Perceraian terus meningkat, mulai dari kalangan biasa hingga para selebriti. Bukan tanpa alasan, adanya gugatan cerai pasti telah dipikirkan secara matang. Sekarang, mengurus surat cerai tidak perlu datang ke pengadilan dan dapat dilakukan secara online. Namun, Anda perlu memahami bagaimana cara urus surat cerai online dengan benar.

Menyiapkan Syarat Dokumen Penceraian

Sebelum mendaftar ataupun mengurus surat cerai secara online, Anda wajib memenuhi syarat dokumen yang dibutuhkan pengadilan. Syarat cerai ini harus terpenuhi sebelum diserahkan kepada Pengadilan Agama maupun Pengadilan Negeri.

Persiapkan persyaratan dokumen, baik dari pihak maupun pihak suami yang menggugat. Dokumen tersebut berupa:

  • surat nikah asli;
  • fotokopi surat nikah;
  • fotokopi KTP;
  • fotokopi KK; dan
  • menyertakan fotokopi akta kelahiran anak (jika telah memiliki anak).

Setiap lembar fotokopi wajib dilengkapi dengan legasir dan telah diberi materai. Selain itu, berkas diwajibkan masih berlaku dan terbaru. Anda juga perlu menyertakan Surat pengajuan Perceraian yang dibuat penggugat yang berisi identitas kedua pihak dan alasan dari perceraian.

Perceraian tidak dapat terjadi tanpa adanya alasan yang mendasari. Artinya, agar proses perceraian berjalan lancar. Tentu, harus ada alasan yang mendukung gugatan tersebut diterima oleh pengadilan. Beberapa alasan perceraian yang tertulis dalam UU (Undang-undang) perkawinan, yaitu adanya kekerasan dalam rumah tangga, melakukan perbuatan zina, melakukan perjudian, dan alasan lainnya.

Kendati demikian, proses perceraian bukan suatu hal yang dianggap sepele. Perlu mempersiapkan berbagai macam hal, mulai dari dokumen dan biaya perceraian yang cukup mahal. Prosesnya pun dapat berlangsung hingga enam bulan, baik melalui Pengadilan Agama maupun Pengadilan Negeri. Lalu, berdasarkan lagi pada berat kasusnya.

Selain persyaratan, alasan perceraian dapat didukung dengan adanya saksi atau memberikan penguat bukti, seperti hasil visum jika melakukan KDRT. Cara mengurus surat cerai tanpa sidang dapat dilakukan secara online maupun tidak. Lalu, bagaimana cara urus surat cerai online?

Cara Mengurus Surat Cerai Secara Online

Pemerintah memberikan kemudahan bagi masyarakat yang hendak mengajukan gugatan perceraian. Mengurus perceraian jauh lebih mudah, mulai dari proses pendaftaran hingga proses sidang. Selain itu, adanya langkah ini mengurangi padatnya kantor pengadilan yang semakin ramai.

Anda dapat mengurus surat dan mendaftar melalui aplikasi online. Melalui aplikasi, yang mengajukan cerai bisa langsung mengisi identitas diri, mengunggah berkas gugatan perceraian, surat kuasa, dan segala macam persyaratan ke aplikasi. Setelah itu, Anda dapat melakukan pembayaran melalui transfer bank. Setelah membayar, Anda akan mendapatkan jadwal sidang perdana.

Pada sidang perdana, baik penggugat dan tergugat diberikan opsi untuk melakukan sidang selanjutnya secara online atau offline. Apabila sepakat dilakukan secara online, maka kedua pihak akan mendapat jadwal dan melaksanakan sidang selanjutnya secara online.

Adanya aplikasi ini memudahkan setiap masyarakat, lebih cepat, dan efisien. Selain itu, menghemat waktu tanpa harus mengantri panjang dan meringankan biaya-biaya selama persidangan. Cara urus surat cerai online, dapat berjalan dengan baik apabila memenuhi persyaratan yang lengkap.

Berikut Langkah-Langkah Mengurus Surat Cerai Online (E-Court)

1. Kunjungi website

cara urus surat cerai online
cara urus surat cerai online

2. Pilih tujuan pendaftaran perkara

cara urus surat cerai online
https://www.pa-negara.go.id/

3. Setelah itu Anda kan terdaftar, dan mendapatkan nomor registrasi perkara

cara urus surat cerai online
https://www.pa-negara.go.id/

4. Unggah seluruh persyaratan dokumen bermaterai, dengan file berformat pdf dan mengisi judul file

cara urus surat cerai online
https://www.pa-negara.go.id/
cara urus surat cerai online
https://www.pa-negara.go.id/
cara urus surat cerai online
https://www.pa-negara.go.id/

5. Mengisi identitas para pihak, seperti Status Pihak (Penggugat/Tergugat), Nama, Alamat, Nomor Telepon, Email, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan.

cara urus surat cerai online
https://www.pa-negara.go.id/
cara urus surat cerai online
https://www.pa-negara.go.id/

6. Unggah berkas perkara, seperti Surat Gugatan, Surat Persetujuan Prinsipal (format gambar/pdf, maksimal ukuran file 2MB).

cara urus surat cerai online
https://www.pa-negara.go.id/
cara urus surat cerai online
https://www.pa-negara.go.id/
cara urus surat cerai online
https://www.pa-negara.go.id/

7. Setelah data berhasil terekam, selanjutnya proses pembayaran panjar perkara

cara urus surat cerai online
https://www.pa-negara.go.id/
cara urus surat cerai online
https://www.pa-negara.go.id/

Baca Juga: Berikut Cara Mengecek Akta Cerai Secara Online

Mengurus Surat Gugatan Cerai Secara Online di Justika

Membuat surat gugatan cerai membutuhkan fokus dan waktu yang tidak mudah terutama ketika tengah menghadapi permasalahan perceraian. Untuk itu, ada baiknya anda menggunakan layanan hukum yang menyediakan jasa permohonan pembuatan surat gugatan cerai, salah satunya melalui Justika.

Dengan menggunakan layanan pembuatan surat gugatan cerai melalui Justika hanya mulai dari Rp 1.500.000 saja, Anda akan dituntun menyampaikan alasan perceraian disertai dasar hukum agar dapat memberikan gambaran kepada hakim.

Empat langkah mudah menggunakan layanan pembuatan surat gugatan cerai di Justika sebagai berikut:

  1. Buka layanan Pembuatan Surat Gugatan Cerai dari web browser Anda
  2. Klik tombol “Pesan Dokumen”
  3. Anda akan diarahkan menuju Whatsapp dan Admin kami akan membantu Anda untuk proses selanjutnya
  4. Setelah proses administrasi selesai, Mitra Advokat Justika akan mulai membantu pembuatan surat gugatan cerai Anda

Konsultasikan Dahulu Jika Belum Yakin

Saat membahas mengenai perceraian, seringkali orang yang mengajukan terlalu tersulut emosinya sehingga tidak mampu berpikir dengan jernih. Untuk itu, disarankan bagi anda yang masih ragu terkait mengurus masalah perceraian agar berkonsultasi dahulu dengan konsultan hukum terpercaya.

Konsultasi Via Chat

Anda dapat berkonsultasi di Justika dengan mudah dan terjangkau hanya dengan Rp 30.000 saja menggunakan layanan Konsultasi via Chat. Di sana Anda dapat menjelaskan dahulu detail permasalahan Anda dan konsultan hukum terpercaya akan memberi saran dan pendapat hukum untuk membantu penyelesaiannya.

Konsultasi via Telepon

Anda akan mendapatkan Layanan via Telepon untuk berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 menit hanya dengan Rp 350.000 atau Rp 560.000 selama 60 menit (sesuai pilihan Anda). Anda dapat berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum Anda.

Konsultasi Tatap Muka

Anda akan mendapatkan Layanan Tatap Muka untuk bertemu dengan Mitra Advokat Justika selama 2 jam hanya dengan Rp 2.200.000 (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Dengan biaya tersebut, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.

Dengan begitu, Anda akan mendapat gambaran apakah perceraian itu diperlukan atau masih ada langkah lain yang dapat dilakukan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.