Cara mengurus surat cerai gratis ternyata banyak dicari oleh sebagian besar pasangan yang memutuskan buat bercerai. Seperti yang sudah diketahui, kasus perceraian sendiri tidak hanya menimpa para selebritis saja. Tetapi orang biasa pun tidak luput dari permasalah serupa bahkan kasus perceraian di Indonesia mengalami peningkatan.

Adapun penyebab dari kasus ini melonjak tinggi ternyata disebabkan oleh beberapa faktor seperti sudah tidak cocok lagi, disebabkan karena masalah ekonomi hingga adanya kehadiran orang ketiga. Adapun untuk cara mengajukan gugatan cerai, suami atau istri bisa langsung mengajukan gugatan kepada pengadilan. Kemudian, kasus inipun akan ditangani oleh pihak pengadilan dengan beberapa tahapan.

Cara Mengurus Surat Cerai Gratis

Bagi sebagian besar orang mengurusi masalah perceraian memang tidaklah mudah dilakukan. Terlebih lagi jika sebelumnya belum pernah sama sekali berurusan dengan pengadilan. Terlebih lagi banyaknya tahapan-tahapan yang harus dilewati ketika akan mengurus surat cerai tersebut.

Bahkan tidak sedikit dari masyarakat bertanya-tanya apakah pengurusan surat tersebut bisa gratis? Sebenarnya jawabannya adalah tergantung. Apakah anda membuatnya sendiri ataukah dengan menggunakan jasa.

Apabila anda melakukan pengurusannya dengan jasa, maka biaya yang harus dikeluarkan ternyata bisa lebih mahal. Tetapi jika dilakukan sendiri maka, biaya yang dikeluarkan jauh lebih terjangkau. Sebab anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk printnya saja ataupun berkas-berkas pelengkap lainnya.

Untuk anda yang masih bingung bagaimana cara menggugat cerai suami dan cara mengurus surat cerai tanpa sidang, berikut ini cara mengurus surat cerai gratis yang bisa anda lakukan:

1. Menyiapkan Dokumen

Pertama, anda bisa menyiapkan dokumen untuk mengajukan gugatan cerai seperti surat nikah asli, salinan surat nikah, salinan KTP dari penggugat, salinan KK, surat keterangan dari kelurahan, salinan akta kelahiran serta materai.

Jika ingin menggugat harta gono gini ataupun harta bersama, jangan lupa siapkan berkas tambahan seperti surat sertifikat tanah ataupun surat lainnya seperti BPKB atau STNK.

2. Mendaftarkan Gugatan Cerai Ke Pengadilan

Jika sudah maka bisa langsung melakukan pendaftaran gugatan cerai ke pengadilan agama atau negeri. Pastikan apabila gugatan tersebut harus dilakukan di pengadilan di wilayah kediaman pihak tergugat. Setelah tiba di pengadilan, anda bisa langsung ke pusat bantuan hukum untuk membuat surat gugatan beserta alasan menggugat cerai.

3. Menyiapkan Biaya Perceraian

Adapun biaya yang harus dikeluarkan ini biasanya tergantung dari kedua belah pihak yang akan melakukan perceraian. Perlu diingat bahwa jika terdapat salah satu pihak menanggapi surat panggilan persidangan maka biayanya ternyata akan lebih besar. namun, kembali lagi dengan kedua belah pihak.

Melakukan gugatan perceraian biasanya dilakukan oleh pasangan yang sudah mengalami ketidakcocokan. Adapun cara mengurus surat cerai gratis sebenarnya tergantung dengan kedua belah pihak sebab dalam melakukan proses perceraian, karena akan selalu terdapat biaya-biaya yang harus dikeluarkan.

Ketika Anda ingin melakukan perceraian, maka nantinya harus ada biaya sidang perceraian yang harus Anda bayarkan, Biaya biaya dalam biaya gugat cerai dari pihak istri serta biaya perceraian tanpa pengacara seperti:

1. Biaya Panjar Perkara

Biaya panjar perkara yang perlu Anda bayarkan akan berbeda di setiap pengadilan . Biasanya biaya perceraian di Pengadilan Negeri akan berbeda dengan di Pengadilan Agama. Kurang lebih berikut adalah biaya panjar yang perlu Anda bayarkan:

  • Biaya proses: Rp50.000
  • Panggilan pemohon: Rp240.000
  • Biaya pendaftaran: Rp30.000
  • Panggilan termohon: Rp320.000
  • Biaya materai: Rp10.000
  • Biaya redaksi: Rp5.000

Sehingga total biaya yang diperlukan sekitar Rp 651.000 untuk biaya perkara perceraian.

2. Biaya Pencatatan Perceraian

Nantinya perceraian Anda harus dicatat pada Catatan Sipil dimana dalam hal ini tidak akan dipungut biaya.

3. Pengadilan

Jika Anda tidak ingin menggunakan bantuan pengacara, setidaknya Anda perlu tahu biaya perceraian tanpa pengacara seoerti:

  • Biaya pendaftaran perkara: Rp30.000
  • Materai: Rp6.000
  • Administrasi: Rp50.000
  • Redaksi: Rp5.000
  • Panggilan

Baca juga:

Mengetahui Gambaran Biaya Perceraian melalui Justika

Untuk mendapatkan gambaran pasti biaya yang perlu dikeluarkan, anda dapat langsung menanyakan hal tersebut dengan konsultan hukum tepercaya di Justika.

Sebagai platform konsultasi hukum online, Justika menyediakan puluhan konsultan hukum profesional yang dapat anda tanyakan terkait tata cara dan biaya mengurus perceraian. Termasuk menanyakan gambaran biaya menggunakan pengacara.

Demi mendalami posisi Anda lebih jauh, ada baiknya Anda berdiskusi serta berkonsultasi dengan ahli di bidang hukum, yakni Advokat. Perlu diketahui juga bahwa mitra advokat Justika dipilih dari seleksi yang cukup ketat dengan pengalaman minimal 5 tahun.

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Justika juga memiliki layanan pembuatan Surat Gugatan Cerai yang cukup terjangkau mulai dari Rp 1.500.000 saja. Dengan menggunakan layanan pembuatan surat gugatan cerai melalui Justika, Anda bisa lebih mudah mendapatkan surat gugatan cerai tanpa bingung ketika mengurusnya sendiri.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.