Sebelum mendatangi instansi Negara, maka Anda harus tahu betul bagaimana prosedur pembuatan kk untuk pasangan nikah dibawah tangan. Ya, kini pasangan yang menikah dibawah tangan atau nikah siri kini bisa mendapatkan kartu keluarga.

Akan tetapi, ada catatan khusus untuk pasangan yang menikah dibawah tangan pada kartu keluarga. Untuk pasangan yang menikah dibawah tangan, maka pada kartu keluarga akan tertulis “kawin belum tercatat”.

Sehingga, adanya kartu keluarga ini sangat dibutuhkan oleh pasangan, termasuk pasangan yang melakukan pernikahan dibawah tangan atau nikah siri. Meskipun pasangan siri ini mendapatkan kartu keluarga, namun prosedur mendaptkan kk bagi pasangan ini berbeda.

Oleh karena itu, ketahui apa saja syarat serta bagaimana prosedur dan mekanisme pembuatan kartu keluarga bagi yang melakukan pernikahan dibawah tangan. Sehingga, Anda dapat menggunakan kk untuk keperluan administratif Negara, seperti mendaftarkan anak sekolah.

Syarat dan Prosedur Pembuatan KK untuk Pasangan Nikah Dibawah Tangan

Sesuai dengan aturan pemerintah, kini pasangan yang telah sah melakukan pernikahan namun belum tercatat di pencatatan sipil Negara atau “nikah siri” berhak mendapat kartu keluarga (kk). Akan tetapi, proses pembuatan kk untuk pasangan nikah dibawah tangan ini sedikit rumit.

Jadi, Anda harus mempersiapkan persyaratannya terlebih dahulu. Setelah itu, Anda wajib mengikuti yang berlaku jika ingin membuat KK. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Melengkapi Persyaratan untuk Mengajukan Pembuatan  KK

Langkah pertama, Anda harus melengkapi semua persyaratan untuk mengajukan pembuatan kk dibawah tangan, diantaranya adalah :

  1. Surat pengantar dari RT dan RW di lokasi tempat Anda tinggal.
  2. Surat keterangan pindah (bagi pendatang).
  3. Mengisi formulir permohonan  pembuatan kk baru di kantor kelurahan terdekat.
  4. Membawa surat pernyataan nikah siri, SPTJM, surat pernyataan tanggung jawab mutlak, dan surat pernyataan yang menunjukkan kebenaran pernyataan pernikahan siri yang telah ditandatangani 2 saksi.

Mengikuti Prosedur Pembuatan KK untuk Pasangan Nikah Dibawah Tangan

Langkah kedua, Anda harus mengikuti seluruh prosedur dan mekanisme pembuatan kk khusus untuk pasangan yang menikah dibawah tangan. Sebab, prosedur untuk membuat KK khusus pernikahan dibawah tangan ini berbeda dengan pembuatan kk pada umumnya.

Pertama-tama, Anda harus membawa semua berkas persyaratan ke Dukcapil. Lalu, serahkan semua persyaratan ke petugas Dukcapil. Petugas akan melakukan validasi berkas yang Anda bawa untuk membuat kk. Lalu, berkas-berkas tersebut akan disubmit ke sistem SIAK untuk mencetak KK baru.

Dan prosedur yang terakhir adalah menunggu proses pencetakan kk. Proses ini membutuhkan waktu setidaknya 1 hari. Jika terlambat mengambil kk, maka Dukcapil akan mengenakan denda.

Tips Mempercepat Prosedur Pembuatan KK untuk Pasangan Nikah Dibawah Tangan

Mengingat manfaat kartu keluarga cukup vital, maka pasangan nikah dibawah umur juga harus memilikinya untuk mengurus keperluan administratif. Memang, proses pembuatan kk baru untuk pasangan nikah dibawah tidak jauh berbeda dengan pembuatan kk pada umumnya.

Hanya saja, Anda harus melengkapi persyaratan pembuatan kk untuk pasangan yang menikah siri. Dan persyaratannya pun terbilang cukup banyak. Maka, pembuatan kk bagi pasangan nikah siri bisa membutuhkan waktu lebih lama karena memenuhi persyaratannya.

Maka dari itu, ada berbagai tips yang dapat mempercepat proses pembuatan kk baru bagi Anda yang menikah siri atau dibawah tangan. Tips yang pertama, ketahui syarat-syarat untuk melakukan nikah siri.

Salah satunya adalah membuat surat pernyataan yang ditandatangani oleh saksi, pasangan, hingga seseorang yang menikahkan kedua pasangan. Sebab, surat pernyataan ini wajib dilampirkan saat Anda mengajukan pembuatan kk pasangan nikah dibawah tangan.

Tips mempercepat pembuatan kartu keluarga untuk pernikahan siri yang kedua Anda mengurus surat pernyataan ke RT dan RW untuk membuat surat pengantar. Pasalnya, tanpa surat pengantar RT dan RW tentu pasangan yang menikah dibawah tangan tidak dapat membuat kk baru.

Jadi, Anda harus melengkapi syarat-syaratnya sebelum melakukan pengajuan untuk mendapatkan kartu keluarga. Hal ini juga mematahkan pertanyaan tentang bolehkah pasangan kumpul kebo mendapatkan kartu keluarga.

Sesuai dengan Undang-Undang tentang perkawinan, pasangan kumpul kebo ini tidak mendapatkan kartu keluarga. Sebab, mereka tidak melaksanakan pernikahan sesuai agama dan Negara.

Kini, pasangan yang menikah dibawah umur bisa mendapatkan kartu keluarga. Guna mendapatkannya, maka ketahui syarat serta prosedur pembuatan kk untuk pasangan nikah dibawah tangan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.