mengenai hak asuh anak ataupun kepemilikan atas harta.

Manfaat tersebut menegaskan, biaya yang Anda keluarkan untuk membayar pengacara sebanding dengan hasil kerja pengacara dalam kasus Anda. Pengacara yang sudah mempunyai pengalaman dan pengetahuan tentang hukum akan membantu kasus Anda sehingga mengurangi resiko kerugian yang harus Anda tanggung karena menangani kasus perceraian sendiri.

Baca Juga: Cara Mengurus Surat Cerai: Online, Pengadilan Agama, dan Pengadilan Negeri

Prosedur Perceraian Secara Hukum Dengan Pengacara

Bagi Anda yang sempat berpikir proses perceraian adalah hal mudah untuk lari dari masalah, berikut kami jabarkan fakta yang terjadi:

  • Untuk bisa bercerai atau mengakhiri perkawinan, maka Pasangan Suami Isteri (Pasutri) perlu menjalani prosedur peradilan di Pengadilan Agama bagi pemeluk agama Islam dan Pengadilan Negeri bagi pemeluk agama Non-Islam.
  • Untuk dapat menceraikan pasangan secara sah, pengadilan akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu apakah perkawinan yang akan diakhiri sudah dilakukan secara sah atau tidak. Hal ini perlu dibuktikan dengan kepemilikan buku nikah yang sah diterbitkan oleh Kantor Urusan Agama bagi yang beragama Islam dan oleh Kantor Catatan Sipil bagi yang beragama selain Islam.
  • Hakim di pengadilan akan berpegang pada hal-hal berikut sebelum memutuskan untuk mengabulkan permohonan atau gugatan cerai dari para pihak:
  1. Salah satu pihak berbuat zina atau menjadi pemabuk, pemadat, penjudi dan lain sebagainya yang sukar disembuhkan;
  2. Salah satu pihak meninggalkan yang lain selama 2 (dua) tahun berturut-turut tanpa izin pihak yang lain dan tanpa alasan yang sah atau karena hal lain di luar kemauannya;
  3. Salah satu pihak mendapat hukuman penjara 5 (lima) tahun atau hukuman yang lebih berat setelah perkawinan berlangsung;
  4. Salah satu pihak melakukan kekejaman atau penganiayaan berat yang membahayakan terhadap pihak yang lain;
  5. Salah satu pihak mendapat cacat badan atau penyakit yang mengakibatkan tidak dapat menjalankan kewajibannya sebagai suami/isteri;
  6. Antara suami dan isteri terus menerus terjadi perselisihan dan pertengkaran dan tidak ada harapan akan hidup rukun lagi dalam rumah-tangga.

Proses yang harus dilalui memang panjang dan cukup rumit, jangan ragu untuk sekedar bertanya pada advokat agar tidak salah melangkah.

Baca Juga: Cara Mengurus Surat Cerai Beserta Pengajuan Gugatannya

Biaya Mengurus Surat Cerai Tanpa Hadir Sidang Dengan Bantuan Pengacara

Yang sering menjadi pertanyaan bagi sebagian besar orang yang akan melakukan perceraian adalah berapa biaya mengurus surat cerai yang harus dikeluarkan? Perlu diingat juga bahwa biaya urus surat cerai sendiri berbeda-beda dan tergantung dengan individu masing-masing.

Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, terdapat 2 pilihan yang harus digunakan yakni mengikuti proses persidangan dan akan mengganggu aktivitas sehari-hari, atau memberikan kuasa khusus secara penuh ke pengacara sehingga Anda tidak perlu datang ke sidang. Apabila anda ingin mengurus perceraian tetapi tidak ingin mengganggu aktivitas, maka memberikan kuasa pada Pengacara dapat menjadi solusi.

Tetapi perlu diingat bahwa anda harus menyiapkan dana tidak sedikit untuk memenuhi biaya urus surat cerai tanpa perlu hadir di sidang. Adapun rincian biaya tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Biaya Pengacara Profesional

Biaya pengacara merupakan biaya yang harus Anda bayarkan untuk menyewa jasa seorang pengacara. Biaya ini dibayarkan sesuai dengan surat kuasa dengan pihak pengacara. Biaya pengacara berbeda-beda, ditentukan berdasarkan tingkat kesulitan dan tingkatan kasus pengadilan. Biaya yang dikeluarkan untuk menangani kasus perceraian akan lebih murah dibandingkan dengan pengacara yang menangani kasus perceraian ditambah dengan hak asuh anak dan pembagian harta. Biaya pengacara akan berbeda-beda tergantung wilayah dan kasus yang ditangani.

2. Biaya Kesuksesan Kasus

Biaya ini biasanya diberikan kepada pengacara yang telah berhasil memenangkan kasus Anda. Besarnya biaya ini berkisar antara 10-20% dari nominal kemenangan atau sesuai kesepakatan dengan pengacara.

3. Biaya Operasional

Biaya ini meliputi biaya transportasi dan keperluan lain seperti pemberkasan. Biaya ini tergantung dengan kesepakatan antara Anda dan pengacara.

4. Biaya Panjar Perkara

Masih ada jenis biaya dimana harus dikeluarkan yakni biaya panjar perkara. Biasanya jumlahnya akan tergantung dengan pengadilan manakah perceraian tersebut diajukan. Sebab tarif di pengadilan negeri dan agama berbeda-beda.

Walaupun anda sudah ada pengacara, tetapi tidak ada salahnya buat selalu aktif terlibat. Adapun biaya panjar perkara biasanya tidak terlalu tinggi. Namun, anda juga wajib buat mengeceknya dahulu.

5. Penerbitan Akta Cerai

Biaya yang harus dikeluarkan terakhir adalah untuk menerbitkan akta cerai. Jika pengadilan sudah mengeluarkan putusan pada pengajuan perceraian, maka kasusnya bisa langsung dicatat oleh pihak catatan sipil. Dan pihak pengadilan akan langsung mengirimkan satu salinan ke catatan sipil. Putusan inilah yang mempunyai kekuatan hukum tetap.

Tips Sewa Pengacara Untuk Cerai

Sebagai satu dasar utama pendampingan di bidang hukum, pastinya dari reputasi pengacara harus tetap yang terbaik. Dalam hal ini Anda membutuhkan cara-cara tepat untuk sewa pengacara dalam kasus perceraian seperti ulasan berikut.

1. Memiliki Lisensi Resmi

Menjadi satu syarat utama yang mana setiap pengacara memiliki lisensi resmi dalam menjalankan tugasnya. Lisensi diberikan ke pengacara dari organisasi advokat yang sudah diakui secara undang-undang.

Dalam hal ini Anda butuh memastikan kembali bagaimana kinerja dari pengacara berlisensi dalam memenuhi kebutuhan bidang hukum setiap kliennya. Sehingga dibutuhkan lisensi resmi untuk memenuhi pendampingan di sektor hukum.

2. Memiliki Spesialisasi di Bidang Kasus Perceraian

Secara tidak langsung sewa pengacara untuk cerai juga memperhitungkan dari spesialisasinya. Meskipun secara umum pengacara berlisensi dan memiliki spesialisasi berbeda kasus memiliki manfaat hampir sama, tetap saja spesialisasi lebih tepat akan menjadi sebuah standar utama dalam menghasilkan satu pendamping hukum terbaik.

Dari ini kita bisa melihat biaya jasa pengacara perceraian bagaimana cukup mudah di negosiasi sesuai dengan kebutuhan dan level kasusnya.

3. Memiliki Reputasi dan Profesional di Semua Kasus Perceraian

Penggunaan sewa pengacara untuk cerai secara profesional menjadi satu kebutuhan utama dari klien. Sebab dari awal sudah tersedia banyak standar seorang pengacara dilihat dari sisi reputasi dan profesionalnya terhadap penanganan perkara perceraian.

Dalam hal ini ada mekanisme penting untuk menentukan bagaimana perkara perceraian ini cukup genting dan levelnya membutuhkan pendampingan pengacara berkualitas secara profesional.

4. Memiliki Biaya Lebih Terjangkau

Dari jasa pengacara dengan harga terjangkau pastinya membuahkan hasil cukup menguntungkan bagi klien.

Pada dasarnya peran penting dari jasa pengacara terhadap perkara sidang perceraian dan lainnya bisa didapatkan dengan melihat harga yang dipatok. Sudah tersedia layanan pengacara perceraian secara pro bono bisa Anda pilih jika tidak memiliki ketersediaan dana yang cukup.

5. Memiliki Akses Komunikasi Lebih Fleksibel

Pelayanan dari seorang pengacara harus didapatkan meskipun ada banyak perkara yang sedang ditangani.

Justika Bisa Membantu Permasalahan Pengacara Perceraian

Biasanya bercerai membutuhkan pengacara untuk membantu mengurus segala keperluannya. Untuk itu, Justika menyediakan layanan berupa pendampingan offine untuk Anda yang membutuhkan pengacara perceraian. Hanya mulai dari Rp 15.000.000 saja, Anda sudah mendapatkan pendampingan mulai dari pengurusan dokumen gugatan cerai hingga laporan lisan atau tertulis mengenai kasus perceraian Anda.

Selain itu, Justika juga memiliki beberapa layanan berbayar lainnya yang bisa membantu mengakomodasi kebingungan Anda terkait perceraian, diantaranya:

Layanan Konsultasi Chat

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan konsultasi chat dari Justika. Kunjungi laman ini dan ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi. Tunggu sesaat dan sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Layanan Konsultasi via Telepon

Apabila fitur chat tidak mengakomodir kebutuhan, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi via telepon dari Justika. Dengan layanan ini, Anda bisa mengobrol dengan Mitra Konsultan Hukum dengan lebih mudah dan efektif melalui telepon selama 30 atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Ingin berdiskusi lebih lanjut? Tenang, Anda juga dapat berkonsultasi secara langsung dengan para Mitra Advokat Justika secara lebih leluasa lewat layanan Konsultasi Tatap Muka. Adapun lama diskusi sekitar 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah ini.