Seorang ahli waris akan dinyakatan sah menurut hukum jika tercantum namanya dalam surat keterangan ahli waris. Dibuatnya surat keterangan ahli waris antara lain sebagai pernyataan seseorang sebagai ahli waris yang sah.

Surat ini juga berfungsi sebagai bukti untuk mengurus uang tabungan atau deposito bank, mengubah nama kepemilikan dari harta yang diwariskan.

Apa Itu Surat Keterangan Ahli Waris

Surat pernyataan ahli waris atau bisa juga disebut dengan surat keterangan ahli waris adalah surat yang memuat tentang keterangan yang berkaitan dengan orang yang sudah meninggal dengan ahli waris yang dimilikinya.

lengkapnya surat keterangan ahli waris merupakan bukti yang dibuat tentang keadaan seseorang yang meninggal dunia, ahli waris, harta peninggalan dan hak masing-masing ahli waris.

Selain itu surat keterangan waris merupakan pemberitahuan untuk pihak ketiga kepada Kantor Badan Pertanahan untuk mengukur tanah sebagai pendaftaran peralihan hak karena waris.

Fungsi Surat Keterangan Ahli Waris

Pengakuan Sah Jika Benar Anda Merupakan Seorang Ahli Waris

Supaya benar-benar membuktikan bahwa anda adalah seorang ahli waris yang memang sah maka perlu dibuktikan dengan adanya surat pernyataan ahli waris atau di sebut juga dengan surat keterangan ahli waris.

Dalam contoh surat keterangan ahli waris  ada dua hal jika anda memang dinyatakan sebagai ahli waris yang sah menurut hukum. Pertama adalah adanya hubungan antara orang tua dan anak dan yang kedua, adalah jika ada sebuah hubungan pernikahan.

Nantinya pada contoh surat kuasa ahli waris kematian akan disaksikan kurang lebih dua orang saksi yang akan turut untuk menandatanganinya.

Bertanggung Jawab Atas Perubahan Nama Semua Harta Waris

Selain mendapatkan hak atas harta pemberi warisan, ahli waris juga bertanggung jawab atas hal yang memiliki kaitan dengan pemberi waris. Misalnya saja untuk perubahan nama sertifikat tanah atau rumah, atau transaksi perbankan atas nama pemberi warisan.

Pembuatan surat ahli waris harus di hadapan pihak yang memiliki wewenang. Untuk penduduk Indonesia pengurusan surat ahli waris bisa dengan bantuan kelurahan saja tanpa harus membuat surat keterangan waris notaris.

Menggunakan barang-barang atau harta warisan

Dengan adanya surat keterangan hak waris, Anda dapat menggunakan barang barang atau harta warisan yang ada guna mendapatkan berbagai keuntungan yang akan anda dapatkan. Mulai dari meminjam harta ke bank atau manfaat lainnya.

Dasar Hukum Pembuatan Surat Keterangan Ahli Waris

Sebelum membahas lebih dalam tentang syarat dan prosedur pembuatan Surat Keterangan Waris secara tepat, ada baiknya jika Anda mengenal lebih dalam tentang ahli waris, dan siapa yang berhak mengeluarkannya.

Untuk fatwa atau penetapan ahli waris tersebut, tentunya akan dikeluarkan oleh pengadilan, baik itu pengadilan negeri atau pengadilan agama. Untuk Anda yang beragama Islam, tentu saja Pengadilan Agama yang akan mengeluarkan fatwa tentang ahli waris itu sendiri. Sebaliknya, untuk penetapan ahli waris selain beragama Islam, maka fatwa akan dikeluarkan oleh Pengadilan Negeri.

Jika mengacu pada Surat Edaran Mahkamah Agung / MA RI, pada tanggal 8 Mei 1991, no. MA/kumdil/171/V/K/1991. Maka untuk pembuatan Surat Keterangan Hak Waris atau yang dikenal dengan istilah SKHW, untuk Warga Negara Indonesia antara lain :

  • Untuk surat keterangan waris notaris diperuntukkan bagi WNI keturunan Eropa / Barat, dan juga WNI keturunan Tionghoa.
  • Untuk surat ahli waris dari kelurahan atau desa, diperuntukkan bagi penduduk asli. Yang tentu saja disaksikan oleh pihak Lurah / Camat dan diketahui oleh pihak Camat.
  • Untuk Balai Harta Peninggalan / BHP, akan diperuntukkan bagi golongan Timur Asing, bukan Tionghoa.

Adapun surat keterangan ahli waris ini penting adanya, terutama dalam mengurus berbagai macam hal yang berhubungan dengan pewaris. Termasuk dalam hal pengurusan surat kuasa ahli waris taspen, surat bank, surat tanah, dan yang lainnya.

Siapa yang berhak membuat Surat Keterangan Ahli Waris

Siapa yang sebaiknya membuat surat keterangan tersebut di kantor Notaris. Apabila merujuk pada Surat Edaran Mahkamah Agung / MA RI, pada tanggal 8 Mei 1991, No. MA/kumdil/171/V/K/1991 maka, seseorang yang akan membuat Surat Keterangan Waris di Notaris dan juga BHP atau Balai Harta Peninggalan adalah Warga Negara Keturunan.

Seseorang yang termasuk WNI Eropa, Barat atau juga WNI Tionghoa. Maka, surat keterangan Waris tersebut akan diurus di Notaris.

Sedangkan untuk seseorang yang termasuk WNI keturunan golongan Timur Asing lainnya, akan mengurusnya di Balai Harta Peninggalan.

Misalnya saja contoh surat keterangan waris notaris, untuk Anda yang masih keturunan Eropa, maka pengurusan ahli waris akan dilakukan di notaris. Sedangkan untuk Anda yang WNI lokal, dapat mengurusnya di kelurahan setempat.

Cara Mengurus Surat Keterangan Ahli Waris

Terdapat dua macam cara untuk mengurus surat keterangan ahli waris, dimana cara yang digunakan oleh WNI dan WNA memiliki perbedaan yang mesti di ketahui. Berikut merupakan caranya:

Cara Mengurus Surat Keterangan Ahli Waris Untuk WNI

Cara mengurus atau prosedur permohonan surat keterangan ahli waris, dimulai dengan pengajuan permohonan oleh pemohon atau ahli waris. Pemohon harus membawa dokumen lengkap sebagai persyaratan permohonan ahli waris, dan membawanya ke Balai Harta Peninggalan (BHP).

Berikut ini adalah cara jika anda ingin mengurus surat keterangan ahli waris yang telah kami rangkum:

  1. Bawalah berkas atau dokumen persyaratan kepada ketua RT/RW tempat anda tinggal.
  2. Mintalah surat pengantar yang diterbitkan oleh RT/RW.
  3. Minta surat pernyataan ahli waris sudah ada materinya yang ditandatangani semua anggota keluarga ahli waris yang disaksikan oleh ketua RT dan RW.
  4. Ajukan permohonan ke kantor kelurahan
  5. Ajukan fakta waris ke dalam pengadilan agama ataupun pengadilan negeri dengan melampirkan semua dokumen yang sudah dilengkapi.
  6. Semua proses tersebut akan memakan waktu kurang lebih 6 bulan.

Untuk biaya pengurus dari RT/RW hingga sampai kelurahan tidak akan dipungut biaya apapun. Anda hanya akan dikenakan biaya jika saat mendaftar permohonan dan perkara di pengadilan.

Cara Mengurus Surat Keterangan Warisan untuk WNA

Sedangkan ketentuan bagi ahli waris yang berasal dari WNA ini memiliki beberapa ketentuan tersendiri dan biasanya contoh surat keterangan warisan juga berbeda-beda:

  • Bagi WNI yang memiliki keturunan Timur seperti Negara Arab maupun India dapat mengurus surat keterangan di Balai Harta Peninggalan (BHP) dari masing-masing wilayah
  • Bagi WNI keturunan Tionghoa maupun Eropa melalui Notaris berdasarkan data wasiat pada Kementerian Hukum dan HAM

3 Poin Penting Yang Harus Di ketahui Sebelum Membuat Surat Keterangan Ahli Waris

Dalam membuat surat keterangan ahli waris, tidak hanya penting untuk mengetahui apa saja persyaratan yang perlu untuk dipenuhi agar membuat surat ini dapat lancar prosesnya. Perlu juga untuk mengetahui apa saja poin penting yang perlu untuk dimasukkan dalam pembuatan surat keterangan ini dengan baik. Berikut ini poin yang perlu untuk dicantumkan di dalam surat keterangan tersebut diantaranya:

  • Nama dari orangtua yang sudah meninggal
  • Nama lengkap dari para ahli waris.
  • Surat pernyataan yang berisi keterangan atas sahnya nama ahli waris yang mendapatkan warisan tersebut dari orang yang sudah meninggal.

Golongan Penduduk dalam Pembuatan Surat Keterangan Waris

Pengurusan ahli waris di Indonesia penetapannya akan berdasarkan keputusan Pengadilan tergantung pada penggolongan penduduk yang ada di Indonesia. Penggolangan penduduk ini dikarenakan masyarakat Indonesia merupakan suatu tatanan masyarakat yang kompleks.

  • Keturunan Eropa dan Tionghoa

Berdasarkan Ketentuan dalam Pasal 11 ayat (2) huruf C Permen Agraria No.3 Tahun 1997 untuk mengurus surat keterangan ahli waris golongan Tionghoa harus melalui akta keterangan hak mewaris yang dikeluarkan oleh notaris

  • Keturunan Timur Asing (Arab dan India)

Berdasarkan Permen Agraria No.3 Tahun 1997 tentang ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah No.24 Tahun 1997 surat keterangan ahli waris harus dibuat di Balai Harta Peninggalan.

Format Surat Keterangan Ahli Waris

Mengingat format dan isi dalam surat pernyataan ahli waris sangat penting, maka dalam pebuatannya harus memperhatikan poin-poin berikut:

  1. Paragraf pembuka
  2. Identitas lengkap pewaris
  3. Identitas Lengkap ahli waris
  4. Keterangan terkait kuasa secara tegas, apakah menjual, menghibahkan dan lain sebagainya
  5. Menyebutkan dan menjelaskan jenis harta kekayaannya beserta keterangan dokumen resminya
  6. Paragraf penutup
  7. Tanggal dan tempat penandatanganan surat kuasa
  8. tanda tangan pemberi dan penerima kuasa

Syarat Membuat Surat Keterangan Ahli Waris

Syarat dalam pembuatan surat keterangan ahli waris harus melengkapi dokumen-dokumen seperti berikut:

  1. Fotocopy pemberi waris yang sudah dilegalisir
  2. Fotocopy buku nikah atau surat cerai pemberi warisan yang sudah dilegalisir.
  3. Fotocopy Kartu Keluarga pemberi waris
  4. Fotocopy surat kematian yang sudah dilegalisir jika sudah meninggal
  5. Fotocopy Kartu Keluarga ahli waris
  6. Fotocopy akta nikah ahli waris, jika sudah menikah
  7. Surat permohonan untuk membuat surat keterangan waris yang sudah ditandatangani oleh ahli waris.
  8. Surat pernyataan bersama ahli waris yang sudah ditandatangani di atas materai.
  9. Susunan ahli waris yang sudah ditandatangani saksi di atas materai dan diketahui oleh RT/RW.
  10. Surat pernyataan saksi dua orang yang sudah ditandatangani di atas materai juga.
  11. Fotocopy Kartu Keluarga saksi yang sudah dilegalisir dan sudah diketahui RT/RW pula.
  12. surat keterangan ahli waris dari desa.
  13. surat keterangan ahli waris dari kelurahan.
  14. Biaya permohonan perkara di pengadilan

Mengetahui bagaimana bentuk dari surat keterangan waris dan beberapa permasalahannya menjadi proses yang penting untuk mengetahui apa saja sebenarnya yang perlu untuk dimuat dalam surat tersebut dan bagaimana proses yang dibutuhkan. Artikel tentang Penjelasan Surat Keterangan Waris dan Beberapa Permasalahannya yang Penting Diketahui ini mungkin berguna untuk Anda

Manfaat Dari Surat Keterangan Ahli Waris

Contoh surat keterangan ahli waris kematian ataupun contoh surat pernyataan ahli waris merupakan surat yang rahasia dan sangat tertutup yang mana dalam proses pembuatan surat tersebut tidak berada di depan para pejabat umum atau biasa dikenal orang-orang adalah akte di bawah tangan. Walaupun surat ini sangat tertutup namun proses pembuatannya diketahui oleh RT/RW setempat, lalu yang dimaksud dengan akte di bawah tangan merupakan akte yang di tanda tangani oleh kedua pihak atau lebih tanpa melibatkan notaris.

Berikut adalah beberapa manfaat dengan adanya surat ahli waris:

1. Agar Dapat Menyatakan Bahwa Anda Adalah Ahli Waris Yang Sah

Tujuan dari pembuatan surat ini adalah agar memilih ahli waris yang memang benar sah yang dilakukan oleh pejabat yang berwenang dan nantinya surat ini akan dipakai untuk memenuhi kelengkapan dalam proses administrasi yang diperlukan dalam urusan warisan. Jika tidak adanya surat waris ini baik Anda maupun saudara anda tidak akan dianggap legal sebagai ahli waris.

2. Digunakan Sebagai Bukti Pencari Uang Deposit Pewaris Perbankan

Surat ahli waris tidak hanya dipakai untuk menyatakan bahwa anda adalah pewaris yang sah namun dapat pula digunakan sebagai bukti dalam pencairan uang deposit maupun tabungan pewaris yang berada di bank. Jika anda disuruh untuk mencairkan dana deposit sebagai ahli waris di bank maka anda harus menunjukkan surat ini.

3. Untuk Mengubah Nama Kepemilikan Tanah

Ini merupakan salah satu contoh surat warisan tanah untuk anak yang bisa digunakan untuk mengubah kepemilikan tanah jika si pemberi waris sudah meninggal dan anda harus mengubah nama pemilik tanah. Dan fungsi dari surat ini nantinya adalah sebagai syarat administrasi dalam pengurusan perubahan nama pada sertifikat tanah ke dalam atas nama pewaris.

Supaya nantinya tanah ahli warisnya dapat dijual jika akan dijual atau dihibahkan sehingga ahli waris sepenuhnya memiliki hak akan diapakan tanah tersebut.

4. Sebagai Surat Yang Menerangkan Mengenai Pewaris, Ahli Waris Dan Hak Ahli Waris

Untuk surat ahli waris dibuat pada notaris, surat tersebut akan berguna untuk informasi yang akan dibutuhkan soal pewaris, ahli waris dan hak apa saja yang didapatkan oleh ahli waris tersebut.

5. Supaya Dapat Memastikan Bahwa Keinginan Pewaris Dapat Terlaksana

Bagi anda seorang pewaris yang memang memiliki aset-aset yang sangat penting yang memang sudah anda persiapkan untuk orang-orang tertentu di sekitar anda. Satu-satunya cara agar ahli waris anda mendapatkan haknya adalah dengan membuat surat ahli waris yang terikat dengan hukum. Dalam surat tersebut pasti akan menguraikan secara rinci apa saja yang jadi keinginanmu sebagi pewaris yang akan diturunkan kepada ahli waris anda.

6. Agar Dapat Meringankan Beban Dari Keluarga Yang Anda Tinggalkan

Surat pernyataan ahli waris benar-benar akan meringankan beban dari keluarga yang anda tinggalkan nantinya. Dengan adanya surat ahli waris yang sudah anda tinggalkan tersebut maka ahli waris tidak akan repot-repot untuk mengurus dalam hal pembagian sebuah aset yang biasanya tidak jarang malah akan menimbulkan perselisihan antar keluarga dan saudara yang ditinggalkan.

7. Untuk Melindungi Usaha Yang Dimiliki Pewaris

Jika pewaris memiliki sebuah bisnis maka salah satu manfaat dari suara ini adalah untuk melindungi bisnis yang memang dimiliki oleh pewaris. Dengan cara menunjuk ahli waris untuk mewarisi usaha yang dimilikinya kepada anggota keluarga maupun kerabat yang dipercaya oleh ahli waris dan akan membuat ahli waris anda terhindar dari sengketa yang mungkin kemudian hari bisa saja terjadi.

8. Supaya Tidak Adanya Penyalahgunaan Wewenang

Pada intinya surat ahli waris dibuat adalah untuk menghindari dalam penyalahgunaan wewenang atau hak. Anda dan keluarga Anda agar bisa terhindar dari apabila nantinya ada orang yang memiliki niat yang tidak baik, karena adanya bukti tersebut akan membuat anda terhindar dari hal-hal yang tidak baik tersebut.

Biaya Pembuatan Surat Keterangan Ahli Waris

Tarif  dalam pembuatan surat keterangan ahli waris sendiri telah di atur pemerintah melalui peraturan pemerintah Republik Indonesia No 28 tahun 2019 yang mengatur mengenai jenis dan taris penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada kementrian hukum dan HAM.

Dimana dalam peraturan tersebut pembuatan surat keterangan ahli waris ataupun surat keterangan hak waris dikenakan biaya sebesar Rp. 200.000 per surat yang dikeluarkan.

Untuk tarif lainnya yang mesti dibayarkan adalah salinan surat yang dapat Anda terima. Salinan tersebut dapat dibayarkan dengan harga Rp. 20.000 per surat untuk berita acara penghadapan serta Rp. 20.000 per surat untuk salinan surat keterangan ahli waris.

Berapa Lama Jangka Waktu Pembuatan Surat Keterangan Ahli Waris

Pada umumnya dibutuhkan waktu hanya sekitar 2 hari untuk dapat membuat surat keterangan ahli waris jika sesuai dengan standar operasional prosedur. Namun waktu tersebut bisa menjadi lebih lama jika terdapat beberapa hal yang mesti di konfirmasi kembali pada beberapa pihak tertentu atau jika persyaratan yang diminta untuk membuat surat keterangan ahli waris tidak dapat di lengkapi dengan baik.

Perbedaan Antara Surat Keterangan Waris Dan Akta Keterangan Hak Waris

Kedua memiliki perbedaan yang sudah tercantum dalam Pasal 111 ayat 1 huruf C butir ke 4, Peraturan Menteri Negara Agraria/Kepala Badan Pertahanan Nasional Nomor 3 Tahun 1997 mengenai Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 mengenai Pendaftaran tanah.

Surat keterangan waris notaris dipakai oleh warga negara Indonesia baik penduduk asli maupun pribumi.

Surat keterangan ahli waris dari desa dibuat oleh para ahli waris dengan disaksikan kedua orang saksi dan dikuatkan kepala desa ataupun kelurahan bisa juga camat yang ada pada tempat tinggal pewaris pada saat dia meninggal.

Jika pewarisnya adalah WNI dalam keterangan warisnya hanya perlu dibuat dalam bentuk surat pernyataan yang berasal dari para ahli waris yang sudah disahkan oleh kelurahan dan diperkuat dengan camat setempat. Hanya perlu dibuat dibawah tangan.

Akan berbeda lagi jika seorang WNI yang berketurunan Tionghoa akta keterangan hak mewarisnya harus dihadapkan para notaris. Surat Keterangan waris dan akta keterangan hak waris sama-sama memiliki kekuatan hukum yang sepadan.

Contoh Surat Keterangan Ahli Waris

Contoh Surat Keterangan Ahli Waris Sederhana Pdf dan Doc

SURAT KETERANGAN AHLI WARIS

Bertanda tangan dibawah ini, para Ahli Waris (NAMA PEWARIS), dengan ini menyatakan bahwa seorang perempuan bernama (X) telah meninggal dunia pada tanggal (XX), pukul (XX), di kota (XX) berdasarkan Kutipan Akta Kematian Nomor (XX) yang dikeluarkan oleh (XX) yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari surat ini.

Semasa hidupnya (PEWARIS) kawin secara sah satu kali dengan Bapak (XX) berdasarkan Kutipan Akta Perkawinan Nomor (XX) yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari surat ini, dari hasil perkawinan tersebut lahir:

Nama :
No. KTP :
Jenis Kelamin :
Alamat :
Telp. :
Hubungan :

Nama :
No. KTP :
Jenis Kelamin :
Alamat :
Telp. :
Hubungan :

Nama :
No. KTP :
Jenis Kelamin :
Alamat :
Telp. :
Hubungan :

Nama :
No. KTP :
Jenis Kelamin :
Alamat :
Telp. :
Hubungan :

Nama :
No. KTP :
Jenis Kelamin :
Alamat :
Telp. :
Hubungan :

Bahwa Para Ahli Waris diatas adalah benar-benar Ahli Waris dari Almarhum dan tidak ada Ahli Waris lain selain tersebut diatas. Pernyataan ini kami buat secara sadar, tanpa paksaan, apabila dikemudian hari pernyataan ini tidak benar, maka kami bersedia dituntut menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Demikian surat ini dipergunakan sebagaimana mestinya.
Ahli Waris I Ahli Waris II Ahli Waris III

[NAMA] [NAMA] [NAMA]

Ahli Waris I Ahli Waris II Ahli Waris III

[NAMA] [NAMA] [NAMA]

SAKSI I SAKSI II SAKSI III

[NAMA] [NAMA] [NAMA]

Contoh Surat Keterangan Ahli Waris Untuk Bank Pdf dan Doc

Surat Keterangan Ahli Waris Untuk Bank

Bertanda tangan dibawah ini, para Ahli Waris (NAMA PEWARIS), dengan ini menyatakan bahwa seorang laki-laki bernama (X) telah meninggal dunia pada tanggal (XX), pukul (XX), di kota (XX) berdasarkan Kutipan Akta Kematian Nomor (XX) yang dikeluarkan oleh (XX) yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari surat ini.

Semasa hidupnya (PEWARIS) kawin secara sah satu kali dengan Ibu (XX) berdasarkan Kutipan Akta Perkawinan Nomor (XX) yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari surat ini, dari hasil perkawinan tersebut lahir:

Nama :
No. KTP :
Jenis Kelamin :
Alamat :
Telp. :
Hubungan :

Nama :
No. KTP :
Jenis Kelamin :
Alamat :
Telp. :
Hubungan :

Bahwa Para Ahli Waris diatas adalah benar-benar Ahli Waris dari Almarhum dan tidak ada Ahli Waris lain selain tersebut diatas. Pernyataan ini kami buat secara sadar, tanpa paksaan, apabila dikemudian hari pernyataan ini tidak benar, maka kami bersedia dituntut menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Demikian surat ini dipergunakan sebagaimana mestinya.

Ahli Waris I Ahli Waris II Ahli Waris III

[NAMA] [NAMA] [NAMA]

SAKSI I SAKSI II SAKSI III

[NAMA] [NAMA] [NAMA]

Mengetahui,

Ketua RT, Ketua RW, Lurah,

[NAMA] [NAMA] [NAMA]

Contoh Surat Keterangan Ahli Waris Dari Desa Pdf dan Doc

Surat Keterangan Ahli Waris Dari Desa

Bertanda tangan dibawah ini:

Nama :
Jabatan :
Alamat :
Telp. :

Dengan ini menerangkan dengan sebenar-benarnya bahwa:

Nama :
No. KTP :
Jenis Kelamin :
Alamat :
Telp. :
Hubungan :

Nama :
No. KTP :
Jenis Kelamin :
Alamat :
Telp. :
Hubungan :

Nama :
No. KTP :
Jenis Kelamin :
Alamat :
Telp. :
Hubungan :

Benar-benar ahli waris Almarhum (XX) dan tidak ada Ahli Waris lain selain tersebut diatas, oleh karena itu berhak atas seluruh harta warisan termasuk sebidang tanah untuk usaha dengan data-data sebagai berikut:
Nomor Sertipikat Hak Milik :
Atas Nama :
Provinsi :
Kota :
Kabupaten :
Kecamatan :
Surat Ukuran :

Surat Pernyataan ini dibuat untuk mengajukan HO, SIUP, dan TDP. Demikian surat ini dipergunakan sebagaimana mestinya.

[KOTA, TANGGAL TAHUN]
Ahli Waris I Kepala Desa,

[NAMA] [NAMA]

Ahli Waris II

[NAMA]

Ahli Waris III

[NAMA]

Baca juga:

Menghitung Pembagian Waris Menggunakan Layanan di Justika

Selain mengurus surat keterangan ahli waris, anda harus memahami berapa hak waris yang dapat dimiliki oleh setiap ahli waris. Menghitung pembagian hak waris pun bukan perkara yang mudah sebab terdapat berbagai syarat dan ketentuan di dalamnya.

Dengan banyaknya pertimbangan yang harus dipikirkan sebelum menghitung pembagian waris, Justika menghadirkan layanan atau fitur online yang dapat membantu perhitungan pembagian waris dengan mudah.

Demi mendalami posisi Anda lebih jauh, ada baiknya Anda berdiskusi serta berkonsultasi dengan ahli di bidang hukum, yakni Advokat. Perlu diketahui juga bahwa mitra advokat Justika dipilih dari seleksi yang cukup ketat dengan pengalaman minimal 5 tahun.

Di Justika, ada tiga layanan yang dapat membantu anda terkait perhitungan hak waris, yaitu

Layanan Analisis Hak Waris

Dengan Rp 100.000 rupiah saja, Anda bisa memanfaatkan layanan ini, Anda akan mendapatkan saran yang rinci dari konsultan hukum yang berpengalaman melalui konsultasi dan pengecekan detail hak waris.

Langkah-langkah menggunakan Layanan Analisis Hak Waris:

  1. Isi kondisi waris Anda untuk dianalisis konsultan sebelum konsultasi dimulai
  2. Pilih jadwal konsultasi sesuai kebutuhan
  3. Dapat link chat untuk konsultasi langsung membahas hak waris

Kalkulator Waris Islam

Sedangkan layanan Kalkulator Waris Islam bisa Anda gunakan secara gratis untuk menghitung otomatis pembagian waris secara transparan, akurat, dan sesuai dengan syariat dan UU yang berlaku di Indonesia hanya dengan mengisi form di dalamnya.

Sistem perhitungan Kalkulator Waris Islam di Justika berlandaskan Kompilasi Hukum Islam (KHI) yang merupakan landasan hukum yang berlaku dan umum digunakan di pengadilan agama di Indonesia.

Selain itu, terdapat fitur tambahan lainnya, yakni Anda dapat berkonsultasi dengan para ahli di bidang waris, yaitu konsultan hukum maupun ustadz secara online.

Konsultasi via Chat

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Dengan begitu, Anda dapat berkonsultasi lebih jauh terlebih dahulu dengan advokat yang terpercaya guna mengetahui besaran pembagian harta warisan, serta menindaklanjuti tata cara pembagian waris.

Langkah-Langkah konsultasi via chat tentang perhitungan pembagian waris:

  1. Masuk ke dalam layanan Konsultasi via Chat justika.com
  2. Ceritakan permasalahan waris Anda di kolom chat
  3. Lakukan pembayaran sesuai instruksi yang tersedia
  4. Dan, dalam 5 menit sistem akan mencarikan konsultan hukum waris yang sesuai dengan permasalahan perhitungan pembagian waris Anda.

Baca Juga:


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.