Bagi Anda yang masih belum paham ada contoh kartu keluarga poligami untuk saat ini. Ini bisa dijadikan sebagai acuan pasti ketika nantinya masyarakat berkeinginan memiliki istri lebih dari satu saja.

Di Indonesia sendiri, pernikahan siri sudah bukan menjadi sebuah hal tabu lagi. Pada negara Indonesia, seorang suami diperbolehkan untuk memiliki lebih dari 1 pasangan sesuai persetujuan istri pertama.

Jika secara agama, poligami sendiri diperbolehkan untuk dilakukan bagi yang mampu. Sedangkan secara negara, ini tidak diperbolehkan sehingga dalam cara urus kk bagi keluarga poligami juga berbeda.

Untuk lebih mengenal lebih lanjut lagi, maka Anda harus paham jika seseorang hanya diperbolehkan memiliki 1 nomor induk kependudukan saja. Nah, NIK tersebut nantinya akan tercatat pada kartu keluarga.

Satu nomor induk kependudukan hanya diperbolehkan menjadi kepala keluarga pada satu kk saja. Dalam mendapatkan nik sendiri, masyarakat harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu pada pemerintah kota atau kabupaten setempat.

Biasanya pendaftaran bisa dilakukan mulai dari usia 17 tahun. Seseorang yang sudah berusia 17 tahun maka sudah diperbolehkan untuk membuat elektronik Kartu tanda penduduk (EKTP) sebagai dokumen resmi.

Dengan memiliki ektp tersebut, maka Anda juga sudah bisa dikatakan legal. Dalam melakukan pernikahan juga sudah diperbolehkan karena sudah berada pada usia yang memang dianggap bukan anak – anak lagi.

Seseorang hanya boleh memiliki 1 buah ktp untuk digunakan seumur hidup. Ketika memiliki kartu administrasi ini dalam jumlah ganda, maka salah satunya harus dilakukan perbaikan data dan dihapuskan oleh kecamatan setempat.

Contoh Kartu Keluarga Poligami dan Pengurusannya

Sama seperti pengurusan ektp yang sudah dibahas sebelumnya. Untuk KK juga tidak boleh memiliki ganda, ketika terdapat data dobel maka salah satunya harus dilakukan perbaikan dengan penghapusan.

Misalnya saja, Anda memiliki 2 orang istri. Nah, Anda sudah memiliki 2 buah kk dengan menjadi kepala keluarga pada setiap dokumen berbeda telah dibuat tersebut sebelum mengetahui persyaratannya.

Dikarenakan satu nik hanya boleh berada pada satu dokumen administrasi keluarga. Maka salah satunya baik istri pertama maupun kedua diharuskan untuk menjadi kepala keluarga sendiri pada dokumen mereka.

Hal ini, dilakukan untuk mengatasi kartu keluarga berpoligami di masa sekarang. Dengan melakukan hal tersebut, maka masyarakat juga sudah tidak perlu kebingungan ketika nantinya sedang melakukan pengurusan.

Kerana sudah terdapat ketentuan secara jelas masalah pembuatan dokumen administrasi ini. Oleh karena itu, Anda juga harus bisa melakukan pendaftaran secara resmi ketika melakukan pencatatan tersebut.

Sama halnya ketika melakukan registrasi ektp bagi suami beristri 2 Anda hanya diperbolehkan memiliki satu data saja. Jika ganda maka tidak diperbolehkan dan harus segera dihapus agar tidak terjadi permasalahan.

Di masa mendatang, biasanya untuk penambahan anggota bisa terjadi masalah jika hal tersebut terjadi. Anak akan sulit dalam proses pembuatan dokumen milik mereka sendiri akibat hal tersebut.

Dalam mengatasi keadaan tersebut agar tidak terjadi, maka lebih baik melakukan penanggulangan dari sekarang. Caranya dengan melakukan perbaikan baik dari segi kk maupun ektp milik suami dan istri.

Pembuatan Kartu Keluarga Pernikahan Siri Secara Jelas

Ketika akan membuat KK resmi, harus melengkapi persyaratan seperti contoh kartu keluarga poligami. Mulai dari akta kelahiran, buku perkawinan, surat keterangan domisili dan beberapa dokumen lainnya.

Anda bisa mulai melakukan pendaftaran pada layanan catatan sipil di kabupaten ataupun kota tempat tinggal. Dengan melakukan pendaftaran tersebut, maka bisa mendapatkan pelayanan untuk mendapatkan dokumen resmi dibutuhkan.

Ketika memilih untuk melakukan pernikahan siri, maka harus melakukan pelengkapan data sesuai. Menggunakan cara sebelumnya dibahas, harus dilakukan agar mempermudah proses pembuatan dokumen kenegaraan ini.

Istri pertama maupun kedua harus menjadi kepala keluarga sendiri ketika nantinya memiliki suami yang sama. Hal ini, mungkin bisa menjadi sebuah pilihan sulit bagi sang suami dalam memberikan keputusan.

Biasanya, kebanyakan kasus serupa akan memilih tergabung di dalam kartu keluarga yang sama dengan istri pertama. Sedangkan pasangan kedua menjadi kepala keluarga sendiri dan dalam keterangan tetap menjadi istri.Pembuatan dokumen administrasi untuk orang yang melakukan pernikahan siri sekarang lebih mudah dilakukan. Karena sudah ada juga contoh kartu keluarga poligami yang bisa digunakan sebagai referensi dalam pembuatannya.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.