Prosedur pembuatan surat permohonan pembatalan kontrak mungkin jarang diketahui oleh pencari pekerjaan. Padahal ini merupakan hal penting dimana tetap ada peluang untuk membatalkan kontrak yang sudah ditanda tangani atau belum.

Jika belum tergambar di benak Anda mengapa hal itu bisa terjadi. Banyak kasus dimana satu pihak sudah diterima pada perusahaan A tapi juga diterima pada perusahaan B dalam satu waktu.

Dari kasus tersebut perusahaan B mampu membayar gaji lebih tinggi dari pada A, sehingga bagi Anda yang berorientasi mencari pendapatan besar dalam bekerja. Pasti akan memilih perusahaan tersebut meski sudah ada kontrak.

Tapi tidak menutup kemungkinan karena alasan lainnya, banyak alasan lainnya yang membuat pekerja membatalkan perjanjiannya. Tapi bolehkah kontrak kerja dibatalkan sebelum tanggal efektif berkerja? Tentu boleh saja karena belum berlaku.

Prosedur Pembuatan Surat Permohonan Pembatalan Kontrak Perusahaan

Jika calon pegawai benar-benar ingin melakukan pembatalan kontrak dan pengajuan surat permohonan pengunduran diri karena alasan tertentu. Harusnya Anda pahami dahulu dampaknya ketika kontrak tersebut sudah berlaku. Beruntung jika belum berlaku karena tidak ada konsekuensi hukum apapun.

Berbeda lagi jika sudah berlaku, Anda harus menanggung apa yang menjadi konsekuensi bahkan sebelum bekerja sekalipun. Itulah yang membuat Anda harus berhati-hati dalam meneken sebuah perjanjian dalam dunia kerja Indonesia.

Sebenarnya tidak hanya di Indonesia saja, tetapi juga berlaku pada perusahaan global dunia. Kembali lagi pada prosedurnya, bagaimana cara untuk mengurusnya? Apa langkah-langkah yang harus dilakukan dalam permohonan pembatalan kontrak agar tidak bermasalah.

Jika pekerja memang tidak melanggar kontrak dan berkemungkinan menerima resiko hukum membatalkan kontrak pada hari pertama bekerja. Aman-aman saja membatalkan kontrak, tetapi jika memang melanggar, lebih baik berkonsultasi kepada ahlinya.

Konsultasikan tentang apa dampak ketika Anda tetap melanggar kontrak tanpa membayar denda dan lain-lain. Jika beresiko dan membuat Anda harus terkena pidana. Lebih baik pikirkan matang-matang atau bersedia bayar denda.

Tetapi jika memang tidak ada ancaman hukum yang mengancam Anda, berikut beberapa prosedur yang harus pekerja lalui.

1. Baca kontrak lagi untuk memastikan tindakan aman atau tidak

Bagi pekerja yang baru pertama kali masuk pada dunia kerja, biasanya membaca kontrak itu tidak dilakukan seksama. Jadi kembali baca dan konsultasikan kepada ahlinya dahulu.

2. Lakukan permintaan maaf dan berikan alasan masuk akal

Permintaan maaf itu penting karena perusahaan pasti mengharap Anda bisa bekerja untuk Mereka. Bagaimanapun proses yang dilalui dalam reqruitment adalah mencari kandidat terbaik dan Anda yang terpilih atas proses tersebut.

Jadi ketika sudah terpilih, pasti perusahaan mengharapkan Anda. Tapi ketika memang harus mengundurkan diri, Anda lebih baik minta maaf dan berikan alasan masuk akal untuk hrd.

3. Minta contoh surat permohonan pembatalan kontrak

Dalam proses pembatalan perjanjian perjanjian pekerjaan pasti butuh namanya surat permohonan. Perusahaan butuh landasan untuk menerbitkan perintah pengunduran diri sebelum kontrak.

Jadi minta saat melakukan pemintaan maaf secara langsung kepada perusahaan. Jangan lupa juga untuk berterima kasih karena bagaimanapun perusahaan sudah berbesar hati menerimanya.

Tips agar Tidak Harus Batalkan Kontrak Perusahaan

Itulah beberapa prosedur yang harus Anda lakukan dalam melakukan permohonan pembatalan kontrak sebelum kontrak berlaku. Berbeda lagi jika perjanjian sudah berlaku, Anda harus mengurus konsekuensi hukum tambahan berupa denda atau sanksi.

Untuk menghindari hal tersebut, ada tips yang ingin Kami bagikan juga. Saat Anda akan meneken sebuah perjanjian, pastikan masa berlakunya tidak dekat dengan saat perjanjian itu dibuat.

Hal ini demi menghindari kemungkinan ketika calon pekerja melamar pada perusahaan lainnya. Jadi semisal Anda memang masih belum yakin untuk bekerja pada perusahaan tersebut. Masih ada jalan tanpa konsekuensi hukum.

Selain itu baca juga isi perjanjian apakah menguntungkan pekerja atau perusahaan. Sebenarnya perjanjian bagus adalah menguntungkan kedua belah pihak, tapi namanya manusia pasti mencari yang menguntungkan dirinya.

Jika Anda sudah melakukan hal seperti itu dalam proses reqruitment resmi perusahaan. Tentu tidak akan muncul masalahan yang menyulitkan. Semuanya pasti berjalan lancar dan membantu Anda untuk lebih maju kedepan.Jadi kesimpulan dari artikel ini adalah mudah untuk mengurus pembatalan perjanjian kontrak pekerjaan. Prosedur pembuatan surah permohonan pembatalan kontrak kerja itu mudah asalkan Anda terus terang kepada pihak perusahaan terkait.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.