Contoh surat permohonan pembatalan kontrak kerja penting bagi pihak tertentu. Khususnya bagi ‘calon karyawan’ yang berniat untuk membatalkan kerjasama dengan perusahaan. Banyak kasus terjadi dimana banyak pihak masih kebingungan dengannya.

Padahal hal ini menjadi penting untuk diketahui, sebab tidak mungkin Mereka melakukan pengajuan secara lisan saja. Setiap tindakan dari perusahaan pasti dilandasi oleh surat perintah atau SK agar berjalan resmi.

Lagi pula pengumuman saat Anda sudah diterima sebagai pegawai juga dikeluarkan dalam bentuk surat. Jadi sudah sewajarnya jika proses untuk membatalkannya juga serupa. Lalu seperti apakah contoh resmi yang benar?

Perlu digaris bawahi bahwa untuk mendapatkannya, Anda harus ketahui prosedur pembuatan surah permohonan pembatalan kontrak. Itu berarti Anda harus sampaikan dahulu secara lisan kepada pihak yang mengurusi reqruitment yakni HRD.

Lalu Anda bisa mendapatkan contoh resminya dari Mereka, pada setiap perusahaan pasti memiliki format berbeda sesuai ketentuan perusahaan. Jadi lebih baik tanyakan langsung kepada pihak berkaitan agar tidak terjadi kesalahan.

Miliki Contoh Surat Permohonan Pembatalan Kontrak Kerja, Saat Sudah Yakin

Sebelum putuskan untuk memiliki copy atau salinannya, Kami tekankan lagi bahwa sudah yakin untuk membatalkannya. Banyak pihak yang masih meragu dan memutuskan tanpa pertimbangan. Sehingga menyesal pada kemudian ketika salah.

Hal ini kerap dilakukan oleh ‘calon karyawan’ yang hanya asal memutuskan keputusan. Tidak mencari tahu tentang info bolehkah kontrak kerja dibatalkan sebelum tanggal efektif berkerja atau saat efektif berkerja dahulu.

Sehingga pengambilan keputusan tidak dilakukan secara bulat. Jadi guna meyakinkan Anda untuk memiliki contoh surat tersebut, Kami berikan beberapa pertimbangan yang mungkin tidak terpikirkan. Dengan begini dapat menilai ketepatan keputusan.

Adapun beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum melihat contoh surat pembatalan adalah sebagai berikut.

1. Hanya berorientasi pada gaji saja

Memang pada saat awal mencari pekerjaan, gaji menjadi hal penting. Persoalan memenuhi kebutuhan hidup itu penting, tapi jika itu incaran Anda mungkin beberapa tahun berubah.

Pastikan memilih perusahaan yang mempunyai prospek menjanjikan. Jika memang sekarang masih belum memberikan gaji bonafit, Anda harusnya cek apakah dua tiga tahu kedepannya juga seperti itu. Pertimbangan ini perlu dilakukan sebagai contoh nyata pekerja sebelum memutuskan permohonan pembatalan kontrak.

2. Adakah jenjang promosi karir kerja

Jenjang promosi itu penting sebab kerja tidak melulu sebagai spesialis itu saja. Kerap kali promosi dilupakan karena pada suatu kontrak jabatan tertentu mampu berikan gaji lebih besar.

Tapi disatu sisi kontrak tersebut tidak menjanjikan untuk naik promosi jabatan mudah. Sehingga pastikan dahulu tentang jaminan promosi yang ditawarkan oleh perusahaan terkait.

Intinya itu saja yang perlu dipertimbangkan sebelum miliki salinan contoh surat permohonan pembatalan kontrak kerja. Jadi pengambilan keputusan tidak dilakukan dengan satu sisi tanpa pertimbangan.

Ajukan Surat Permohonan dan Hubungi secara Langsung

Jika sudah memiliki salinan dan contoh surat permohonan tersebut segera edit dan ajukan. Biasanya pemohon bisa langsung mengganti nama, alamat, nomor telepon, dan identitas lainnya. Sehingga prosesnya bisa lebih cepat untuk Anda lakukan.

Tapi untuk pengajuan tetap dilakukan secara langsung, tidak boleh calon karyawan yang membatalkan hanya mengirimkan melalui pos bahkan email. Tata krama dalam hal ini penting untuk membuat semuanya berjalan lancar.

Bisa jadi memang tidak ada resiko hukum ketika Anda membatalkan sebelum tanggal efektif bekerja. Tetapi jika tidak berlaku sopan mungkin ada black list yang dilayangkan kepada rekanan dari perusahaan terkait.

Apalagi jika ada resiko hukum membatalkan kontrak pada hari pertama bekerja. Sudah pasti akan lebih aman jika menghubungi perusahaan secara langsung sebelum mengajukan surat permohonan pembatalan kontrak. Dengan begitu ada itikad baik yang akan terjadi kedepannya.

Jadi tidak akan muncul tindakan menuntut satu sama lain karena kedua belah pihak memang professional. Hal seperti ini bisa saja terjadi dan bahkan kerap terjadi. Pasalnya persaingan kerja semakin ketat.

Membuat banyak pihak selalu mempunyai rencana cadangan untuk memilih perkerjaan. Jika pada perusahaan A, B, dan C lebih menjanjikan A. Lalu keterima semua pada proses seleksi yang dilakukan oleh Mereka.

Pastinya ‘calon karyawan’ memutuskan pilih pada perusahaan bonafit. Meski tetap ada pertimbangan yang membuat harus pastikan dahulu apakah perusahaan tersebut layak dipilih karena jangka panjang, tetap saja perusahaan bonafit pilihannya. Sudah jelas bukan? Untuk Anda yang butuh akan salinan secara umum bisa mencari di internet. Selalu akan terdapat contoh surat permohonan pembatalan kontrak kerja jika perusahaan yang dilamar tidak sediakannya.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.