Apabila anda dan pasangan telah memutuskan menikah secara agama saja atau umumnya disebutkan dengan nikah siri, pastinya resiko yang akan anda temui ialah pernikahan yang tidak terdaftar di negara. Agara masalah administrasi tersebut masih tetap berjalan dengan baik, Anda bisa membuat surat pernyataan nikah siri sama dan sesuai dengan contoh surat nikah siri yang akan justika bagikan di bawah ini.

Alangkah baiknya sebuah pernikahan di Indonesia harus dianggap secara agama maupun hukum. Pernyataan hukum atas pernikahan ditujukan guna mempermudah sebuah keluarga saat mengurus beragam administrasi kependudukan dan negara lainnya. Dari mulai membuat kartu keluarga, akte lahir, dan masih banyak lagi keperluan administrasi lainnya.

Pasalnya pasangan yang memutuskan untuk menikah secara agama saja atau biasa di kenal dengan menikah siri akan merasakan sedikit kesulitan dalam menghadapi beberapa masalah yang berkaitan dengan administrasi kependudukan tersebut. Salah satu alternatif yang bisa anda jadikan sebagai Jalan keluar dari permasalahan tersebut adalah dengan membuat surat pernyataan nikah siri.

Surat keterangan nikah siri ini mempunyai fungsi dan manfaat sebagai alat validitas dari pernikahan yanng anda jalankan. Sehingga pernikahan tersebut dapat dianggap oleh negara sebagai salah satu pernikahan yang sah.Berikut cara membuat surat peryataan nikah siri yang dapat dimanfaatkan untuk mengurusi beragam administrasi kependudukan.

Cara membuat Surat Pernyataan Nikah Siri

terdapat beberapa unsur unsur yang wajib anda cantumkan di dalam surat keterangan nikah siri. Anda juga wajib memastikan pernikahan siri yang anda lakukan telah mengikuti semua rukun menikah dalam islam. Hal ini sangat penting untuk anda lakukan guna memastikan pernikahan siri yang anda jalankan memang sudah sah sesuai syariat agama.

Berikut beberapa unsur yang mesti anda perhatikan dalam cara membuat surat nikah siri

1. Nama Surat Pernyataan Nikah Siri di bagian tengah atas.

Hal pertama yang mesti ada dalam cara membuat surat keterangan nikah siri adalah nama surat. Pastikan anda memposisikan Judul Surat keterangan nikah siri pada tengah surat dan menggunakan huruf kapital.

2. Identitas suami dan istri.

Cara membuat surat pernyataan nikah siri selanjutnya adalah identitas dari kedua pasangan. Anda bisa memasukan identitas selengkap lengkapnya mulai dari nama lengkap, tempat tanggal lahir, usia bahkan hingga kepekerjaan saat ini.

3. Isi pernyataan

isi pernyataan menjadi salah satu point paling penting dalam surat keterangan nikah siri. Pasalnya, hal inilah yang nantinya akan menjelaskan bahwa hubungan kedua belah pihak telah terikat sebagai pasangan suami dan istri menurut agama.Penutup

4. Saksi Dalam Surat Pernyataan Nikah Siri

Anda juga wajib mencantumkan tanda tangan orang orang yang pernah menjadi saksi di pernikahan siri anda.

5. Pernyataan dari pejabat setempat

Pernyataan dari pejabat setempat yang dimaksud adalah pernikahan siri yang anda lakukan telah di ketahui dan di setujui oleh pejabat daerah seperti rt maupun rw

6. Tanda tangan pasangan suami istri dan saksi.

Hal terakhir yang wajib anda cantumkan pada surat pernyataan nikah siri adalah tanda tangan anda dan juga pasangan anda. Tanda tangan ini lah yang nantinya menjadi sebuah keabsahan atas persetujuan kedua belah pihak.

semua hal di atas wajib terdapat di dalam surat pernyataan nikah siri yang anda buat. Cara membuat surat pernyataan sendiri pada dasarnya bisa di sesuikan dengan kebutuhan yang di perlukan oleh pejabat setempat.

Contoh Surat Pernyataan Nikah Siri

contoh surat pernyataan nikah siri

Itu tadi pembahasan lengkap mengenai surat keterangan nikah siri yang bisa anda dapatkan. Anda juga bisa menemukan cara membuat surat pernyataan nikah siri dan juga contohnya dari artikel di atas.

Baca Juga: Berikut Syarat Untuk Nikah Siri Tanpa Sepengetahuan Keluarga

Sampai sekarang praktik nikah siri masih sering dilakukan oleh kalangan masyarakat di sekitar kita. Banyak alasan yang melandasi pernikahan siri tersebut terjadi. Mulai dari dinilai lebih hemat hingga menjadi pernikahan yang paling praktis. Anda sebaiknya juga mempertimbangkan risiko dari nikah siri sebelum mengambil keputusan tersebut.

Layanan Justika untuk Membantu Permasalahan Nikah Siri

Nikah siri untuk beberapa orang menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan disamping menikah secara hukum. Justika menyediakan tiga layanan yang bisa membantu kebingungan Anda seputar masalah pernikahan siri.

Demi mendalami posisi Anda lebih jauh, ada baiknya Anda berdiskusi serta berkonsultasi dengan ahli di bidang hukum, yakni Advokat. Perlu diketahui juga bahwa mitra advokat Justika dipilih dari seleksi yang cukup ketat dengan pengalaman minimal 5 tahun.

Konsultasi Chat

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda. 

Konsultasi Via Telepon

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit. 

Konsultasi Tatap Muka

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.